Mengenal Tes SGOT dan SGPT Bagi Pasien Gangguan Fungsi Hati

Mengenal Tes SGOT
Salah satu investigasi medis yg dilakukan ketika Knda dicurigai mengalami gangguan fungsi hati artinya bareng tes darah SGOT & SGPT. Sebenarnya, apa itu SGOT & SGPT? Apa artinya jika implikasi tes SGOT dan SGPT nir normal?

Apa itu sebenarnya SGOT & SGPT?

SGOT (serum glutamic oxaloacetic transaminase) artinya enzim yg umumnya ditemukan dalam hati (liver), jantung, otot, ginjal, hingga otak. Sementara, SGPT (serum glutamic pyruvic transaminase) artinya enzim yg paling poly masih terdapat dalam dalam hati, meski begitu dalam beberapa organ lain terdapat, akan namun dalam jumlah yg sedikit. Kedua enzim ini memiliki tugas yg sama, yaitu membantu mencerna protein dalam tubuh.

Pemeriksaan SGOT dan SGPT akan dilakukan bareng cara merogoh sampel darah pasien. Pada orang yg sehat, ke 2 enzim ini umumnya akan terlihat normal. Batas normal yg seharusnya dimiliki yaitu:

SGOT: lima-40 /L (mikro per liter)
SGPT: 7-56 /L (mikro per liter)

Akan namun, batas normal berdasarkan nomor SGOT dan SGPT bhineka. Hal ini tergantung dalam bagaimana teknik & mekanisme yg terdapat ketika implikasi tes darah ini diteliti. Untuk mengetahuinya, Knda bisa melihat nomor normal yg umumnya tertera dalam implikasi tes darah Knda. Dari implikasi tadi, umumnya laboratorium akan memberitahukan nomor batas normal yg digunakan dan apakah SGOT & SGPT Knda normal.

Apa yg terjadi ketika implikasi SGOT & SGPT tinggi?

Dalam keadaan normal, SGOT & SGPT berada dalam dalam sel-sel organ, terutama sel hati. Nah, ketika organ, misalnya hati, mengalami kerusakan, maka ke 2 enzim ini akan keluar berdasarkan sel & lalu masuk ke dalam pembuluh darah. Hal ini yg membuat implikasi SGOT & SGPT semakin tinggi dalam dalam tubuh.

SGOT nir berada dalam dalam organ hati saja, jadi ketika kadar enzim ini semakin tinggi, buka berarti masalahnya masih terdapat dalam hati Knda. Hal yg sama ketika SGPT semakin tinggi meskipun enzim ini paling poly ditemukan dalam hati.

Namun, jika dalam tes darah diketahui keduanya memang semakin tinggi & nir normal, maka kemungkinan akbar Knda mengalami gangguan fungsi hati. Jila memang terdapat gangguan dalam hati Knda, umumnya akan dilakukan tes darah lainnya yg terkait bareng fungsi hati, misalnya:

Tingkat albumin, mengecek apakah taraf albumin (protein) tubuh normal atau nir
Bilirubin, mengetes apakah zat kuning dalam darah (bilirubin) normal atau nir
Tes waktu protombin, yaitu melihat waktu yg diperlukan tubuh dalam pembekuan darah

Apa yg bisa membuahkan nilai SGOT & SGPT semakin tinggi?

Banyak hal yg bisa membuahkan nilai SGOT & SGPT Knda tinggi, akan namun berikut artinya penyebab yg paling awam:

Sedang mengonsumsi obat-obat langsung, misalnya statin yg berfungsi buat mengendalikan kolesterol
Mengonsumsi alkohol
Mengalami hepatitis B
Mengalami hepatitis C
Sirosis

Gangguan kesehatan lain yg bisa membuahkan syarat ini, yaitu:

Hepatitis yg ditimbulkan autoimun
Penyakit celiac
Kelebihan zat besi dalam tubuh
Irritable bowel syndrome
Gangguan fungsi tiroid

Jila Knda memang mengalami peningkatan ke 2 enzim tadi, usahakan segera periksakan diri ke dokter.
loading...

0 komentar untuk Mengenal Tes SGOT dan SGPT Bagi Pasien Gangguan Fungsi Hati