Trik Agar Cepat Hapal Langsung Olahraga Setelah Belajar

Trik Agar Cepat Hapal Langsung Olahraga Setelah Belajar
Saat mengerjakan ujian, mungkin Knda pernah datang-datang lupa jawaban soal tertentu. Padahal, Knda sudah belajar keras selama semalam suntuk. Atau Knda sedang membicarakan pidato krusial dalam hadapan awam, akan akan tetapi Knda datang-datang melupakan beberapa poin yg wajib disampaikan. Padahal, Knda sudah menyiapkan pidato ini dari jauh-jauh hari. Tenang, Knda nir sendirian, kok. Kejadian mirip ini sudah acapkali terjadi dalam siapa pun. Bukan berarti Knda punya perkara tertentu dalam belajar atau mengingat sesuatu.

BACA JUGA: Sudah dalam Ujung Lidah, Tapi Tak Juga Ingat. Fenomena Apa Ini?

Namun, jikalau hal tadi acapkali Knda alami, itu berarti cara belajar Knda belum efektif. Ketika mempersiapkan diri buat ujian, presentasi, atau pidato, Knda perlu trik yg ampuh buat mempertinggi daya ingat Knda. Dengan begitu, yg sudah Knda pelajari akan inheren dalam ingatan lebih baik lagi. Salah satu trik yg patut dicoba ialah eksklusif olahraga sehabis belajar. Ingin menandakan sendiri keampuhan trik ini? Baca dulu info ini dia.

Bagaimana cara kerja memori?

Memori insan terbagi menjadi memori jangka pendek & memori jangka panjang. Ketika Knda mengingat sajian sarapan tadi pagi, memori jangka pendek lah yg bekerja. Namun, memori jangka pendek nir sanggup mengingat sajian sarapan Knda 2 tahun yg kemudian dalam lepas hari ini. Ini karena info perihal sajian sarapan Knda 2 tahun kemudian nir disimpan dalam memori jangka panjang.

Dalam memori jangka panjang, Knda sanggup mengingat pertama kalinya Knda naik pesawat terbang dalam usia 8 tahun. Ini karena info yg diterima otak ketika itu melibatkan emosi-emosi tertentu yg nir biasa.

BACA JUGA: Kenapa Kita Tidak Ingat Apa yg Terjadi Saat Kita Masih Bayi?

Dalam memasak memori, otak akan melalui 3 termin. Tahap pertama ialah mendapatkan & menerjemahkan info. Kedua, otak akan menyimpan info tadi ke dalam memori jangka panjang atau pendek. Yang terakhir ialah proses mengingat atau menarik pergi memori tadi dari sistem penyimpanan.

Saat menjalani tahapan-tahapan tadi, bermacam-macam sel & saraf otak akan menjalin koneksi-koneksi baru. Semakin poly koneksi yg terbentuk, semakin bertenaga daya ingat Knda.

Olahraga sehabis belajar sanggup mempertinggi daya ingat

Penelitian baru dalam jurnal Cognitive System Research mencoba membandingkan daya ingat 3 grup orang yg tidak sama. Tiga grup tadi masing-masing diberi tugas buat menelaah peta, kosakata baru dalam bahasa asing, & bermacam-macam warta. Setelah belajar, grup pertama melakukan olahraga lari & grup ke 2 berjalan kaki. Sementara itu, grup yg ketiga bermain video games.

Seusai melakukan 3 kegiatan tadi, para peserta diminta buat mengerjakan ujian sinkron hal-hal yg sudah dipelajari sebelum beraktivitas. Kelompok yg berolahraga lari habis belajar menerangkan yg akan terjadi yg paling baik dalam ujian tadi, diikuti beserta grup yg berjalan kaki & yg bermain video games.

Penelitian yg serupa juga dilakukan dalam Belanda. Peserta penelitian yg melakukan olahraga habis belajar ternyata sanggup mengingat materi ujian yg diberikan beserta lebih mendetail & efektif. Dalam studi yg diterbitkan dalam jurnal Current Biology tadi, disebutkan juga bahwa cara terbaik buat mempertinggi daya ingat ialah berolahraga 4 jam sehabis belajar.

Bagaimana sanggup olahraga sehabis belajar bikin kita cepat hapal?

Berdasarkan penelitian-penelitian yg sudah dilakukan, para pakar melihat adanya interaksi antara berolahraga & daya ingat. Olahraga sehabis belajar akan memicu tubuh buat menghasilkan hormon kortisol. Hormon ini juga dikenal menjadi hormon stres karena umumnya didapatkan ketika Knda sedang berada dalam tekanan. Otak pun membaca frekuwensi ini & bekerja lebih keras lagi.

Hal ini sangat berkhasiat karena dalam ketika yg sama, otak Knda juga sedang memproses & menyimpan info yg masuk selama Knda belajar. Maka, materi yg Knda pelajari akan diolah lebih efektif sang otak & disimpan dalam memori jangka panjang. Karena disimpan dalam jangka panjang, Knda pun akan lebih praktis buat menariknya pergi ketika diperlukan.

BACA JUGA: Apakah Benar Ada Obat buat Meningkatkan Memori?

Di samping produksi hormon, para pakar juga percaya bahwa olahraga sehabis belajar baik buat kesehatan otak. Saat berolahraga selama kira-kira 1/2 jam, otak Knda akan membuat sejumlah sel & saraf otak yg baru. Sel & saraf ini akan kemudian saling terhubung selama Knda berkecimpung & beraktivitas. Proses lahirnya sel & saraf otak baru ini terjadi dalam hipokampus, yaitu bagian otak yg bertanggung jawab atas sistem daya ingat Knda.

Jadi, kalau Knda sedang mempersiapkan diri buat ujian atau presentasi, ingat buat melakukan olahraga sehabis belajar. Knda sanggup memilih olahraga apa pun yg nisbi berat, contohnya lari, berenang, atau melakukan latihan kardio selama paling buat sementara 30 menit. Hasilnya sanggup Knda buktikan sendiri.
loading...

0 komentar untuk Trik Agar Cepat Hapal Langsung Olahraga Setelah Belajar