Mengenal Berbagai Penyebab Kulit Bayi Gatal dan Cara Mengatasinya

Mengenal Berbagai Penyebab Kulit Bayi Gatal dan Cara Mengatasinya
Bayi yang baru lahir umumnya memiliki kulit mulus & lembut. Namun, ada beberapa hal yang mampu mengganggu kesehatan kulitnya, bahkan sampai mengakibatkan kulit bayi gatal. Kulit bayi gatal akan membuatnya rewel & nir damai setiap hari. Lalu apa yang mengakibatkan kulit bayi gatal? Apakah ini berbahaya bagi kesehatan si kecil? Bagaimana menanganinya?

Berbagai hal yang bikin kulit bayi gatal

Mungkin Knda sebagai orangtua khawatir, melihat kulit bayi yang gatal & memerah. Hal ini mampu disebabkan sang aneka macam hal, dari perkara yang ringan sampai cukup parah. Berikut adalah penyebab dari kulit gatal dalam bayi.

1. Kulit kemarau

Dari kulit yang kemarau mampu timbul rasa gatal. Biasanya kulit bayi sebagai kemarau dampak perawatan kulit bayi tak dilakukan beserta baik atau lantaran memakai produk yang nir menurut bagi kulit bayi Knda.

Misalnya sabun bayi yang memiliki kandungan parfum atau bahan-bahan kimia tambahan lainnya. Masalahnya, kulit bayi masih sangat sensitif terhadap bahan-bahan yang asing dalam kulitnya.  

Lingkungan sekitar pula mampu bikin kulit bayi kemarau kemudian terasa gatal. Jila Knda memakai pendingin udara (AC), pastikan si kecil memakai pelembap khusus supaya kulitnya selalu terlindungi. Aika memang kulit gatal dampak udara kemarau, perkara kulit gatal akan hilang dalam beberapa waktu sehabis bayi dipakaikan pelembap atau krim khusus bayi.

dua. Alergi

Gatal-gatal yang dirasakan bayi Knda mampu jadi dampak alergi yang dia miliki. Misalnya, alergi terhadap debu. Ketika berada dalam tempat yang berdebu, maka kulit bayi akan terpapar debu & kemudian muncul reaksi alergi. Rasa gatal dalam kulit bayi adalah keliru salah satu reaksi tersebut.

Selain itu, makanannya pula mampu sebagai penyebab alergi dalam bayi. Jila Knda menyampaikan suatu jenis kuliner & beberapa ketika kemudian kulit bayi memerah, mampu jadi kuliner tersebut adalah alergen (penyebab alergi).

Aika hal ini terjadi, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter untuk diperiksakan lebih lanjut.

3. Infeksi

Beberapa jenis bakteri mampu mengakibatkan infeksi kulit yang mampu bikin gatal. Contoh bakteri yang sebagai penyebab infeksi kulit yaitu Staphylococcus aureus & beberapa jenis dari bakteri Streptococcus.

Biasanya, infeksi ini ditularkan sang orang yang sebelumnya telah terinfeksi atau dampak kurangnya kebersihan lingkungan serta diri sendiri.

Kondisi ini umumnya pula disertai beserta perkara lainnya seperti kulit merah & beberapa bagian tubuh membengkak. Jila Knda menemukan hal ini dalam si kecil, jangan tunda untuk membawanya ke pelayanan kesehatan terdekat.

Bagaimana menangani kulit bayi gatal?

Sebagai pertolongan pertama, Knda mampu melakukan beberapa hal untuk meringankan rasa gatal yang bayi Knda nikmati, seperti:

Mandikan si kecil beserta air beserta suhu ruangan, hindari memakai air yang hangat lantaran akan membuat kulit semakin kemarau & rasa gatalnya semakin parah.
Keringkan tubuh bayi sehabis dimandikan sampai tuntas, tapi jangan menggosok-gosok kulitnya supaya nir iritasi.
Pilih sandang bayi yang nyaman, sejuk, & lembut supaya nir membuat kulitnya semakin nir nyaman.
Oleskan pelembap dalam kulitnya supaya selalu sehat & mengurangi rasa gatal yang dia nikmati.
loading...

0 komentar untuk Mengenal Berbagai Penyebab Kulit Bayi Gatal dan Cara Mengatasinya