Keracunan Timbal Pada Anak Bisa Berakibat Fatal, Kenali Penyebabnya

Keracunan Timbal Pada
Timbal artinya logam berat yang bersifat beracun kepada tubuh insan. Timbal hadir dalam jumlah mungil kepada udara, tanah, debu tempat tinggal tangga, kuliner, air minum, & perhiasan murah atau mainan. Keracunan timbal terjadi ketika partikel timbal jadi menumpuk kepada dalam tubuh. Penumpukan zat asing ini sanggup berlangsung selama beberapa bulan atau bertahun-tahun.

Sedikit saja anak atau janin dalam kandungan terpapar sang timbal sanggup menimbulkan kerusakan serius. Tubuh anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang bisa menyerap timbal menggunakan sangat gampang, sebagai akibatnya lebih berisiko untuk dampak yang berbahaya. Dalam jumlah akbar, keracunan timbal sanggup membuahkan fatal untuk anak-anak & orang dewasa.

Tanda & gejala anak keracunan timbal

Paparan jangka pendek terhadap  timbal dalamtingkat tinggi sanggup menimbulkan anak mual muntah &/atau diare. Sementara itu, kasus keracunan timah yang parah tergolong jarang terjadi. Justru gambaran timbal dalam jangka panjanglah yang lebih umum. Gejalanya mungkin termasuk:

Kehilangan selera makan
Sakit perut
Sembelit
Kelelahan
Insomnia
Sakit koordinator

Keracunan timbal secara tiba-tiba menimbulkan kerusakan otak. Anak yang keracunan timbal dalam jumlah akbar dalam satu waktu sekaligus mungkin mengalami kejang atau bahkan koma.

Penyebab keracunan timbal kepada anak

Keracunan timbal memiliki poly penyebab. Yang paling umum, keracunan timbal kepada anak terjadi kepada anak-anak yang menelan atau menjilati benda berlapis timbal. Bayi & anak-anak tak jarang menempatkan barang-barang yang bukan kuliner kepada lisan mereka. Anak-anak sanggup menghirup debu yang terkontaminasi atau makan serpihan cat timbal selama renovasi tempat tinggal atau pindahan. Keracunan timbal jua sanggup ditimbulkan sang air minum asal pipa ledeng yang berlapis timah. Sumber-sumber lain asal keracunan timbal mencakup:

Udara atau tanah yang tercemar
Beberapa mainan, barang-barang tempat tinggal tangga, & kosmetik
Make-up mata
Keramik mengkilap
Kaca bertimbal
Penutup loka baterai
Peluru

Komplikasi keracunan timbal yang mungkin terjadi kepada anak

Keracunan timbal terkait menggunakan dampak yang merugikan kepada  pertumbuhan, perhatian, & perilaku anak-anak. Komplikasi lain mungkin termasuk:

Anemia
Kerusakan otak, ginjal & sistem saraf
Rendahnya tingkat timbal sanggup menimbulkan pemerosotan tingkat kecerdasan & gangguan pendengaran.

Bagaimana dokter mendiagnosis anak yang mengalami keracunan timbal?

Dokter anak Enda sanggup melakukan tes darah untuk menentukan tingkat gambaran timbal kepada tubuh anak, walau tak selalu perlu untuk dilakukan (tergantung asal kondisi anak). Diskusikan tingkat gambaran anak Enda menggunakan dokter untuk melihat apakah tes darah benar dibutuhkan. Tes darah mungkin penting apabila ada risiko gambaran tinggi, karena gambaran timbal nir selalu menimbulkan gejala kepada anak-anak. Tes tingkat timbal dalam darah direkomendasikan hanya untuk anak-anak yang memiliki faktor risiko.

Pengobatan untuk anak yang keracunan timbal

Untuk mengobati keracunan timbal, dokter akan mengupayakan pembersihan timbal kepada usus anak. Mereka jua menyampaikan obat anak yang disebut chelating agen. Ini artinya bahan kimia yang sanggup menarik timbal keluar asal peredaran darah ke dalam urin sebagai akibatnya sanggup terkuras habis asal tubuh.

Cara mencegah keracunan timbal untuk anak & famili

Pembersihan timbal asal lingkungan kurang lebih anak artinya langkah pencegahan & pengobatan utama.

Selain itu, ada beberapa langkah yang sanggup Enda ambil untuk mengurangi jumlah gambaran timbal kepada tempat tinggal Enda.

Rutin kuras & bilas pipa ledeng Enda
Buka keran air minimal 1 menit apabila air Enda nir digunakan selama lebih asal beberapa jam.
Gunakan air dingin. Air panas mengandung lebih poly timbal asal air dingin. Masak & minum hanya menggunakan air dingin asal pipa.
Berikan bayi Enda ASI langsung. ASI memiliki kandungan timbal yang jauh lebih rendah daripada air keran.
Rajin cuci tangan. Ajari anak-anak Enda untuk tak jarang-tak jarang mencuci tangan. Debu timbal lebih sulit dicerna setelah mencuci tangan menggunakan baik.
Jangan taruh sepatu dalam tempat tinggal. Kotoran kepada sol bawah sepatu sanggup mengandung timah asal tanah yang Enda telusuri selama seharian penuh
Hati-hati mengarah & memakai cat tempat tinggal. Rumah-tempat tinggal tua mungkin dilapisi sang cat yang mengandung timbal. Jangan mengeruk atau mengikis cat karena akan menaikkan jumlah debu timah kepada udara.
Sering higienis-higienis tempat tinggal Bersihkan tempat tinggal Enda secara teratur untuk menghilangkan partikel debu yang mungkin mengandung timbal.
Hindari wadah kristal timbal. Hindari memakai wadah timbal untuk menyajikan kuliner atau minuman. Terutama bagi wanita hamil atau menuangkan minuman anak-anak dalam gelas kristal.

Kapan harus ke dokter?

Periksakan ke dokter apabila Enda berpikir anak Enda mungkin telah terkena sejumlah mungil gambaran timbal.

Bawa anak Enda ke  UGD terdekat, atau hubungi 118/119 apabila perlu, apabila anak Enda telah menelan atau menjilat mainan atau objek berlapis timbal; mengalami kejang atau koma.
loading...

0 komentar untuk Keracunan Timbal Pada Anak Bisa Berakibat Fatal, Kenali Penyebabnya