4 Makanan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Menyusui

4 Makanan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Menyusui
Menyusui adalah suatu hal yang tidak kalah penting asal kehamilan. Pada ketika menyusui, mak masih berperan menyampaikan makanan lewat ASI yang diberikannya kepada anak. Sama misalnya kehamilan, apa yang dimakan mak ketika mak menyusui pula berpengaruh ke anak, sebagai akibatnya memperhatikan asupan mak ketika mak menyusui pula sangat vital. Makan makanan bersama zat gizi lengkap pada ketika menyusui turut membantu memenuhi zat-zat gizi yang dibutuhkan anak. Namun, apa saja makanan yang harus dihindari mak menyusui?

Pengaruh makanan mak terhadap kualitas ASI

Penelitian membagikan bahwa kualitas makanan mak hanya memiliki sedikit impak terhadap kualitas ASI-nya. Asupan gizi yang kurang pada mak menyusui akan lebih berpengaruh pada mak daripada ke bayinya. Tubuh mak akan merogoh zat gizi yang dibutuhkan asal mak untuk memproduksi ASI. Bika zat gizi yang dimakan mak kurang memenuhi kebutuhan produksi ASI, maka tubuh mak akan merogoh cadangan zat gizi tersebut dalam tubuh mak sebagai akibatnya nantinya yang akan kekurangan ialah mak, bukan bayi. Laktosa, mineral, & konsentrasi elektrolit sepertinya tidak ditentukan oleh asupan mak.

Namun, di lain sisi, ada beberapa komposisi zat gizi dalam ASI yang ditentukan oleh asupan mak. Seperti konsentrasi asam lemak, zat yang larut dalam lemak, & vitamin yang larut dalam air pada ASI, secara signifikan ditentukan oleh zat gizi yang dimakan oleh mak. Konsentrasi protein pula ditentukan oleh beberapa syarat, meskipun akbar pengaruhnya agak terbatas (Lonnerdal, 1986).

Pengaruh asupan gizi mak terhadap komposisi ASI-nya bhineka antar zat gizi. Oleh karena itu, akan lebih baik jikalau mak permanen memperhatikan asupan gizinya yang lengkap supaya kebutuhan zat gizi mak & bayi terpenuhi. Ibu bisa memakan seluruh jenis makanan untuk memenuhi kebutuhannya & bayinya, tetapi ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh mak menyusui.

Makanan yang sebaiknya dihindari mak menyusui

Ibu menyusui sebaiknya tidak membatasi diri untuk makan makanan jenis pribadi karena mak menyusui sedang membutuhkan banyak kalori asal banyak sekali jenis makanan untuk produksi ASI-nya. Namun, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh mak ketika menyusui, yaitu:

Makanan berkafein, misalnya kopi, teh, & cokelat. Sebaiknya batasi minum minuman yang mengandung kafein tidak lebih asal 2 atau 3 gelas dalam sehari. Kafein yang ada dalam ASI bisa mengganggu tidur bayi.
Alkohol. Alkohol buruk berada dalam ASI karena bisa berdampak pada perkembangan saraf & otak bayi. Sebaiknya hindari minum minuman yang mengandung alkohol. Bika mak minum alkohol, sebaiknya tidak menyampaikan ASI kepada bayinya hingga kadar alkohol dalam tubuh & ASI sungguh hilang. Memompa ASI keluar tidak membantu kadar alkohol dalam ASI hilang bersama cepat.
Ikan bermerkuri tinggi. Ikan atau seafood adalah sumber protein & asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh. Namun, beberapa seafood mengandung merkuri yang buruk bagi tubuh. Makanan bahari yang mengandung merkuri tinggi di antaranya ialah ikan makerel raja, ikan todak, & tilefish. Ikan tuna pula memiliki kandungan merkuri tetapi tidak begitu tinggi & sebaiknya batasi konsumsi ikan tuna tidak lebih asal 2 kali per minggu. Kandungan merkuri yang tinggi dalam ikan ini bisa mengkontaminasi ASI & berisiko pada perkembangan otak bayi.
Berbagai jenis makanan yang menciptakan Anda alergi. Makanan yang umumnya mengakibatkan alergi ialah telur, kacang, kedelai, jagung, & susu. Namun, jikalau mak tidak memiliki alergi terhadap banyak sekali jenis makanan, makanan tersebut tidak harus dihindari oleh mak. Bika sesuatu terjadi pada bayi setelah menyusui, umumnya itu ditimbulkan oleh sesuatu yang mak makan 2 hingga 6 jam sebelum mak menyampaikan ASI kepada bayinya.

Yang pula penting untuk diketahui oleh mak menyusui ialah mak harus permanen mengonsumsi banyak makanan lebih asal jumlah yang umumnya mak makan. Hal ini karena jumlah kalori yang mak makan turut menyumbang kalori untuk bayi melalui ASI yang mak berikan. Ibu membutuhkan tambahan kalori asal makanan untuk memproduksi ASI-nya. Makanan yang mak makan pula harus beraneka ragam supaya ASI yang diberikan mak ke bayi kaya akan zat gizi.
loading...

0 komentar untuk 4 Makanan yang Harus Dihindari Oleh Ibu Menyusui