Panduan Menjalani Terapi Musik untuk Anak ADHD

Panduan Menjalani Terapi Musik untuk Anak ADHD
Terapi untuk anak yang menderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) ternyata tidak hanya dengan obat-obatan dan konseling. Salah satu yang dapat dicoba untuk terapi anak yang menderita ADHD artinya terapi musik.

Menurut psikolog bernama Doris Jeanette, musik dapat membuat anak menjadi tenang dan lebih fokus terhadap apa yang sedang dilakukan. Selain itu, musik dapat mengurangi rasa cemas yang biasanya dialami oleh anak yang menderita ADHD.

Bagaimana proses terapi musik pada anak ADHD?

Terapi musik dapat dilakukan secara personal (satu per satu) ataupun dalam grup mini. Anak beserta dengan terapisnya mendengarkan musik, memainkan alat musik atau bernyanyi beserta.

Musik merupakan hal yang sangat baik bagi seorang anak dalam mengekspresikan dirinya, kata Michelle Chesnut, seorang terapis musik. Bernyanyi dan membuat lagu merupakan kegiatan yang sangat baik untuk mengekspresikan diri seorang anak dan andai saja dilakukan dalam grup, dapat meningkatkan rasa percaya diri. Mendengarkan musik menjadi kegiatan yang dapat membuat tubuh lebih rileks dan tenang.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa gerakan ritmik dapat meningkatkan konsentrasi, kontrol motorik, dan kemampuan akademis anak ADHD. Melalui sesi yang dijalankan selama 3 hingga 5 minggu, anak diterapi dengan memakai headphone dan diajak untuk melakukan gerakan ritmik berdasarkan irama yang didengar. Para peneliti menyampaikan bahwa terdapat peningkatan konsentrasi, proses berbahasa, kebiasaan, dan kontrol motorik setelah anak diterapi.

Anak tidak wajib memiliki bakat musik, kok

Bagaimana kalau anak saya tidak memiliki bakat musik? Apakah tetap bisa diterapi dengan musik?

Tenang saja. Anak anda tetap bisa menjalani terapi ini, kok. Salah satu nilai lebih asal terapi musik ini yaitu anak tidak wajib memiliki bakat dalam global musik. Semua anak tetap bisa menjalani terapi musik ini. Terkadang anak dengan ADHD artinya anak yang cukup kreatif sehingga melalui terapi musik ini justru mereka dapat mengeluarkan bakat terpendam mereka dalam global musik.

Buat musikmu sendiri!

Knda bisa melakukan terapi musik bagi anak Knda sendiri pada rumah seperti mendengarkan musik beserta, memainkan alat musik beserta, dan bernyanyi beserta. 30 menit sebelum anak Knda tidur, putarkan musik dengan irama yang lambat. Hal tersebut dapat membuat anak lebih rileks dan cepat tertidur.

Tanyakan kepada anak Knda tentang musik yang dia sukai dan alasannya. Dengarkan apa yang anak Knda katakan dan hargai pendapatnya. Pastikan Knda memiliki musik tersebut dan dengarkanlah beserta dengan anak Knda. Hal tersebut menjadi galat satu cara untuk memiliki interaksi yang dekat dengan anak Knda.

Terapi musik untuk anak ADHD menjadi galat satu pilihan menarik yang dapat dicoba. Melalui terapi musik, anak mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan ternyata banyak anak ADHD dapat mencapai tujuan terapi mereka tanpa merasa bahwa sebenarnya mereka sedang menjalani terapi. Aika anak Knda mendapatkan keuntungan asal terapi ini, bicarakan kepada pengajar dan terapis mereka untuk menambahkan musik dalam kegiatan mereka.
loading...

0 komentar untuk Panduan Menjalani Terapi Musik untuk Anak ADHD