Ayo, Bagi Waktu! Berbagai Hal Ini Bisa Ibu Lakukan Saat Bayi Tidur

Ayo, Bagi Waktu! Berbagai Hal Ini Bisa Ibu Lakukan Saat Bayi Tidur
Menjadi ibu baru membawa implikasi yang besar pada kehidupan Anda tentunya. Kadang, ibu baru mungkin kaget dengan segala perubahan yang dialaminya waktu baru punya bayi. Ibu mungkin akan kurang tidur lantaran setiap detiknya ia wajib merawat bayinya. Namun, dengan pengaturan waktu yang baik, sebenarnya hal ini bisa diatasi. Ibu bisa melakukan banyak sesuatu waktu bayi tidur. Apa saja?

Berbagai hal yang bisa ibu lakukan waktu bayi tidur

Ibu juga tidur waktu bayi tidur merupakan hal yang banyak disarankan, dengan begitu ibu tidak akan kurang tidur. Tapi, Anda tentu mempunyai banyak hal yang wajib dilakukan, seperti mengurus diri Anda atau wajib melakukan pekerjaan tempat tinggal.

Berikut ini merupakan hal-hal yang bisa Anda lakukan waktu bayi tidur.

Mencuci & menjemur pakaian

Saat punya bayi baru, tentu cucian Anda jadi menumpuk. Tak heran, lantaran bayi baru lahir biasanya sangat banyak membasahi popoknya. Nah, inilah saatnya untuk mencicil cucian Anda waktu bayi tidur. Semakin acapkali Anda menumpuk cucian pasti akan bertambah banyak & tambah sulit untuk diselesaikan. Mencuci dengan mesin cuci tentu akan sangat memudahkan akan untuk membereskan seluruh cucian Anda ini.

Mencuci piring atau masak

Selain baju, mungkin piring kotor juga menumpuk di dapur Anda lantaran belum sempat dicuci. Saat bayi tidur, ini menjadi kesempatan Anda untuk mencuci piring kotor & membereskan dapur Anda. Anda mungkin juga bisa melakukan pekerjaan tempat tinggal lainnya, seperti mengolah untuk makan siang atau makan malam.

Membersihkan diri

Mandi waktu bayi tidur tentu bisa membuat Anda lebih segar setelah seharian merawat bayi Anda yang mungkin juga sampai menghasilkan keringat. Mandi mampu menenangkan pikiran & hati Anda, dengan begitu mampu mengurangi stres yang Anda rasakan.

Makan

Seharian dengan bayi Anda mungkin membuat Anda sulit menemukan waktu untuk memberi makan diri Anda sendiri. Padahal, Anda butuh makan untuk mengganti tenaga yang hilang, apalagi jikalau Anda menyusui bayi. Nah, waktu bayi tidur inilah saatnya Anda makan. Pastikan menu kuliner yang Anda makan mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin , & mineral.

Menemani bayi tidur

Bika pekerjaan tempat tinggal telah Anda selesaikan seluruh, Anda mungkin bisa tidur di samping bayi Anda untuk mengistirahatkan tubuh Anda sambil menjaga bayi Anda yang sedang tertidur. Berada di samping bayi sambil menatap bayi Anda juga bisa mempererat ikatan antara ibu & bayi, serta berdampak positif pada produksi ASI. Menatap bayi bisa membuat tubuh ibu menghasilkan hormon oksitosin lebih banyak, yang dibutuhkan untuk produksi ASI & membentuk ikatan, seperti dilansir dari Belly Belly.

Namun, pastikan bayi tidur dalam kondisi aman waktu Anda bekerja

Terkadang, Anda mungkin merasa tidak tenang jikalau meninggalkan bayi sebentar waktu ia tidur. Takut bayi akan nangis & Anda tidak mendengarnya, selagi Anda sedang mandi atau melakukan hal lain. Anda mungkin akan mengeceknya setiap lima menit sekali untuk memastikan bahwa bayi tidur dengan aman & nyaman.

Untuk itu, sebelum Anda meninggalkan bayi yang sedang tertidur untuk melakukan pekerjaan Anda, sebaiknya pastikan dulu bayi tidur dengan nyenyak, nyaman, & aman. Ini krusial agar Anda juga merasa tenang waktu melakukan hal lain.

Pastikan bayi tidur di tempat tidur bayi yang aman ada pembatas, sebagai akibatnya bayi tidak akan terjatuh meskipun ia berguling. Juga, pastikan tidak ada celah antara matras & tempat tidur bayi (box bayi), jikalau bayi tidur di sini. Membedong bayi juga bisa menjadi salah satu cara agar bayi tidur lebih nyaman. Selain itu, membedong bayi juga mampu mengurangi risiko bayi tewas mendadak (SIDS). Pastikan juga tidak ada benda yang mampu menutupi jalan napas bayi waktu tidur, seperti bantal, selimut, boneka, mainan, guling, atau lainnya.
loading...

0 komentar untuk Ayo, Bagi Waktu! Berbagai Hal Ini Bisa Ibu Lakukan Saat Bayi Tidur