Kulit Anak Terbakar Matahari Begini Cara Mengatasinya

Kulit Anak Terbakar Matahari Begini Cara Mengatasinya
Tahukah Enda bahwa kulit anak masih sensitif? Untuk itu, anak lebih mudah mengalami kulit terbakar saat berada di bawah terik matahari dalam waktu lama. Tentu, ini bukan merupakan hal baik. Sering mengalami kulit terbakar akan meningkatkan risiko anak mengalami kanker kulit. Oleh karena itu, sebisa mungkin Enda harus mencegah kulit terbakar pada anak. Namun, apabila anak sudah mengalami kulit terbakar, bagaimana cara mengatasinya?

Bahaya kulit terbakar pada anak

Kulit terbakar artinya reaksi yang terlihat pada paparan kulit karena radiasi sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Sinar ultraviolet mampu terserap oleh kulit & menyebabkan kerusakan pada kulit. Anak mampu beserta mudah mengalami kulit terbakar karena kulit anak masih sensitif. Selain itu, juga karena anak lebih tak jarang menghabiskan waktu di luar ruangan untuk bermain.

Kulit terbakar bukan merupakan hal kecil atau biasa. Ini perlu penanganan lebih lanjut karena mampu menyebabkan penuaan dini pada kulit & juga mampu menyebabkan kanker kulit. Anak yang memiliki kulit terang, tahi lalat, kulit berbintik, & kulit terbakar, atau yang memiliki riwayat keluarga kanker kulit mempunyai risiko lebih besar untuk mengalami kanker kulit di kemudian hari.

Bagaimana gejala kulit terbakar pada anak?

Kulit terbakar pada anak mungkin tidak langsung kelihatan. Reaksi kulit terhadap sinar matahari ini umumnya mulai terlihat setelah beberapa jam terkena sinar matahari berlebih. Ini akan menjadi lebih tidak baik sekitar 24-48 jam kemudian.

Kulit terbakar pada anak mempunyai gejala awam, seperti:

Kulit kemerahan
Pembengkakan pada kulit
Nyeri di kulit
Kulit kering, gatal, & mengelupas
Demam & panas dingin
Pusing

Bagaimana cara mengatasi kulit terbakar pada anak?

Kulit terbakar pada anak mampu menjadi masalah berfokus apabila dibiarkan begitu saja. Untuk itu, Enda sebagai orangtua harus segera menanganinya beserta baik. Enda mampu melakukan cara ini untuk mengatasi kulit terbakar pada anak:

Minum air yang banyak. Aika bayi masih ASI, Enda mampu memberikan ASI saja. Namun, apabila bayi sudah lebih tua, Enda mampu memberikan susu formula & air putih. Air mampu membantu kulit cepat sembuh & juga mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang karena sinar matahari.
Kompres kulit beserta air dingin. Letakkan kain yang sudah direndam beserta air dingin pada daerah kulit yang terbakar matahari. Kompres selama 10-15 menit beberapa kali dalam sehari.
Mandi air dingin. Cara ini mampu membantu untuk menenangkan anak. Enda mampu menambahkan baking soda atau yang berbahan dasar oatmeal untuk mandi anak. Jangan menggosok kulit anak.
Oleskan pelembab pada kulit anak. Seperti pelembab berbahan dasar air yang bebas alkohol, gel pengecap buaya, atau krim hidrokortison. Ini membantu untuk menghilangkan rasa gatal. Anak akan merasa lebih gatal saat kulit yang terbakar mulai mengelupas.
Beri obat pada anak. Acetaminophen atau ibuprofen mampu membantu meringankan rasa sakit anak. Namun, sebelum memberikan anak obat-obatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu beserta dokter Enda. Obat seperti ibuprofen tidak dianjurkan untuk anak di bawah 6 bulan.
Pakaikan anak pakaian yang nyaman. Beri anak pakaian yang longgar & tidak mengiritasi kulit. Pilih juga pakaian dari bahan katun untuk anak. Bahan ini mampu menyerap keringat & lebih nyaman digunakan oleh anak. Aika anak ke luar rumah pada siang hari, usahakan semua bagian kulitnya tertutupi beserta pakaian. Pakaikan anak pakaian lengan panjang, celana panjang, topi, & kacamata.
Jaga kulit anak sampai luka bakar sembuh sepenuhnya. Aika luka bakar anak belum sembuh, sebaiknya batasi anak terkena sinar matahari atau tutupi kulitnya agar tidak terkena sinar matahari. Sangat mudah bagi anak untuk mengalami kulit terbakar lagi apabila luka bakarnya saat ini belum sungguh sembuh. Sebaiknya hindari sinar matahari pada pukul 10.00-16.00 karena sinar ultraviolet pada saat ini sangat kuat.

Kulit terbakar dalam tingkat ringan mungkin mampu sembuh dalam dua sampai lima hari. Sedangkan, kulit terbakar dalam tingkat sedang mampu sembuh sampai berhari-hari bahkan sampai beberapa minggu.
loading...

0 komentar untuk Kulit Anak Terbakar Matahari Begini Cara Mengatasinya