Berbagai Masalah Kulit Pada Bayi Baru Lahir (dari Jerawat Hingga Komedo)

Berbagai Masalah Kulit
Tidak jarang bayi yang baru lahir mengalami masalah kulit. Tentu, hal ini membuat orangtua cemas & risi. Beberapa masalah kulit bayi baru lahir umumnya akan hilang beserta sendirinya. Namun ada di antaranya merupakan masalah kulit yang berfokus. Berikut merupakan masalah kulit yang biasa terjadi pada bayi baru lahir.  

Berbagai masalah kulit bayi baru lahir yang seringkali kali terjadi

Bayi baru lahir belum memiliki sistem imun (kekebalan tubuh) yang sempurna. Maka itu, bayi rentan terserang penyakit infeksi. Hal ini mampu menimbulkan banyak sekali masalah kesehatan, termasuk masalah kulit bayi. Lalu, apa saja masalah kulit yang seringkali terjadi pada bayi baru lahir? Apakah semua akibat penyakit infeksi? Ini penjelasannya.

1. Jerawat

Tak hanya orang dewasa saja yang punya jerawat, ternyata bayi baru lahir maupun mampu memilikinya. Bayi yang baru saja lahir mungkin memiliki jerawat akibat permukaan kulitnya terkena hormon ibu yang ada di dalam rahim.

Biasanya, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, jerawat seperti ini akan hilang beserta sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan setelah kelahiran sang bayi.

2. Kulit kering & terkelupas

Kulit kering & terkelupas maupun seringkali ditemukan pada bayi yang baru lahir. Meski terkelupas, bukan berarti kulit bayi Anda sedang dalam keadaan yang buruk. Biasanya, bagian kulit yang terkelupas merupakan lapisan kulit terluar yang berfungsi untuk melindungi tubuh bayi saat dalam kandungan. Jadi, hal ini sangat wajar terjadi & tidak memerlukan perawatan khusus.

Namun, jikalau kondisi ini tidak kunjung membaik, mungkin saja bayi Anda mengalami masalah kulit yang ditimbulkan oleh alergi terhadap sesuatu atau bahkan infeksi bakteri.

3. Komedo putih pada bagian hidung & wajah

Komedo maupun mampu dimiliki bayi baru lahir, lho. Komedo putih ini umumnya muncul pada hidung & area wajah bayi. Dalam medis, kondisi ini dikenal menjadi milia. Milia ini terjadi akibat zat keratin yang terkumpul di bawah lapisan kulit.

Milia terjadi pada 50% bayi yang baru lahir & mampu menghilang beserta sendirinya dalam waktu 1-3 bulan setelah lahir. Ketika kelenjar minyak bayi semakin membesar, maka komedo-komedo ini akan hilang.

4. Kulit kuning

Kulit bayi Anda kuning? Jangan panik dulu. Masalah kulit bayi ini sebenarnya seringkali terjadi pada bayi baru lahir. Bahkan, kondisi ini terjadi pada 6 dari 10 bayi yang baru lahir. Apalagi, jikalau bayi lahir prematur, maka akan sangat mungkin dia memiliki kulit kuning ketika lahir.

Penyebabnya merupakan organ hati bayi yang belum sempurna dalam melakukan fungsi tubuhnya. Sehingga, zat bilirubin, yaitu zat berwarna kuning yang seharusnya disaring oleh hati, justru masuk ke dalam darah & menyebabkan permukaan kulit kuning.

Dalam keadaan normal, kulit bayi yang kuning akan timbul setelah 24 jam kelahiran & menghilang pada usia 7-10 hari. Namun, jikalau kulit bayi tidak kunjung membaik, maka mampu saja ini menandakan masalah lain pada si kecil, seperti:

Terjadinya perdarahan di dalam tubuh
Mengalami infeksi virus atau bakteri
Kekurangan suatu enzim

Untuk mengetahui kondisi si kecil lebih lanjut atau bila Anda mengkhawatirkan tanda-tanda apa pun, sebaiknya segera bawa bayi Anda ke dokter anak.
loading...

0 komentar untuk Berbagai Masalah Kulit Pada Bayi Baru Lahir (dari Jerawat Hingga Komedo)