Cara Efektif Menidurkan Bayi Dengan Metode Fading

Cara Efektif Menidurkan Bayi Dengan Metode Fading
Bayi yang rewel memang membuat Knda para orangtua kalang kabut. Mau tidak mau orangtua akan berada pada samping bayi sampai dia tertidur lelap. Mengenai cara menidurkan bayi, banyak yang mampu dilakukan supaya orangtua mampu terbebas berasal rewel bayi menjelang tidur. Ya, waktu tidur bayi yang rewel mampu dilatih bareng melakukan metode pribadi. Cara menidurkan bayi yang mampu dipergunakan salah satunya bareng metode fading atau menjauh secara bertahap. 

Apa itu metode fading?

Dalam metode fading, orangtua secara bertahap mengurangi kiprah mereka untuk menemani bayi tidur bareng cara duduk pada dekat bayi sampai dia tertidur, & secara perlahan berkecimpung menjauh berasal daerah tidur bayi setiap malam. Pendekatan metode fading lainnya merupakan memeriksa bayi & meyakinkannya (tanpa menggendongnya) setiap lima menit sampai dia tertidur.

Bagaimana cara melakukan metode fading?

Untuk melakukannya, letakkan bayi Knda dalam boks bayi atau daerah tidur, tepuk-tepuk punggung atau bagian tubuhnya sampai bayi merasa nyaman. Posisikan diri Knda sedikit jauh berasal jangkauan bayi, mampu pada dekat pintu atau pada pinggir kasur, & mulai tinggalkan ruangan perlahan. Cek bayi setiap lima menit sekali, Knda mampu kembali sebentar untuk memeriksa  kondisi atau posisi bayi apakah rewel atau tidak.

Beberapa pakar berkata tidak apa-apa untuk menepuk-nepuk bayi Knda sampai bayi merasa nyaman. Sementara pendapat lain menyarankan untuk berbicara secara lembut & halus pada bayi & berkata jika saat ini merupakan waktu tidurnya. Lakukan secara bersiklus & konsisten. Buat target pada mana dalam 2 minggu Knda harus mampu hanya meninggalkan ruangan setelah berkata selamat malam. Serta Knda tidak perlu harus menimang atau mendiamkan bayi yang rewel sampai mereka tertidur.

Tujuan metode fading

Metode fading sebenarnya bukan pelatihan tidur atau training untuk bayi Knda. Ini merupakan cara pendisiplinan anak untuk mengenal waktu tidurnya secara baik. Metode menjauh secara bertahap dilakukan supaya bayi terbiasa tidur tanpa harus adanya sosok orangtua yang menemani selama tidurnya. Metode ini pula dikenal sebagi metode pada mana orangtua menghilang secara perlahan berasal pandangan bayi, atau orangtua mampu tidur diluar ruangan yang berbeda bareng bayi.

Metode ini memerlukan waktu bertahap, tidak sekejap mampu berhasil. Maka itu para orangtua harus bersabar bareng kondisi & niatan pelatihan tidur untuk bayi ini.

Tujuan lainnya merupakan untuk memberikan bayi waktu untuk mencari cara untuk menenangkan dirinya sendiri. Asumsikan Knda sebagai menjadi pelatihnya, bukan pegangannya ketika tidur, ucap Kim West, seorang pekerja sosial sekaligus penulis The Sleep Ladys Good Night, Sleep Tight, yang menggeluti strategi metode fading. Metode ini mampu dilakukan untuk anak berusia lima bulan sampai anak usia pra sekolah.

Apa metode fading ini efektif?

Suatu penelitian studi jangka panjang menemukan bahwa cara tidur bayi yang diterapkan melalui metode fading lebih baik. Dampak  tingkat depresi bagi orangtua mereka pula lebih rendah. Tiap bayi memiliki karakter & metode yang diaplikasikan secara bhineka, maka tidak semua bayi mampu berhasil bareng metode fading ini.

Peran Knda sebagai orangtua sangat penting dalam menerapkan & mengadaptasikan pola tidur & rutinitas keseharian yang sehat untuk masing-masing anak. Disesuaikan bareng kebutuhan & usianya.

BACA JUGA:

7 Langkah Agar Bayi Cepat Tidur pada Malam Hari
Tidur Dengan Bantal Berbahaya Bagi Bayi
8 Alasan Bayi Menarik Puting Ibu Saat Menyusu
loading...

0 komentar untuk Cara Efektif Menidurkan Bayi Dengan Metode Fading