Daftar Nutrisi Penting yang Diperlukan Anak Selama Masa Ujian Sekolah

Daftar Nutrisi Penting yang Diperlukan Anak Selama Masa Ujian Sekolah
Kecukupan nutrisi anak haruslah diperhatikan setiap hari. Namun khususnya selagi masa ujian sekolah, anak membutuhkan nutrisi tambahan supaya dapat permanen sehat dan fokus kepada ujian. Oleh karenanya, selain memperbanyak waktu belajar dan mempersiapkan mental, anak pula perlu makan masakan yang sehat selama ujian. Tidak ada salahnya andai saja Anda lebih memperhatikan masakan yang anak Anda makan.

Daftar nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan anak selama masa ujian sekolah

Berikut artinya beberapa vitamin yang dibutuhkan otak anak dan dampak kekurangan vitamin-vitamin tersebut kepada performanya di sekolah.

1. Vitamin B1

Vitamin B1 berperan krusial dalam mengantar impuls sel saraf. Kekurangan vitamin B1 dapat berpengaruh kepada kondisi mental, kemampuan belajar, energi, kemampuan tubuh dalam menghadapi tekanan, dan daya ingat kepada penderita penyakit Alzheimer. Vitamin B1 bisa ditemukan kepada kacang-kacangan, daging, ragi, dan biji sereal.

2. Vitamin B12

Vitamin B12 berperan dalam pembentukan myelin, yaitu lapisan pelindung serat saraf otak. Vitamin untuk otak yang satu ini berguna untuk melindungi otak dari kerusakan saraf, kehilangan ingatan, menurunnya suasana hati, dan penurunan mental. Vitamin B12 bisa ditemukan kepada daging sapi, domba, ikan, unggas, dan babi.

3. Vitamin B6

Vitamin B6 berperan memproduksi serotonin dan dopamin yang menjaga suasana hati dan kewaspadaan anak ketika mengerjakan ujian sekolah. Vitamin B6 terdapat kepada kangkung, kembang kol, lobak, sawi, tuna, dan bawang putih.

4. Asam folat

Kekurangan asam folat dapat menurunkan kemampuan daya ingat dan fokus anak. Asam folat pula membantu menurunkan kadar asam amino homosistein kepada darah yang menyebabkan kerusakan kepada sel otak. Asam folat bisa ditemukan kepada sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal tepung terigu.

5. Vitamin E

Vitamin E dapat meningkatkan kemampuan otak dan pula menyeimbangkan mood anak sehingga terhindar dari stres berlebihan. Kekurangan vitamin E menciptakan tubuh kekurangan kemampuannya dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh dan menyebabkan aneka macam gangguan otak, misalnya penyakit degeneratif Alzheimer.

Kacang almond, hazelnut, tepung tepung terigu, minyak jagung, dan sayuran hijau, artinya beberapa contoh masakan yang memiliki ke 2 jenis tokoferol dari vitamin E, yaitu antioksidan yang berguna melawan radikal bebas.

6. Vitamin C

Vitamin ini adalah antioksidan krusial yang dapat melindungi otak dari radikal bebas. Vitamin ini dipercaya pula dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak selama masa ujian sekolah supaya badannya tak cepat nge-drop. Beberapa buah sumber vitamin C yang dapat Anda konsumsi artinya brokoli, jeruk dan stroberi.

7. Asam lemak omega-3

Omega-3 adalah nutrisi krusial dalam perkembangan otak. Kekurangan asam lemak omega-3 diduga bisa menyebabkan penurunan fungsi kognitif otak dan meningkatkan risiko gangguan mental, misalnya depresi, gangguan bipolar, disleksia, ADD (attention deficit disorder), dan skizofrenia. Asam lemak omega-3 terdapat kepada ikan salmon, buah kiwi, biji rami, dan kenari.

8. Air

Tubuh bergantung kepada air supaya bisa berfungsi beserta baik. Air kepada tubuh berfungsi bak minyak bagi mesin. Jika Anda nir minum cukup air sepanjang hari untuk mengisi cairan yang hilang, otak Anda akan menanggung konsekuensinya. Tidak minum cukup air dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala. Ini artinya hal terakhir yang anak Anda inginkan selama masa ujian sekolah. Pastikan anak terus mendapatkan poly air sehingga dia dapat belajar beserta pikiran yang jernih dan permanen produktif.

9. Zat besi

Zat besi adalah unsur yang berperan dalam produksi hemoglobin, pigmen merah pembawa oksigen dalam darah, dan mioglobin (pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot). Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anak terkena kurang darah. Akibat terkena kurang darah, anak akan cenderung merasa lelah, lemas, dan gampang stres selama masa ujian sekolah.

Tips memenuhi kecukupan nutrisi anak selama menghadapi ujian sekolah

1. Makan secara teratur

Makan yang teratur dan sehat akan menciptakan tubuh dan otak anak Anda dipenuhi beserta nutrisi yang krusial untuk menghadapi ujian sekolah. Otak membutuhkan energi dari masakan untuk bekerja secara efisien. Jam makan yang paling krusial waktu akan ujian artinya sarapan.

Jika anak Anda melewatkan sarapan waktu akan ujian sekolah, anak Anda akan merasa lapar ketika ujian sehingga akan mengurangi fokusnya. Mengonsumsi masakan yang sehat ketika sarapan yaitu berupa kombinasi antara serat, protein, dan kalsium. Buah, susu, dan tepung terigu artinya menu yang baik untuk sarapan.

Cukupi kebutuhan nutrisinya dari aneka macam sumber masakan yang telah disebutkan di atas. Jangan lupa pula pastikan anak minum cukup air dan mendapatkan camilan sehat. Beberapa contoh cemilan sehat artinya pisang beserta selai kacang atau kentang panggang beserta keju.

2. Istirahat yang cukup

Menghadapi ujian mungkin akan menciptakan anak Anda kelelahan dan stres sebab wajib mempelajari semua materi ujian. Bahkan akan menciptakan anak Anda tidur larut malam dan suka melupakan waktu makan.

Kurang istirahat akan menciptakan anak Anda sulit untuk memahami materi yang sudah dipelajari. Walaupun materi ujian sangat poly dan anak Anda wajib mempelajari semuanya, tapi permanen ingatkan anak Anda untuk istirahat. Agar keesokan harinya waktu akan ujian, anak Anda nir kelelahan dan bahkan hilang fokus.
loading...

0 komentar untuk Daftar Nutrisi Penting yang Diperlukan Anak Selama Masa Ujian Sekolah