9 Penyebab Munculnya Bisul dan Benjolan di Bibir Vagina

9 Penyebab Munculnya Bisul dan Benjolan di Bibir Vagina
Mungkin Knda menemukan bisul atau benjolan dalam bibir vagina dikala sedang bercukur atau dikala mandi. Knda selalu diajarkan buat waspada bahwa benjolan apapun yg timbul dalam area genital bisa berbahaya. Knda mulai panik, berpikir bahwa benjolan itu adalah tanda-tanda penyakit kelamin. Atau, Knda khawatir bisul yg Knda temukan mungkin semacam kanker. Kini Knda sungguh panik, kemudian mulai membuka tab internet baru buat mencari jawaban atas kegusaran Knda.

Terdengar familiar?

Mari kita jajak satu per satu ketakutan Knda mulai berasal kemungkinan terburuk hingga penyebab paling awam berasal bintil, kutil, juga benjolan dalam bibir vagina Knda.

Mungkinkah benjolan dalam bibir vagina aku adalah

1. Kanker vulva

Kanker vulva adalah kanker yg menyerang bagian luar sistem reproduksi perempuan (vulva). Area ini termasuk bagian depan vagina, bibir vagina (labia), klitoris, & kulit dan jaringan yg menutupi tulang kemaluan. Salah satu tandanya adalah kutil yg tumbuh dalam vulva atau benjolan dalam labia yg diikuti sang sejumlah tanda berikut: perdarahan sehabis interaksi seks, sakit dalam vulva, perubahan rona kulit, & rasa gatal & terbakar dalam vulva yg bertahan usang.

Kecil kemungkinannya benjolan yg Knda temukan adalah tumor sel kanker. Kanker vulva termasuk langka, hanya menduduki tiga-4% berasal total perkara kanker indera reproduksi perempuan. Jenis kanker ini adalah kanker kulit lambat, butuh waktu tahunan buat berkembang. Perubahan prakanker umumnya bisa dideteksi & diobati.

2. Herpes genital

Herpes genital dalam perempuan umumnya nir menimbulkan tanda & tanda-tanda sama sekali (asimptomatik). Tapi, apabila terdapat, herpes genital menimbulkan borok atau koreng, bukannya benjolan. Borok umumnya terasa gatal, panas terbakar, & nir mengecewakan sakit. Borok awalnya berupa bentol mini mirip gigitan serangga yg berubah menjadi luka melepuh yg terbuka & terlihat misalnya bisul. Aika Knda memiliki borok herpes genital Knda akan cepat menyadarinya alasannya rasa sakit & ketidaknyamanan yg disebabkannya.

tiga. Kutil kelamin

Benjolan berdaging berukuran mini yg padat, timbul, & memiliki bagian atas kasar bisa menjadi mengambarkan kutil kelamin. Kutil kelamin ditimbulkan sang human papilloma virus atau HPV. Benjolan ini menyerupai kembang kolonel & bisa tumbuh dalam gerombolan. Knda bisa mendapatkan kutil kelamin melalui kontak kulit antar kelamin atau bahkan menyentuh indera kelamin bareng tangan yg membawa virus.

Kutil bisa tumbuh dalam bibir vagina (labia), dalam dalam vagina, dalam leher rahim, & bahkan dalam kurang lebih anus. Benjolan mulai menjadi bintil seukuran buah beras merah belia atau cokelat. Beberapa kutil nir menimbulkan rasa sakit & hampir nir terlihat, ad interim yg lain bisa tumbuh bareng diameter lebih berasal 7 cm. Beberapa kutil kelamin akan menimbulkan rasa gatal & terbakar.

Tapi dalam sisi lain, kebanyakan orang yg mengalami infeksi HPV bisa nir menyebarkan kutil sama sekali. Aika kutil kelamin terdapat, hanya akan tampak dalam beberapa minggu, bulan, atau bahkan tahunan sehabis Knda pertama kali terpapar kontak bareng virus.

4. Ulkus mole (chancroid)

Chancroid atau ulkus mole adalah infeksi genital yg ditimbulkan bakteri Haemophilus ducreyi. Bakteri memproduksi luka terbuka alias koreng yg terdapat dalam atau dekat organ reproduksi eksternal. Koreng mungkin berdarah bareng praktis dikala disentuh atau memproduksi nanah menular yg bisa menyebar bakteri selama seks berkaitan dengan mulut, anal, atau vagina.

Chancroid jua bisa menyebar antar kontak kulit bareng orang yg terinfeksi. Wanita bisa menyebarkan empat atau lebih benjolan merah dalam labia, dalam antara labia & anus, atau dalam paha. Setelah benjolan menjadi borok, atau terbuka, Knda mungkin mengalami sensasi terbakar atau nyeri dikala buang buang air mini atau buang air akbar. Borok memiliki titik sentra yg lembut berwarna abu-abu hingga kuning keabuan bareng ujung yg tajam & terang.

lima. Sifilis

Selama termin primer sifilis, ulkus yg umumnya menimbulkan rasa sakit berkembang dalam daerah dalam mana bakteri masuk ke dalam tubuh. Hal ini umumnya terjadi dalam waktu tiga minggu berasal gambaran, akan tetapi bisa berkisar berasal 10 hingga 90 hari. Pada perempuan, ulkus bisa timbul dalam bagian luar vagina atau dalam dalamnya. Ulkus umumnya tanpa rasa sakit & nir praktis terlihat. Knda bisa nir mengetahui Knda memiliki ulkus apabila itu tumbuh dalam dalam vagina atau dalam bukaan rahim (leher rahim).

Ulkus jua bisa terdapat dalam daerah tubuh selain indera kelamin. Ulkus umumnya bertahan selama tiga hingga 6 minggu, bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan, & bisa meninggalkan bekas luka tipis. Tapi meskipun ulkus sudah sembuh, virusnya terdapat & Knda masih bisa menularkan infeksi kepada orang lain.

6. Molluscum contagiosum

Pertumbuhan kutil atau kulit ekstra mirip tahi lalat yg timbul abnormal bisa diakibatkan sang molluscum contagiosum, virus yg ditularkan melalui kontak kulit atau kontaminasi berasal pertukaran barang langsung, misalnya handuk. Kutil dalam awalnya berukuran mini, padat, memiliki bentuk misalnya kubah, tanpa rasa sakit, berwarna merah belia atau misalnya daging. Kutil jua memiliki lesung dalam tengahnya, terlihat licin misalnya lilin & berkilau putih susu. Kutil akan menyebar dalam semua bagian tubuh, terutama akan poly terdapat dalam paras, kecuali dalam telapak tangan & kaki. Kutil akan berubah memerah begitu sistem imun tubuh Knda mulai memerangi virus tadi, & umumnya akan kebal terhadap pengobatan apabila anda memiliki sistem imun yg lemah.

Penyakit kelamin nir selalu menjadi penyebab kutil & benjolan dalam bibir vagina. Ada beberapa syarat kulit kronis yg bisa memproduksi luka & tanda-tanda mirip, misalnya gatal, sensasi terbakar, & nyeri.

Apa lagi yg bisa menimbulkan bisul & benjolan dalam bibir vagina?

1. Vulvovaginitis

Vulvovaginitis adalah peradangan atau infeksi dalam kurang lebih bibir vagina (labia) & area perineum. Ini adalah syarat awam yg menghipnotis perempuan & anak perempuan berasal segala usia, & memiliki poly sekali penyebab. Candida albicans adalah infeksi fungi penyebab awam berasal vulvovaginitis. Vulvovaginitis dalam remaja perempuan bisa ditimbulkan sang kadar estrogen yg rendah.

Vulvovaginitis akan memengaruhi kurang lebih 75 % perempuan dalam hayati mereka. Infeksi fungi ini bisa menimbulkan rasa gatal & keputihan berwarna putih kental yg mirip bareng keju cottage. Tanda lainnya adalah nyeri dikala buang air mini.

2. Dermatitis

Eksim mengacu dalam syarat kulit yg menimbulkan kulit meradang, bengkak, iritasi, & gatal. Salah satu jenis eksim yg seringkali terjadi adalah dermatitis atopik (ditimbulkan sang sensitivitas kulit terhadap alergen) & dermatitis kontak (ditimbulkan iritan eksternal atau kimiawi).

Gejala yg berafiliasi bareng dermatitis kontak alergi termasuk: kemarau, bersisik, kulit terkelupas, gatal-gatal, bisul yg basah mengalir atau lecet kemarau, kulit kemerahan, kulit berubah gelap atau kasar, sensasi panas terbakar bareng atau tanpa borok. gatal ekstrim.

tiga. Kista vagina

Kista vagina umumnya terbentuk dikala kelenjar kulit atau saluran keringat tersumbat, menimbulkan penggumpalan cairan atau bahan lain dalam bawah kulit. Kista seringkali terlihat misalnya jerawat atau benjolan dalam bawah kulit. Aika berukuran nisbi akbar atau nir tidak nyaman, dokter bisa mengempiskan benjolannya. Memencet kista sendiri bukan pandangan baru yg baik alasannya bisa membuka gerbang bagi masuknya bakteri & menimbulkan infeksi & bernanah; umumnya diakibatkan sang bakteri penyebab penyakit menular seksual, misalnya gonore atau klamidia.

Penyebab kista vagina tergantung dalam jenisnya:

Kista inklusi adalah galat satu jenis yg paling awam berasal kista vagina, umumnya sangat mini & terletak dalam dinding bawah vagina. Kista inklusi ditimbulkan sang syok dalam dinding vagina. Misalnya, berasal episiotomi (sayatan sukarela buat memperbesar lubang vagina dikala melahirkan)
Kista Bartholin adalah kista yg berisi cairan, terbentuk dalam kelenjar Bartholin. Kelenjar ini terletak dalam ke 2 sisi bukaan ke vagina & adalah penghasil cairan yg melumasi bibir vagina (labia)
Kista kelenjar Gartner terjadi dikala saluran dalam embrio berkembang nir hilang misalnya yg seharusnya dikala bayi lahir. Saluran yg tersisa ini bisa menciptakan kista vagina dalam kemudian hari
Kista Mllerian adalah jenis awam lain berasal kista vagina yg terbentuk berasal struktur yg tertinggal dikala bayi berkembang. Kista ini bisa tumbuh dalam mana saja dalam dinding vagina & seringnya mengandung lendir

Ingat bahwa hal terbaik yg bisa Knda lakukan apabila Knda melihat atau menyangsikan adanya benjolan dalam bibir vagina atau perubahan fisik apapun yg tampak nir normal adalah berkonsultasi bareng dokter kandungan buat diperiksa & mendapatkan penaksiran mutlak. Dengan cara itu Knda akan memiliki kenyamanan pikiran.

BACA JUGA:

Seperti Apa Rupa Vagina yg Sehat?
7 Perawatan Wajib buat Menjaga Kesehatan Vagina
7 Gejala Knda Mungkin Mengidap Penyakit Kelamin
loading...

0 komentar untuk 9 Penyebab Munculnya Bisul dan Benjolan di Bibir Vagina