Kenapa Kulit Bayi Kering dan Bersisik Bagaimana Mengatasinya

Kenapa Kulit Bayi Kering dan Bersisik Bagaimana Mengatasinya
Tak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami kulit kering. Faktanya, bayi juga bisa memilikinya. Kulit bayi kering bisa ditimbulkan oleh berbagai hal. Bagi orangtua, hal ini bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan. Lalu, sebenarnya apa penyebab berdasarkan kulit bayi kering? Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan sang bayi? Bagaimana mengatasinya?

Kulit bayi kering, apa sih penyebabnya?

Sama halnya seperti kulit orang dewasa, kulit bayi bisa menjadi kering, bahkan bersisik hingga terkelupas. Apalagi, pada bayi, permukaan kulitnya masih sangat lembut & rentan untuk terpapar lingkungan sekitarnya sebagai akibatnya menyebabkan kulit menjadi kering.

Kulit bisa menjadi kering implikasi kadar air yang kurang pada bagian luar kulit, yaitu epidermis. Hal ini dapat terjadi implikasi berbagai hal, yaitu:

Lingkungan. Suhu lingkungan memengaruhi kesehatan kulit. Lingkungan yang panas & kering dapat menyebabkan kulitnya kehilangan cairan. Namun, penggunaan pendingin ruangan (AC) juga bisa menyebabkan hal ini terjadi.
Salah pilih sabun. Sabun mandi yang dipakai bisa jadi penyebab kulit bayi kering. Biasanya, hal ini terjadi lantaran bayi Anda tidak cocok dengan sabun yang dipakai. Apalagi, jika kulit bayi Anda sensitif. Lebih baik diskusikan dengan dokter Anda jenis sabun seperti apa yang cocok untuk dipakai.
Masalah kulit lain, seperti eksim. Eksim juga bisa menjadi penyebab mengapa kulit bayi Anda kering & terkelupas. Eksim ialah masalah kulit yang seringkali kali terjadi pada bayi & anak-anak, yang ditimbulkan oleh berbagai hal, seperti alergi masakan, asma, demam, alergi lingkungan, dan riwayat penyakit keluarga.

Bila memang kulit bayi kering tidak kunjung sembuh & kembali normal, sebaiknya segera periksakan bayi Anda ke dokter.

Lalu, bagaimana mengatasi kulit bayi kering?

Umumnya kulit bayi kering tidak berbahaya & bisa kembali dengan cepat bila dirawat dengan cara yang sahih. Berikut ialah cara untuk mengatasi kulit bayi kering:

Jangan memandikan si kecil terlalu lama

Hal yang paling seringkali menjadi penyebab berdasarkan kulit bayi kering ialah mandi atau main air terlalu lama. Memang menyenangkan bila bisa bermain air bersama bayi Anda, mungkin bayi Anda juga menyukainya. Namun, terlalu lama & seringkali terkena air justru bikin kulit mudah kering.

Batasi waktu mandi si kecil sampai 10 menit saja. Gunakan air yang hangat & sabun yang tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia tambahan. Misalnya parfum atau pengawet.

Pakai pelembap

Setelah memandikan bayi, sebaiknya biasakan untuk memberikannya pelembap supaya kelembapan kulitnya terjaga. Pilihlah produk yang aman bagi bayi Anda. Sekarang ini telah banyak pilihan produk pelembap khusus bayi yang bisa Anda pakai.

Berikan bayi cairan yang relatif

Tak hanya merawat kulitnya, tetapi Anda juga wajib memastikan jika kulit bayi Anda tidak kehausan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikannya cairan yang relatif. Pastikan kalau bayi Anda seringkali minum air tetapi jika masih pada bawah 6 bulan, ASI saja telah relatif.

Berikan konservasi pada bayi

Selain pelembab, Anda bisa memakai tabir surya atau sunblock khusus anak-anak. Ini supaya kulit bayi tetap terjaga ketika berada pada luar ruangan & terpapar sinar matahari pribadi.

Lakukan perawatan setelah bermain pada kolam renang atau pantai

Jika Anda mengajak si kecil bermain pada pantai atau kolam renang, maka setelah bermain sebaiknya segera bilas tubuh si kecil hingga bersih. Klorin & garam yang ada pada kolam renang juga air laut, dapat ganggu kulitnya.
loading...

0 komentar untuk Kenapa Kulit Bayi Kering dan Bersisik Bagaimana Mengatasinya