6 Cara Menyenangkan Agar Anak Mau Sikat Gigi

6 Cara Menyenangkan Agar Anak Mau Sikat Gigi
Memang susah bagi anak-anak untuk membangun norma menyikat gigi. Anda para orangtua harus pintar-pintar mengajak dan mengajarkan butir hati supaya mau sikat gigi tiap hari, lantaran kepada dasarnya, kesehatan gigi dan mulut seseorang harus dijaga dan dibina sedari kecil.

Daripada pusing-pusing memaksa anak, terdapat baiknya Anda lakukan beberapa trik mengajarkan anak sikat gigi dengan cara yang menyenangkan. Apa saja caranya? Yuk, intip penjelasannya kepada bawah ini.

Cara unik mengajarkan anak sikat gigi tiap hari

1. Sikat gigi sambil bernyanyi dan mendengarkan lagu

Anak-anak kepada dasarnya suka dan bahagia melakukan aktivitas sambil bernyanyi. Nah, mengapa nir Anda jadikan momen membersihkan gigi ini dilakukan sambil mendengarkan lagu? Selain durasi lagu dan sikat gigi yang pas, yaitu sekitar 1-dua menit per lagunya, Anda juga dapat mencegah anak merasa bad mood ketika menyikat gigi.

Biarkan juga anak Anda memilih salah satu lagu favorit mereka. Misalnya lagu berdasarkan kartun favoritnya, atau lagu yang biasa ia dengar kepada sekolah.

dua. Berikan hibah kepada anak

Pada ketika mengajarkan anak sikat gigi, Anda uga dapat memperlihatkan anak hibah atas keberhasilan mereka lantaran mau membersihkan giginya. Agar tampak lebih menarik dan menyenangkan, cobalah memperlihatkan stiker lucu kepada kalender si kecil sebagai simbol penghargaannya tiap hari lantaran mereka sudah berhasil menyikat gigi sehari-hari.

Supaya lebih berkesan, Anda dapat mengajak anak makan es krim atau membeli barang yang ia suka kepada beberapa waktu tertentu, sebagai hibah lantaran si kecil berhasil rajin sikat gigi tiap hari.

3. Sambil bercerita atau bermain peran

Salah satu trik kreatif untuk mengajarkan anak sikat gigi dengan betul merupakan dengan memainkan sebuah cerita. Contohnya Anda dapat memainkan peran dokter gigi dan pasien. Arahkan anak sebagai pemeran pokok, yaitu pasien, sambil melakukan adegan dan cara menyikat gigi yang betul.

Anda juga dapat menambahkan beberapa cerita yang alur dan ceritanya seputar masalah kesehatan gigi. Hindari bercerita dan bermain peran sambil menyelipkan tokoh atau figur yang nir anak suka, yang mana hal itu akan menciptakan anak nir bersemangat serta malas menggosok gigi.

4. Ajari lewat kartun dan video

Mengajarkan anak sikat gigi nir harus dilakukan secara praktik dan pribadi. Anda dapat mencoba mengajari lewat film kartun dan video. Cobalah membeli dan memilih video kartun yang bertema tentang kesehatan gigi, termasuk cara menggosok gigi kepada dalamnya. Umumnya, anak akan sedikit susah mendapatkan dan menerapkan ajaran sikat gigi pribadi secara rutin. Namun, jikalau mereka mendapatkan contoh berdasarkan idola atau tokoh kartun yang mereka sukai, terdapat kemungkinan mereka akan mau mengikutinya.

5. Biarkan anak pilih sikat dan pasta gigi sendiri

Ajak, beli, dan abaikan anak memilih sikat dan pasta gigi yang ia ingin. Warna, motif dan karakter kepada sikat gigi anak akan memperlihatkan citra yang menarik untuk mengambil perhatian anak Anda. Berikan kebebasan kepada anak untuk memilih pasta dan sikat gigi mereka sendiri. Kemudian, buatlah janji antara anak dan Anda dengan berkata kepadanya bahwa mereka berjanji untuk menyikat giginya setiap hari.

6. Menyikat gigi bareng

Wajar kalau anak kecil selalu mengikuti semua hal yang orangtua lakukan. Mengapa Anda nir menggunakan momen ini untuk mengajarkan anak sikat gigi dengan betul? Ya, coba luangkan waktu tiap pagi atau sebelum tidur, dengan mengajak anak bareng-sama menyikat gigi. Lambat laun, anak akan menyebarkan dan terbiasa dengan aktivitas menyikat gigi. Bonusnya, Anda dapat memiliki waktu quality time yang berharga tiap harinya bareng anak.
loading...

0 komentar untuk 6 Cara Menyenangkan Agar Anak Mau Sikat Gigi