Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat belimbing wuluh bagi orang Indonesia yg getol kuliner pastinya adalah menjadi racikan penambah rasa kuliner tradisional. Tapi tahukah Enda belimbing wuluh punya manfaat lain yg baik bagi kesehatan? 

Belimbing wuluh atau averrhoa bilimbi poly ditemukan dalam pekarangan tempat tinggal orang Indonesia. Area penyebaran pohon belimbing wuluh nir hanya dalam Indonesia saja, karena beliau juga bisa ditemukan Thailand, Malaysia, Kamboja bahkan hingga India & Srilanka.

Kandungan dalam dalam belimbing wuluh

Selain digunakan menjadi penggugah kesukaan dalam masakan tradisional, ternyata belimbing wuluh punya manfaat tersendiri dalam kandungan buahnya. Sebuah irisan belimbing wuluh bisa digunakan buat menghilangkan bau amis dalam kuliner, terutama ikan. Bahkan, butir ini juga bisa didesain menjadi permen & minuman segar yg berguna bagi kesehatan. Menurut daftar komposisi bahan & kuliner (DKBM) 100 gram butir belimbing wuluh mengandung gizi berikut:

Energi 36 kkal
Protein 0,4 gram
Lemak 0,4 gram
Karbohidrat 8,8 gram
Kalsium 4 mg
Fosfor 12 mg
Zat besi 1,1 mg
Vitamin A 170 SI
Vitamin B1 0,03 mg
Vitamin C 35 mg
Kalium 39 mg

Manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan

1. Daun yg berguna

Daun belimbing wuluh ternyata dalam obat tradisional juga digunakan menjadi pengobatan gatal-gatal dalam kulit, menyembuhkan pembengkakan gondok & rematik. Aika Enda menghaluskan daun belimbing wuluh, serapan airnya bisa mengobati gatal implikasi gigitan serangga.

2. Sirup belimbing wuluh

Manfaat belimbing wuluh lainnya adalah bisa mengobati demam & radang dalam tenggorokan. Buah belimbing wuluh baiknya dijus atau dihaluskan menjadi sirup. Sirup belimbing wuluh juga bisa mengurangi sakit mengejan dalam penderita ambeien (wasir).

tiga. Sebagai pembersih

Belimbing wuluh memiliki sifat zat antibakteri. Sehingga dalam wilayah Asia poly yg menggunakannya menjadi juz (buat membersihkan usus yg kotor), sabun, atau bahan pembersih tangan sehabis makan (bareng memeras air belimbing wuluh).

4. Mencegah penyakit dalam

Buah belimbing wuluh ini kaya vitamin C. Hal ini juga bisa digunakan buat mencegah diabetes, mengatasi jerawat, fungi kulit, sariawan, & bisa mencegah hipertensi.

lima. Menyembuhkan gondok leher

Virus gondok bisa membuahkan pembengkakan leher karena pembengkakan menyerang sumber satu atau ke 2 kelenjar parotis. Akibatnya, kulit leher mengalami pengerasan & menonjol. Belimbing wuluh bisa membantu mengurangi rasa sakit gondok ini.

Caranya adalah bareng memakai belimbing wuluh belia dicampur bareng tiga hingga 4 siung bawang putih & bawang merah. Campuran didesain menjadi gabungan halus & dioleskan dalam gondok. Dalam beberapa hari apabila dilakukan rutin bisa mengurangi bengkak dalam leher.
loading...

0 komentar untuk Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan Tubuh