Daftar Benda yang Sering Jadi Penyebab Bayi dan Balita Tersedak

Daftar Benda yang Sering Jadi Penyebab Bayi dan Balita Tersedak
Bayi dan balita yang tersedak tak sporadis menjadi sebuah kepanikan tersendiri buat para orangtua. Mungkin Anda tidak banyak menyadari hal yang menimbulkan bayi dan balita tersedak. Pengawasan yang kurang, keteledoran, bahkan mungkin makanan yang ditelan bayi menjadi salah satu penyebab bayi dan balita Anda tersedak. 

Setiap orang tua secara naluriah takut kemungkinan berhadapan dengan anak tersedak. Sulit buat dihindari karena bayi maupun balita hobi memasukan objek ke dalam mulut mereka. Ini secara alamiah lumrah  dilakukan menjadi bentuk cara mereka buat mengetahui hal-hal pada sekitar mereka. Dengan melihat satu persatu, mengambilnya, lalu memasukkannya ke mulut satu persatu juga. Mari simak penjelasan berikut wacana hal yang menimbulkan bayi dan balita tersedak.

Wajar apabila bayi tersedak

Sangat awam bayi tersedak air liurnya sendiri dikala tidur seringkali terjadi. Hal tersebut disebabkan air liur bayi yang kental, diakibatkan kurangnya cairan. Aika air liur si bayi agak cair, maka kemungkinan tersedaknya lebih kecil. Bayi juga akan tersedak apabila dipaksa menyusu ketika terlelap, dan baiknya orangtua selalu berusaha supaya bayi nya bersendawa supaya menghindari terjadinya tersedak pada bayi.

Menurut Centers for Disease Control (CDC), penyebab paling awam asal tragedi tersedak artinya makanan, paling seringkali kacang, sosis, dan potongan buah atau sayuran. Sebagian besar masalah kematian tersedak pada anak-anak usia tiga tahun dan bayi disebabkan oleh mainan dan produk anak. Satu anak AS tewas tersedak kira-kira setiap lima hari dan 75 % disebabkan karena tersedak.

Makanan yang bisa menimbulkan anak tersedak

Makanan dengan bentuk yang bulat seperti buah anggur atau permen
Sosis utuh
Makanan tekstur lengket seperti permen, marshmallow, atau yang mengandung karamel
Keju yang dipotong dadu atau dibentuk bulat
Keripik
Kue kecil atau cookies
Selai kacang
Buah buahan yang bisa dimakan dengan kullitnya (apel)
Popcorn

Mainan dan benda-benda kecil dapat menimbulkan anak tersedak

Mainan anak-anak  merupakan salah satu sumber penyebab bayi dan balita tersedak. Umumnya bahan mainan yang bersifat lateks atau karet dapat menjadi penyebab bayi dan balita tersedak ketika dimainkan. Pastikan bayi atau balita Anda tidak bisa mendapatkan mainan dengan bagian-bagian kecil yang ditujukan buat anak-anak yang lebih tua. Ikuti rekomendasi usia pada petunjuk mainan anak.

Berikut daftar benda yang dapat menimbulkan bahaya tersedak buat anak-anak dan harus ditempatkan jauh asal jangkauan anak Anda.

Balon kecil, baterai atau baut
Tutup botol dan koin
Aksesoris boneka
Penghapus
Perhiasan (anting atau cincing)
Mainan dengan bagian-bagian kecil

Bagaimana mencegah bayi dan balita supaya tidak tersedak?

Yang harus orangtua lakukan artinya, awasi anak-anak mereka pada waktu makan, pangkas makanan menjadi tipis atau kecil buat menghindari tersangkut dalam kerongkongan anak. Ajari anak-anak cara yang tepat dan safety buat mengunyah makanan. Sedangkan buat bayi dan balita Anda baiknya terapkan beberapa cara seperti makan dengan posisi duduk, tidak berjalan-jalan, ataupun sambil tiduran. Kunyah makanan secara perlahan, sembari tidak berbicara atau tertawa dengan mulut penuh makanan.

Aika Anda menemukan bahwa anak Anda terdapat benda asing pada mulutnya, hal terbaik buat dilakukan artinya menghampirinya dan merogoh benda tersebut, lalu biarkan anak Anda bernapas secara teratur, saran Katherine OConnor, MD, dokter anak pada Rumah Sakit anak-anak Montefiore pada New York City .
loading...

0 komentar untuk Daftar Benda yang Sering Jadi Penyebab Bayi dan Balita Tersedak