Hati-Hati, Infeksi Saluran Kencing Bisa Bahayakan Kesuburan Pria

Hati-Hati, Infeksi Saluran
Wanita acapkali menjadi target empuk dalam pulangpenyebab mengapa kebanyakan pasangan suami istri sulit punya momongan. Padahal, sebesar 30 % kasusnya justru ditimbulkan sang pihak prianya yg nir fertile. Ada poly faktor yg bisa mengakibatkan laki-laki nir fertile. Salah satu penelitian yg diterbitkan dalam Science Daily menjelaskan bahwa 6-10 % persoalan kesuburan laki-laki ditimbulkan sang infeksi saluran kencing. 

Sayangnya, masih poly laki-laki yg nir mengetahui apa saja gejalanya, menjadi akibatnya persoalan ini sering diabaikan begitu saja.

Infeksi saluran kencing dalam laki-laki sebenarnya sporadis, akan namun

Infeksi saluran kemih (ISK) artinya infeksi bakteri yg menyerang saluran kencing bagian bawah, meliputi kandung kemih (kantong urin) dan uretra (bukaan saluran). Biasanya, bakteri ini akan terbuang keluar dikala Knda buang air mini. Namun, apabila terdapat yg tersisa, ini bisa memicu infeksi.

Ciri-karakteristik infeksi saluran kencing dalam laki-laki umumnya meliputi rasa sakit setiap buang air mini dan peningkatan frekuensi bolak-pulangkencing. Urin mungkin akan berwarna lebih gelap, berbau nir sedap, atau mungkin bercampur darah. Knda juga mungkin akan mengalami demam dan sakit perut bagian bawah.

ISK sporadis terjadi dalam laki-laki dewasa yg berusia dalam bawah 50 tahun, akan namun risikonya bisa semakin tinggi terus setelahnya.

Bagaimana infeksi saluran kencing bisa bikin laki-laki nir fertile?

Sebanyak 15 % persoalan laki-laki nir fertile ditimbulkan sang peradangan dalam saluran kencing yg akan terjadi infeksi. Meski ISK nir termasuk penyakit menular seksual, beberapa jenis bakteri penyebab ISK dalam laki-laki bisa menyebar lewat interaksi seksual. Bakteri itu termasuk chlamydia trachomatis (bakteri penyebab klamidia) atau E. coli.

Bakteri penyebab ISK bisa merangkak naik berdasarkan uretra atau kandung kemih menuju organ seks dalam misalnya testis, prostat, dan epididimis beserta menumpang peredaran darah. Ketiga organ seks ini berperan krusial dalam produksi air mani dan sperma, berikut penyalurannya dalam bentuk ejakulasi. Prostat berfungsi buat menghasilkan air mani, yg lalu mengalir masuk ke epididimis yg menjadi gudang produksi sperma, dan berakhir dalam testis menjadi kawasan penampungan ad interim berdasarkan air mani yg sudah terisi sperma. Sel sperma sangat sensitif terhadap infeksi, baik berdasarkan bakteri, parasit, virus, juga fungi.

Infeksi bakteri ini bisa mengakibatkan prostat meradang dan membengkak, sebuah syarat yg dinamakan prostatitis. Peradangan bisa mengakibatkan timbulnya jaringan parut dalam saluran prostat yg menuju epididimis. Hal ini menjadikan volume air mani sedikit dan sel spermanya juga ikut sedikit. Setidaknya 10 % laki-laki yg mengalami prostatitis, bahkan air maninya bisa nir mengandung sel sperma sama sekali (sperma encer). Pada persoalan infeksi C. trachomatis, nir hanya dampaknya mengganggu produksi air mani dan sel sperma, akan namun juga ikut menimbulkan kerusakan DNA dalam sperma yg terdapat. Kerusakan DNA sperma bisa memengaruhi proses pematangan sperma, termasuk jumlah, bentuk, dan geraknya.

Ketika kita membagikan kesehatan sperma, terdapat 3 faktor krusial yg perlu dipertimbangkan, yaitu jumlah sperma, bentuk (morfologi) sperma, dan gerakan (mobilitas) sperma. Aika terdapat satu saja, atau bahkan lebih, kelainan sperma berdasarkan ketiga faktor tadi, maka risiko laki-laki terhadap persoalan kesuburan atau kemandulan bisa semakin tinggi.

Ditambah lagi, setidaknya 60 % laki-laki mengalami pengecilan berukuran testis (atrofi testis). Testis yg mengecil adalah komplikasi epipidimitis akut yg paling ditakuti dan berisiko tinggi mengakibatkan ketidaksuburan dalam laki-laki.

Apakah infeksi saluran kencing bisa disembuhkan?

Kebanyakan persoalan infeksi saluran kencing bisa beserta simpel diobati beserta antibiotik yg diresepkan dokter. Pasien umumnya mengonsumsi antibiotik selama 3-10 hari. Antinyeri misalnya acetaminophen (paracetamol) atau ibuprofen juga bisa dipergunakan buat meredakan nyeri, akan namun konsultasikan dulu beserta dokter sebelum mengombinasikan antibiotik resep Knda beserta obat bebas.

Sementara dalam terapi pengobatan, perbanyaklah minum air buat membantu mengeluarkan urin. Bisa juga beserta minum juz butir orisinal dan suplemen vitamin C buat meningkatkan keasaman urin yg akan sangat membantu proses penyembuhan. Selain itu, jagalah kebersihan penis buat menghindari kuman yg berpindah kawasan ke saluran kencing.

Aika persoalan kesuburan sudah terlanjur terjadi, dr. Laurence A. Jacobs dalam website pribadinya menjelaskan bahwa terdapat 2 cara yg bisa dilakukan mempertahankan keturunan, dalam antaranya artinya beserta proses bayi tabung spesifik laki-laki nir fertile yg dianggap Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI) atau lewat inseminasi sintesis.
loading...

0 komentar untuk Hati-Hati, Infeksi Saluran Kencing Bisa Bahayakan Kesuburan Pria