Di Usia Berapa Sebaiknya Anak Mulai Belajar Menyikat Gigi

Di Usia Berapa
Menjaga kebersihan mulut serta gigi pada anak artinya krusial serta usahakan mulai ditanamkan sedini mungkin. Semakin awal Knda mengajarkannya, semakin gampang pula anak Knda melakukannya menjadi rutinitas. Cara menjaga kebersihan mulut serta gigi keliru satunya dengan menyikat gigi. Lalu, kapan waktu yang tepat mengajarkan anak untuk mulai menyikat gigi?

Kapan anak mulai menyikat gigi?

Perawatan gigi anak usahakan dimulai semenjak gigi pertamanya tumbuh. Saat gigi pertama baru menempel di gusi, Knda bisa mengelapnya dulu dengan kain yang bersih serta relatif basah. Ketika nanti gigi pertama mulai tumbuh pasti, Knda bisa mulai menyikat gigi anak Knda.

Namun, ada sebagian dokter juga menyarankan agar anak mulai menyikat gigi semenjak empat gigi pertamanya tumbuh. Sebagian lagi menyarankan untuk menunda hingga anak berusia dua hingga 3 tahun.

Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, ketua yang mini, serta pegangan yang akbar. Terus dampingi proses menyikat gigi, hingga anak Knda bisa berkumur serta meludah tanpa bantuan. Biasanya ini dilakukan hingga lebih kurang usia enam tahun. Setelah usia tadi, anak telah bisa dibiarkan menyikat gigi secara mandiri.

Biasakan untuk menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, pagi hari serta sebelum tidur. Luangkan waktu lebih kurang dua menit untuk menyikat gigi. Bila telah dibiasakan semenjak usia dini, maka semakin gampang juga untuk anak Knda menyikat gigi secara rutin.

Saat mulai menyikat gigi, apakah telah boleh menggunakan pasta gigi?

Saat usia anak Knda telah menginjak dua tahun, Knda bisa menambahkan pasta gigi yang mengandung flouride pada sikat giginya.

Namun, American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD) menyarankan penggunaan pasta gigi yang mengandung flouride untuk mencegah gigi berlubang mulai dari gigi pertama, daripada menunggu hingga usia dua tahun.

Gunakan pasta gigi pasta sebanyak biji beras pada permukaan sikat gigi, pada awal tumbuh gigi hingga usia lebih kurang 3 tahun. Ketika usia anak Knda telah mencapai 3 tahun, Knda bisa menambahkan takaran pasta gigi pada permukaan sikat giginya.

Tidak perlu risi jikalau anak Knda menelan beberapa pasta gigi, karenanya tidak akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Mulai usia dua tahun, Knda bisa mengajari anak Knda untuk meludah sesudah menyikat gigi.

Sebenarnya bisa mulai menyikat gigi sebelum gigi anak tumbuh

Merawat gigi sebenarnya bisa dilakukan semenjak anak Knda belum tumbuh gigi. Bersihkan atau seka bagian gusi anak Knda secara lembut dengan kain lap. Seka secara perlahan serta lembut. Lakukan ini secara rutin serta sesudah selesai menyusui.

Cara ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri penyebab munculnya plak pada gigi yang nantinya tumbuh. Ini juga dapat meningkatkan kesehatan mulut anak Knda.

Jangan lupa bawa anak ke dokter gigi

Setelah mengenalkan anak dengan sikat gigi, bawa anak Knda ke dokter gigi. Ini juga merupakan keliru satu upaya melindungi kesehatan gigi anak serta memperkenalkan anak dengan dokter gigi.

Tidak perlu menunggu gigi anak berlubang atau rusak untuk ke dokter gigi. Jika gigi anak tidak ada kasus, anak harus tetap kembali ke dokter gigi.

Biasanya kunjungan pertama ke dokter gigi dimulai pada usia satu tahun. Setelah kunjungan pertama dilakukan, jadwalkan kunjungan lagi setiap enam bulan.
loading...

0 komentar untuk Di Usia Berapa Sebaiknya Anak Mulai Belajar Menyikat Gigi