Langkah-langkah Menolong Bayi dan Anak yang Tersedak

Langkah-langkah Menolong Bayi dan Anak yang Tersedak
Tersedak terjadi saat benda asing tersangkut dalam tenggorokan atau kerongkongan sebagai akibatnya menghalangi aliran udara. Pada orang dewasa, rabat kuliner acapkali menjadi pelaku utamanya. Anak & balita acapkali tersedak sebab menelan benda-benda kecil saat bermain.

Aika Anda bareng seseorang yang tersedak, berikan pertolongan secepat mungkin. Ini sangat krusial sebab tersedak mampu memotong asupan oksigen ke dalam otak & mampu membahayakan nyawa.

Bagaimana saya tahu kalau seseorang sedang tersedang?

Tanda yang umumnya ditunjukkan oleh orang yang tersedak merupakan ke 2 tangan yang mencengkeran bertenaga tenggorokan. Aika orang tersebut tidak menunjukkan tanda ini, perhatikan indikasi bahaya lainnya, mirip:

Ketidakmampuan untuk berbicara
Kesulitan bernapas atau bunyi napas yang berisik
Ketidakmampuan saat diminta batuk
Kulit, bibir, & kuku yang membiru atau kehitaman
Hilang kesadaran

Biasanya, untuk kasus tersedak ringan, jalur napas hanya akan terhalang sebagian & orang tersebut masih mampu berbicara (walaupun sulit), menangis, batuk, atau bernapas.

Walaupun dalam umumnya korban mampu mengatasi sedakanny sendiri, Anda pula mampu membantu mereka dengan memposisikan mereka sedikit condong ke depan (atau untuk bayi & balita, baringkan tengkurap dalam ke 2 paha Anda) & pukulkan pergelangan tangan Anda di antara tulang belikat punggung (area di antara ke 2 bahu, di bawah tengkuk leher) orang tersebut sebanyak lima kali dengan gerakan yang tegas & mantap.

Aika orang tersebut tidak mampu bernapas, tidak mampu batuk, atau tidak mampu bersuara, berikan kontribusi dengan menekan perut bertenaga-bertenaga, disebut pula sebagai manuver Heimlich.

Manuver Heimlich untuk anak kecil & dewasa yang tersedak

Untuk melakukan teknik ini, Anda wajib:

1. Berdiri di belakang orang tersebut & posisikan tubuh Anda di salah satu sisi tubuhnya. Aika orang tersebut dalam posisi berdiri, tempatkan salah satu kaki Anda di antara ke 2 kakinya agar Anda mampu menyangga orang tersebut bila beliau pingsan.

2. Lingkarkan ke 2 tangan Anda di kurang lebih pinggangnya mirip posisi memeluk, dengan mengepalkan salah satu tangan. Posisikan sisi luar menurut ibu jari menghadap perut orang tersebut, di atas pusar tapi tidak mendekati tulang dada. Lihat gambar di bawah ini:
Langkah menolong orang yang tersedak (sumber: webmd.com)
3. Genggam kepalan tangan Anda dengan tangan yang bebas. Berikan sentakan ke atas ke dalam perut dengan keras & cepat. Gerakan ini mampu berakibat benda asing yang tersangkut untuk lompat keluar. Anda mungkin perlu memakai energi yang lebih akbar untuk orang yang berpostur tubuh akbar, & kurangi energi untuk orang dewasa bertubuh kecil atau anak-anak (di atas usia satu tahun).
Langkah menolong orang yang tersedak (sumber: webmd.com)
4. Ulangi sentakan sampai benda asing betul-betul keluar seluruhnya atau sampai orang tersebut pingsan.

Namun, bila orang yang tersedak dalam keadaan hamil atau memiliki postur badan akbar (berat badan berlebih atau obesitas), posisikan kepalan tangan Anda berada tepat di ujung tulang dada, kemudian lakukan sentakan menunjuk ke dalam & ke atas beberapa kali sampai mereka mampu memuntahkan benda tersebut.

Pertolongan pertama dalam bayi berusia kurang menurut satu tahun yang tersedak

Aika bayi mampu batuk atau membentuk bunyi, biarkan beliau batuk untuk mencoba mengeluarkan benda tersebut dengan sendirinya. Namun, tetap awasi mereka.

Aika Anda mampu melihat objek tersebut, coba untuk mengeluarkannya dengan perlahan. Jangan menyodok tanpa arah atau berulang kali dengan jari Anda, Anda justru akan memperburuk situasi dengan semakin mendorong benda tersebut masuk ke dalam tenggorokan, sebagai akibatnya semakin sulit untuk dimuntahkan.

Aika bayi tersebut tidak mampu bersuara, batuk, atau menangis, maka Anda wajib:

1. Duduk, kemudian baringkan bayi tersebut dalam posisi tengkurap condong ke depan di gendongan Anda sedemikian rupa di atas ke 2 paha Anda, sebagai akibatnya posisi kepalanya akan lebih rendah menurut dadanya.

2. Tahan posisi bayi menurut depan dengan mantap memakai salah satu telapak tangan Anda, usahakan agar posisi kepala tidak layu menempel di paha Anda.

3. Gunakan tumit telapak tangan Anda untuk memukul di antara ke 2 tulang belikat bahu anak sebanyak lima kali.
Langkah menolong bayi yang tersedak (1-3) sumber: www.webmd.com
4. Aika benda asing tidak kunjung keluar, sangga kepala bayi & balikkan posisinya menghadap Anda sembari tetap menjaga posisi kepala lebih rendah menurut dadanya.

5. Tempatkan 2-3 jari Anda di bawah garis puting & tepat di atas tulang dada, kemudian berikan sentakan dada sebanyak lima kali dengan cepat.
Langkah menolong bayi yang tersedak (4-5) sumber: www.webmd.com
6.Terus ulangi gerakan menepuk punggung & menyentakkan dada, masing-masing 5 kali & bergantian, sampai benda asing mampu keluar seluruhnya atau sampai bayi tersebut pingsan.

Aika jalan napas korban masih terhalang setelah melakukan teknik di atas, atau mengalami hilang kesadaran, segera lakukan teknik pernapasan kontribusi (CPR) atau cari kontribusi medis.

Manuver Heimlich atau teknik CPR mampu berakibat cedera serius. Meski langkah pertolongan pertama ini sangat efektif & diperlukan untuk menyelamatkan jiwa, energi kesehatan profesional, misalnya dokter atau petugas ambulans, wajib tetap memeriksakan orang tersebut untuk kemungkinan komplikasi bahkan setelah korban sadar.
loading...

0 komentar untuk Langkah-langkah Menolong Bayi dan Anak yang Tersedak