Seputar Makanan dan Gizi Anak Usia 3 Tahun

Seputar Makanan dan Gizi Anak Usia 3 Tahun
Menyambut masa prasekolah, anak Anda sudah wajib memiliki kebiasaan makan yang baik. Idealnya, pada usia ini ia tidak lagi memakai alasan makan (atau mogok makan) untuk memberontak, bukan pula mengasosiasikan makanan beserta cinta atau afeksi. Umumnya (meskipun hampir pasti tidak selalu), anak Anda sekarang akan melihat makan sebagai respon alami terhadap rasa lapar & menikmati makanan sebagai aktivitas sosial yang menyenangkan.

Meskipun antusiasme anak prasekolah untuk makan masih normal, ia masih mungkin memiliki kebiasaan memilih makanan yang sangat spesifik, & mungkin berbeda berdasarkan hari ke hari.

Anak Anda mungkin menyukai makanan pribadi, & kemudian berubah tidak menyukai makanan itu sama sekali keesokan harinya. Dia mungkin meminta makanan pribadi selama beberapa hari berturut-turut, & kemudian bersikeras bahwa beliau tidak senang lagi terhadap makanan tersebut. Walaupun sikap plin-plannya mulai terasa menjengkelkan lantaran mungkin makanan yang Anda sudah sediakan dibiarkan percuma oleh si kecil, namun konduite ini terbilang normal untuk anak-anak prasekolah, & bukanlah suatu kasus. Biarkan beliau makan makanan lain atau memilih sendiri makanan yang mau ia makan. Selama ia memilih makanan yang tidak terlalu manis, berlemak, atau asin, maka tidak kasus. Cobalah untuk menawarkan beliau untuk icip makanan baru yang sehat beserta memberikannya dalam porsi kecil untuk sekadar dicicipi, namun jangan memaksa anak untuk makan porsi penuh berdasarkan makanan baru tersebut.

Sebagai orangtua, tugas Anda artinya untuk memastikan bahwa anak Anda memiliki pilihan makanan bergizi waktu setiap kali ia makan. Aika si kecil memiliki variasi makanan sehat di meja makan, abaikan beliau menciptakan keputusan tentang apa yang ia ingin makan, & berapa poly. Aika beliau menolak makan sayur, jangan berkecil hati atau frustrasi. Bujuk (jangan paksa) anak Anda untuk icip makanan tersebut, bahkan apabila beliau berulang kali menolaknya. Lama-kelamaan, ia mungkin akan berubah pikiran & ingin merasakan makanan yang ia pernah tolak. Masa ini artinya waktu yang sempurna untuk mengajarkan mengenai kudapan sehat & kebiasaan sehat.

Ingatlah, tidak perlu menyusahkan diri sendiri untuk menciptakan makanan bergizi. Aika Anda hanya memiliki beberapa menit untuk menyiapkan makanan, cobalah buat sandwich kalkun, tumis kacang panjang, apel, & segelas susu tanpa lemak atau susu rendah lemak. Makan siang sederhana seperti ini membutuhkan sedikit waktu untuk menyiapkannya & jauh lebih sehat daripada makan makanan di restoran cepat saji.

Iklan televisi mampu menjadi kendala yang berfokus untuk pemenuhan gizi yang baik bagi anak pada masa prasekolah. Beberapa studi menerangkan bahwa anak-anak yang menonton televisi lebih berdasarkan dua puluh dua jam per minggu (lebih berdasarkan tiga jam sehari) memiliki risiko lebih akbar untuk menderita kelebihan berat badan. Anak-anak usia ini sangat mudah terpengaruh oleh iklan sereal bergula, permen,  & cokelat, terutama sesudah mereka mengunjungi rumah lain di mana makanan ini disajikan. Agar si kecil tak terjangkit obesitas, Anda perlu mengawasi kebiasaan makan anak Anda, di rumah maupun di luar rumah. Pantaulah anak Anda untuk memastikan ia selalu makan sehat & relatif.
loading...

0 komentar untuk Seputar Makanan dan Gizi Anak Usia 3 Tahun