Mempersiapkan Anak untuk Hari Pertama Sekolah

Mempersiapkan Anak untuk Hari Pertama Sekolah
Mulai sekolah ialah galat satu kejadian penting untuk Enda serta anak Enda. Wajar andai kata Enda merasa khawatir bareng penyesuaian anak Enda terhadap perubahan yang besar.

Yakinlah bahwa sekolah sudah terbiasa menyambut anak-anak yang merasa grogi pada awalnya. Guru serta asisten akan mendukung serta membantu anak Enda agar anak Enda merasa dia berpartisipasi di sekolah.

Namun sebelum hari pertama anak Enda sekolah, banyak yang bisa Enda lakukan. Jika Enda ingin anak Enda menyesuaikan diri pada lingkungan baru, Enda bisa membawanya kepada kegiatan berkelompok, seperti kelas musik atau tari.

Sesi membaca kitab cerita pada perpustakaan lokal atau pergi ke taman pada akhir pekan bisa mengenalkan anak Enda bareng anak-anak seusianya. Cara-cara tadi bisa membantunya berinteraksi bareng anak-anak lainnya, yang belum pernah dia temui.

Berikan semangat untuk anak Enda agar dia berpartisipasi pada kegiatan kelompok, seperti acara ulang tahun. Jika Enda tahu anak Enda segan bergabung dalam permainan. Bermainlah dengannya di rumah.

Jika Enda khawatir anak Enda tidak terbiasa mengikuti instruksi, perkenalkan permainan sederhana di rumah agar dia terbiasa bareng instruksi.

Jika anak Enda senang bermain bareng pakaian, Enda bisa memakaikan kostum serta memintanya bergaya. Jika anak Enda melakukan bareng baik, pujilah serta jelaskan bahwa Enda senang sebab dia melakukan apa yang Enda minta. Main baju-bajuan juga bisa memupuk agama diri saat dia harus menggunakan seragam di sekolah.

Enda tidak perlu mengajarkan terlalu banyak huruf serta angka sebelum sekolah dimulai. Enda bisa membicarakan tentang angka, warna, serta huruf seiring berjalannya aktivitas sehari-hari.

Di swalayan, mintalah anak Enda untuk mencari kotak sereal yang berwarna merah, atau mengambil apel hijau. Saat Enda sampai di rumah, hitung barang belanjaan Enda. Mintalah anak Enda mengurutkan barang belanjaan sesuai ukuran.

Mengenal diri sendiri juga penting untuk anak saat dia mulai bersekolah. Apakah anak Enda tahu berapa usianya? Dapatkah dia memberi tahu pengajar apabila dia terluka? Bantulah anak Enda untuk mengingat bagian tubuhnya. Hal ini bisa meningkatkan agama diri saat dia ditanyakan pertanyaan yang bisa dia jawab.

Enda juga bisa membantunya mengerti kata-kata seperti sama serta beda atau lebih serta kurang. Hal ini bisa membantu anak dalam mengekspresikan pikirannya.

Bantu anak Enda mendeskripsikan benda serta menciptakan perbedaan. Taruh dua jenis buah yang berbeda. Sebagai contoh, 3 buah apel serta sebuah pisang. Minta anak Enda untuk memilih buah mana yang berbeda.

Enda juga bisa menggunakan kata-kata yang mendeskripsikan waktu, seperti sebelum serta sesudah. Sebagai contoh: kita makan sebelum pergi ke taman.

Jika pedagogi dibawakan bareng santai serta informal, anak Enda bisa menyerap keterangan tanpa merasa dia sedang diajari. Permainan bisa membantu mempersiapkan anak Enda untuk masuk ke sekolah.

Hello Health Group tidak menyediakan pesan tersirat medis, penaksiran, atau pengobatan.
loading...

0 komentar untuk Mempersiapkan Anak untuk Hari Pertama Sekolah