Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil
Hamil adalah dilema waktu. Waktu yg sempurna dalam mana sel sperma dari laki-laki bertemu memakai sel telur dari perempuan kemudian terjadilah pembuahan. Agar cepat hamil, Enda bisa menerka-ngira kapan masa fertile & masa nir fertile Enda terjadi. Tapi bagaimana cara menghitung masa fertile?

Enda bisa mengetahui kapan masa fertile perempuan, memakai memperhatikan daur menstruasi (daur haid). Siklus menstruasi bisa menyampaikan petunjuk kapan masa fertile perempuan terjadi. Pada dikala ini, peluang Enda buat cepat hamil sangat akbar.

Siklus menstruasi mensugesti masa fertile perempuan

Masa fertile perempuan bergantung dalam daur menstruasi yg Enda miliki. Tiap perempuan memiliki daur menstruasi yg bhineka.

Siklus menstruasi adalah rentang dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama dalam menstruasi berikutnya. Normalnya, daur menstruasi berlangsung selama 21-35 hari. Tapi, homogen-homogen perempuan memiliki daur menstruasi selama 28 hari.

Nah, dalam antara daur menstruasi ini terdapat masa paling fertile perempuan. Aika terjadi pembuahan (dikala sel telur bertemu sperma) dalam masa fertile perempuan ini, maka kehamilan pun terjadi. Namun, apabila pembuahan nir terjadi, sel telur perempuan pun akan meluruh & keluar dari vagina dalam bentuk darah. Inilah mengapa perempuan setiap bulan niscaya mengalami menstruasi. Setiap bulan setidaknya perempuan akan melepaskan satu sel telur.

Kapan masa fertile perempuan terjadi?

Secara awam, masa fertile perempuan artinya sekitar masa ovulasi (dikala ovarium melepaskan sel telur). Kapan ovulasi terjadi? Ovulasi terjadi sekitar 12 hingga 14 hari sebelum periode menstruasi dimulai.

Rata-homogen masa fertile perempuan mulai terjadi dalam hari ke 10 hingga ke 17 sehabis hari pertama menstruasi, apabila daur menstruasi Enda berlangsung selama 28 hari.

Lima hari sebelum ovulasi & satu hari dalam mana ovulasi terjadi, adalah masa paling fertile perempuan. Ingat, sperma hanya bisa bertahan hayati selama lima hari & sel telur bisa bertahan hayati hanya satu hari. Kemungkinan Enda buat hamil semakin tinggi tajam apabila Enda berafiliasi seksual 2 atau 3 hari sebelum sel telur dilepaskan, & kemudian 12 hingga 24 jam sehabis itu. Berhubungan seksual dalam dikala ini adalah peluang akbar bagi Enda buat cepat hamil.

Karena daur menstruasi & masa fertile perempuan bhineka tiap individu, maka Enda wajib menghitung masa fertile Enda sendiri. Enda bisa memakai rumus yg akan dijelaskan dalam bawah ini, atau mencari memahami lewat Kalkulator Masa Subur Hello Sehat memakai mengeklik gambar ini dia:

Cara menghitung masa fertile perempuan

Satu hal yg Enda perlukan buat menghitung masa fertile perempuan artinya kalender. Enda perlu menandai setiap lepas dalam mana Enda mengalami menstruasi buat bisa menghitung masa fertile. Berikut ini adalah langkah-langkah yg wajib dilakukan buat menghitung masa fertile:

1. Ketahui panjang daur menstruasi Enda

Untuk menghitung masa fertile, Enda wajib menandai daur menstruasi tiap bulan & menghitung berapa usang hal tadi berlangsung. Panjang daur menstruasi dihitung dari hari 1, yaitu hari pertama Enda menstruasi, hingga hari terakhir, yaitu hari sebelum periode menstruasi selanjutnya dimulai.

Karena panjang daur Enda bisa sedikit tidak selaras dari bulan ke bulan, usahakan Enda mencatatnya selama beberapa bulan buat mengetahui homogen-ratanya, setidaknya 8 bulan apabila mungkin.

2. Hitung anggapan masa fertile

Tahap selanjutnya dalam menghitung masa fertile, yaitu cari daur terpanjang & daur terpendek dari daur menstruasi Enda setiap bulannya. Setelah itu:

Kurangi 18 hari dari daur terpendek Enda. Ini artinya hari pertama Enda memasuki masa fertile. Misal, daur terpendek Enda artinya 25 hari, maka hari pertama masa fertile Enda artinya hari ke 7 sehabis hari pertama menstruasi.
Kurangi 11 hari dari daur terpanjang Enda. Ini artinya hari terakhir masa fertile Enda. Misal, daur terpanjang Enda artinya 29 hari, maka hari terakhir masa fertile Enda artinya hari ke 18 sehabis hari pertama menstruasi.

Berhubungan seks dalam antara waktu tadi (antara hari ke 7-18 sehabis menstruasi) adalah kesempatan terbaik Enda buat cepat hamil. Waktu ini mungkin akan bhineka tiap individu. Lalu, tunggu apalagi? Silakan coba menghitung masa fertile Enda sendiri.

Memprediksi masa fertile perempuan melalui membuktikan-membuktikan dalam tubuh

Jangan khawatir, apabila Enda kesulitan memperkirakan masa fertile melalui daur menstruasi. Ada alternatif buat memprediksi masa fertile, yaitu memakai mengetahui membuktikan-membuktikan yg ditunjukkan sang tubuh. Tubuh bisa menampakan membuktikan-membuktikan dikala beliau siap melakukan ovulasi. Hal ini tentu bisa membantu Enda dalam mengetahui masa fertile & merencanakan kehamilan.

Tanda-membuktikan dalam dalam tubuh sedang terjadi ovulasi, yaitu:

1. Suhu tubuh basal sedikit naik

Suhu tubuh basal adalah suhu tubuh pertama dalam pagi hari, sebelum Enda bergerak dari wilayah tidur. Sehingga, Enda disarankan buat mengukur suhu tubuh basal ini sebelum Enda bangun dari wilayah tidur. Aika Enda bergerak dari wilayah tidur & mengukur suhu tubuh sehabis itu, mungkin suhu tubuh berubah & ini bukan adalah suhu tubuh basal. Rata-homogen suhu tubuh basal berkisar antara 35,lima 36,6C.

Suhu tubuh basal bisa berubah mengikuti kadar hormon dalam tubuh. Saat tubuh melepaskan sel telur, hormon tubuh bisa berubah & ini memengaruhi suhu tubuh basal. Suhu tubuh akan naik sedikit, umumnya kurang dari satu derajat, & akan permanen tinggi hingga periode menstruasi dimulai.

Aika suhu tubuh Enda naik sedikit, sekitar 0,4-0,8C dari suhu umumnya, mungkin tubuh sudah melakukan ovulasi dalam 12 hingga 24 jam terakhir. Aika Enda mencatat suhu tubuh basal Enda setiap hari, Enda mungkin bisa melihat perubahan suhu tubuh basal setiap hari. Ini bisa membantu Enda dalam memperkirakan kapan tubuh ovulasi.

Sebaiknya pakai termometer basal tubuh. Termometer ini lebih sensitif daripada yg standar & akan menampakan perubahan suhu yg lebih rendah beberapa derajat.

2. Perubahan dalam lendir serviks (cairan dari vagina)

Cara lain buat memperkirakan masa fertile perempuan artinya memakai melihat perubahan lendir dalam serviks (lisan rahim). Hormon-hormon yg mengontrol daur menstruasi bisa memengaruhi lendir serviks. Tepat sebelum & selama ovulasi, terjadi perubahan jumlah, rona, & tekstur lendir. Hal ini memproduksi tubuh lebih simpel & lebih siap hamil.

Selama masa ovulasi, lendir dalam lisan rahim Enda akan memiliki tekstur yg lebih elastis, transparan, & licin, mirip putih telur. Tekstur yg mirip ini bisa membantu sperma berenang buat mencapai sel telur Enda. Saat tekstur lendir dalam lisan rahim mirip ini, artinya Enda berada dalam masa fertile.

Berikut ini adalah pola tekstur lendir dalam lisan rahim yg awam terjadi dalam poly perempuan:

Mendekati masa ovulasi: lendir lebih lengket, lebih poly dimuntahkan, berwarna keruh, mirip keputihan
Selama masa ovulasi: lendir basah, licin, elastis, & transparan, mirip putih telur. Ini umumnya berlangsung 3 atau 4 hari, yaitu dikala Enda memiliki kemungkinan akbar buat hamil.
Setelah ovulasi: lendir lebih kemarau & lebih sedikit dimuntahkan

Namun, terdapat beberapa hal lain yg bisa memengaruhi tekstur lendir dalam lisan rahim Enda, mirip infeksi vagina atau penyakit menular seksual, gairah seks, & penggunaan pelumas selama berafiliasi seksual.

3. Perubahan ketegangan lisan rahim

Perlu Enda ketahui, selama ovulasi lisan rahim akan terasa lebih lembut, lebih tinggi, & lebih terbuka. Ini memproduksi kesempatan sperma buat masuk ke dalam leher rahim & membuahi sel telur lebih akbar.

Perubahan dalam syarat lisan rahim yg umumnya & yg sedang mengalami masa ovulasi mungkin sulit buat dibedakan. Enda mungkin wajib menilik lisan rahim Enda setiap hari memakai memakai satu atau 2 jari buat menemukan disparitas tadi.

4. Tanda-membuktikan lain

Selain membuktikan-membuktikan dalam atas, terdapat membuktikan-membuktikan lainnya yg bisa menampakan bahwa tubuh Enda sedang ovulasi, yaitu:

Kram atau nyeri ringan dalam keliru satu sisi panggul
Nyeri dalam payudara atau payudara terasa lebih lembut
Perut terasa kembung
Keputihan semakin poly dimuntahkan
Gairah seks semakin tinggi
Merasa lebih seksi
Aroma tubuh lebih baik

Kapan masa nir fertile perempuan?

Masa paling fertile perempuan artinya lima hari sehabis ovulasi & satu hari sesudahnya. Hal ini karena sel telur hanya bertahan selama sekitar 24 jam sehabis dilepaskan. Setelah itu, sel telur nir bisa dibuahi, menjadi akibatnya Enda memasuki masa nir fertile dalam dikala ini. Masalahnya, nir terdapat yg memahami kapan pastinya ovulasi terjadi.

Umumnya dalam perempuan memakai daur menstruasi 28 hari, ovulasi terjadi sekitar hari ke 14 dalam daur menstruasi, mirip istilah Michele Hakakha, M.D., seseorang dokter obstetri & ginekolog, dilansir dari Parents.com.

Aika pembuahan nir terjadi sehabis telur dilepaskan, maka dinding rahim akan meluruh & hal ini dikenal menjadi memakai menstruasi. Biasanya, dinding rahim akan meluruh sekitar 14 hari kemudian sehabis telur dilepaskan. Jadi, telur yg nir dibuahi akan membutuhkan sekitar beberapa hari buat menyebabkan menstruasi. Pada dikala ini (antara telur sudah dilepaskan hingga menstruasi), Enda mengalami masa nir fertile.

Sederhananya, masa nir fertile Enda artinya hari yg nir termasuk masa fertile Enda. Misalnya, apabila berdasarkan perhitungan kalender (mirip model dalam atas) masa fertile Enda berlangsung dalam hari ke 7-18 sehabis hari pertama menstruasi, maka masa nir fertile Enda artinya hari selain hari tadi dalam daur menstruasi (mulai dari hari ke 19 & seterusnya hingga Enda menstruasi lagi).

Kemungkinan Enda hamil dalam dikala hari pertama menstruasi artinya hampir nol %. Beberapa hari setelahnya, mungkin masih adalah masa nir fertile Enda. Tapi jangan keliru, kemungkinan Enda buat hamil masih terbuka, walaupun kemungkinannya rendah. Kembali lagi, nir terdapat yg memahami kapan ovulasi terjadi.

Setelah sel telur nir dibuahi & meluruh (menstruasi), tubuh Enda kemudian akan mempersiapkan diri buat melepaskan sel telur lagi. Sehingga, masa fertile Enda kemudian akan balik  lagi & peluang Enda buat hamil semakin tinggi lagi.

Sumber: New Health Advisor.

Berhubungan seks dikala menstruasi, apakah bisa hamil?

Menstruasi terjadi dikala sel telur nir dibuahi sang sperma. Menstruasi adalah peluruhan dinding rahim (membran dalam rahim) yg terjadi hampir setiap bulan. Umumnya, menstruasi berlangsung antara 3 hingga tujuh hari.

Pada hari ketiga menstruasi, kadar hormon progesteron & estrogen akan semakin tinggi. Hormon-hormon ini berfungsi buat membantu membentuk dinding rahim balik . Sekitar hari keempat menstruasi, folikel hampir matang, artinya indung telur sudah siap melepaskan sel telur balik  buat menstruasi berikutnya. Ketika sel telur dilepaskan, artinya Enda sudah memasuki masa fertile lagi & berpeluang buat hamil.

Tidak seluruh perempuan memiliki daur menstruasi selama 28 hari & mengalaminya secara teratur. Enda mungkin pernah mengalami dikala dalam mana daur menstruasi Enda nir teratur. Hal ini memproduksi peluang Enda buat hamil sehabis menstruasi menjadi sulit buat ditebak.

Aika Enda mengalami menstruasi selama tujuh hari & melakukan interaksi seksual dalam hari ke 7 tadi, & kemudian sel telur Enda dilepaskan (ovulasi) 3 hari kemudian, Enda bisa saja mengalami pembuahan & hamil. Ingat, sperma bisa bertahan hayati menunggu bertemu memakai sel telur selama lima hari dalam tubuh Enda. Jadi, peluang Enda buat hamil terdapat apabila Enda berafiliasi seksual dikala menstruasi.

Aika Enda ingin memahami apakah Enda hamil sehabis melakukan interaksi seksual, usahakan periksakan ke dokter. Atau, Enda jua bisa periksa kehamilan sendiri dalam tempat tinggal memakai test pack beberapa minggu sehabis Enda berafiliasi seksual atau dikala Enda merasa telat menstruasi. Gejala-membuktikan-membuktikan kehamilan, mirip mual & muntah, mungkin sudah terdapat beberapa minggu dalam awal kehamilan Enda.

Tips cara cepat hamil

Mengetahui kapan kira-kira tubuh perempuan mengeluarkan sel telur adalah cara yg sempurna buat cepat hamil. Namun sayangnya, nir terdapat yg memahami kapan tepatnya ovulasi terjadi. Untuk itu, Enda perlu berusaha melakukan poly cara cepat hamil.

Beberapa cara cepat hamil yg bisa Enda lakukan artinya:

1. Konsultasi memakai dokter kandungan beserta pasangan Enda

Konsultasi memakai dokter kandungan bisa membantu Enda mengetahui apakah Enda sedang dalam syarat terbaik buat hamil. Selain itu, dokter bisa menyarankan apa saja yg perlu Enda lakukan agar cepat hamil.

2. Mengubah pola hayati Enda menjadi lebih sehat

Sebelum hamil, Enda butuh menyiapkan tubuh Enda dalam syarat terbaik. Untuk itu, perubahan gaya hayati mungkin perlu Enda lakukan, mirip menjauhi asap rokok, berhenti minum alkohol, melakukan olahraga teratur, mencapai berat badan normal, & yg paling krusial artinya cukupi kebutuhan nutrisi krusial sebelum hamil (mirip asam folat).

Hal ini nir hanya disarankan buat calon bunda hamil, akan namun jua calon ayah. Pola hayati sehat krusial diterapkan buat menjaga kualitas & kuantitas sperma, menjadi akibatnya simpel buat membuahi sel telur.

3. Cari memahami kira-kira kapan ovulasi (divestasi sel telur) terjadi

Seperti yg sudah dijelaskan, masa sekitar ovulasi adalah masa fertile perempuan. Di mana, peluang Enda buat hamil sangat akbar kontemporer. Untuk itu, Enda perlu memahami daur menstruasi Enda buat memperkirakan kapan ovulasi terjadi.

4. Melakukan interaksi seksual secara teratur

Setelah Enda mengetahui kapan kira-kira ovulasi terjadi, maka lebih simpel bagi Enda buat merencanakan kapan wajib berafiliasi seksual agar sel telur sempurna bertemu memakai sperma & terjadi pembuahan. Lakukan interaksi seksual secara teratur (setiap 2 hingga 3 hari sekali) dikala masa fertile, terutama dalam masa paling fertile.

Aika Enda nir konfiden kapan masa fertile perempuan terjadi, Enda mungkin bisa melakukan interaksi seks lebih seringkali, setiap hari selama minggu ke 2 & ketiga sehabis menstruasi terakhir. (Tips: jangan hingga menunggu usang buat berafiliasi seksual hingga masa fertile, hal ini mungkin akan menyebabkan penumpukan sperma mangkat dalam air mani.)

lima. Hindari stres, lakukan memakai kalem & hening

Beberapa pasangan mungkin terdapat yg hingga stres buat bisa mencapai kehamilan. Hal ini tentu jelek. Stres hanya akan memproduksi kehamilan lebih sulit buat dicapai. Sebaiknya, jangan terlalu memikirkan berafiliasi seks buat cepat hamil, ini mungkin akan memproduksi beban tersendiri buat Enda & pasangan.
loading...

0 komentar untuk Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil