Ortu Wajib Tahu, Ini 5 Faktor yang Memengaruhi Penyerapan Kalsium Anak

Ortu Wajib Tahu,
Kalsium ialah keliru satu mineral yg berperan krusial dalam tumbuh kembang anak. Zat mineral ini diharapkan supaya tulang menjadi bertenaga serta padat. Tentunya, kekurangan kalsium bisa membuahkan gangguan pertumbuhan dalam si mini. Maka asal itu, Enda wajib memerhatikan kebutuhan kalsium anak setiap harinya. Tak hanya itu, Enda pula wajib tahu faktor-faktor apa saja yg memengaruhi penyerapan kalsium dalam tubuh. Aika asupan kalsium telah baik, tapi penyerapannya tidak aporisma, maka anak bisa saja mengalami kekurangan kalsium. Apa saja yg menjadi faktor asal penyerapan kalsium anak?

Apa saja faktor yg memengaruhi penyerapan kalsium anak?

Fungsi utama kalsium ialah menjaga kepadatan tulang, maka itu kurang lebih 98 persen kalsium berada dalam dalam tulang. Menurut Kementerian Kesehatan, kebutuhan kalsium anak yaitu kurang lebih 1.000-1.200 mg per hari. Kebutuhan kalsium anak bisa Enda penuhi beserta memberinya makanan tinggi kalsium seperti:

Telur
Susu serta produk olahan susu
Ikan bahari seperti sarden, salmon, serta ikan teri
Kacang-kacangan seperti kacang kedelai serta kacang merah
Sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, sawi, serta banyak sekali sayur hijau lainnya.

Faktanya, dalam anak-anak, jumlah kalsium yg diserap asal makanan kurang lebih 50-70 persen, maka Enda wajib memerhatikan banyak sekali faktor yg memengaruhi penyerapan kalsium dalam anak.

1. Cara mengolah 

Cara mengolah memang tidak membuat penyerapan kalsium menjadi lambat atau tidak, tapi justru metode masak yg keliru akan mengurangi jumlah kalsium dalam makanan. Hal ini akan mengurangi taraf penyerapan kalsium anak.

Misalnya Enda mengolah sayuran sumber kalsium dalam waktu yg lama, maka hal ini akan memengaruhi jumlah kalsium serta mineral lain dalam dalamnya.

dua. Terlalu banyak makan makanan yg mengandung natrium (garam)

Aika Enda seringkali menyampaikan anak makanan bks serta banyak menggunakan natrium (garam) dalam dalam makanan si mini, mungkin saja akan berdampak dalam penyerapan kalsium dalam tubuhnya. Ya, kandungan natrium dalam makanan bks serta garam nisbi tinggi. Padahal, terlalu banyak kadar natrium dalam tubuh bisa membuahkan ginjal melepaskan kalsium lebih banyak dalam dalam urine.

Hal ini membuat kalsium yg seharusnya disimpan dalam dalam tubuh si mini serta diserap oleh tulang, malah terbuang melalui urin yg akan terjadi natrium. Karena itu, sebaiknya hindari penggunaan garam yg terlalu banyak serta batasi konsumsi makanan bks.

tiga. Kurang vitamin D

Bisa dibilang, vitamin D serta kalsium ialah pasangan zat gizi mikro yg saling melengkapi. Tubuh tidak bisa menyerap kalsium secara aporisma apabila tidak mempunyai jumlah vitamin D yg nisbi. Jadi, vitamin yg lebih banyak Enda dapatkan asal sinar matahari akan membantu penyerapan kalsium waktu dalam dalam usus.

Ketika vitamin D yg dimiliki tubuh nisbi banyak, maka akan banyak pula kalsium yg terserap. Sebaliknya, apabila si mini tidak punya vitamin D yg nisbi, maka kalsium yg diserap terbatas. Selain mengandalkan sinar matahari, Enda bisa menyampaikan si mini beberapa jenis makanan yg mengandung vitamin D, seperti kuning telur, hati sapi, serta udang.

4. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi fosfor

Sebenarnya, mineral fosfor ini pula diharapkan oleh tubuh, tapi hanya dalam jumlah yg sedikit. Terlalu banyak fosfor dalam dalam tubuh justru akan mengganggu penyerapan kalsium. Kalsium yg si mini dapatkan asal makanan, tidak akan masuk ke dalam tulang melainkan dibuang oleh tubuh melalui urine.

Contoh makanan atau minuman yg mengandung fosfor tinggi serta wajib dihindari ialah minuman bersoda. Tak hanya mengandung fosfor, beberapa minuman bersoda mengandung kafein yg pula akan memengaruhi penyerapan kalsium anak.

lima. Si mini mempunyai gangguan kesehatan pribadi

Aika anak mengalami intoleransi laktosa, maka hal ini membuahkan dirinya tidak bisa mengonsumsi susu serta produk olahan susu yg diandalkan sebagai makanan tinggi kalsium. Kondisi tersebut membuat si mini tidak bisa menyerap kalsium beserta aporisma.

Namun, damai apabila si mini mempunyai gangguan ini, Enda permanen bisa memberikannya makanan sumber kalsium lainnya. Atau, bila perlu berikan si mini suplemen kalsium. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan dulu beserta dokter anak Enda.
loading...

0 komentar untuk Ortu Wajib Tahu, Ini 5 Faktor yang Memengaruhi Penyerapan Kalsium Anak