Makanan yang Harus Dihindari Saat Anak Sembelit

Makanan yang Harus Dihindari Saat Anak Sembelit
Anak usia balita acapkali mengalami sembelit atau konstipasi. Hal ini berakibat anak merasa tidak nyaman dan dapat jadi nafsu makan anak berkurang. Sembelit terjadi saat anak buang air akbar kurang berasal 3 kali dalam seminggu, dan juga feses anak keras, kering, dan lebih akbar.

Sembelit pada anak umumnya disebabkan sang asupan makan anak yg kurang serat, kurang cairan, terlalu poly minum susu dan sporadis minum air, serta juga dapat disebabkan sang kurangnya aktivitas fisik atau kebiasaan anak yg acapkali menahan buang air akbar karena anak takut saat buang air akbar.

Sembelit yg tidak segera ditangani dapat membuatnya menjadi lebih buruk. Oleh karenanya, jikalau anak Anda sembelit, usahakan Anda berikan perawatan, dapat dimulai berasal asupan makanannya.

Makanan yg usahakan diberikan pada anak sembelit

Penyebab primer berasal sembelit umumnya merupakan kurang serat. Sehingga konsumsi kuliner berserat sangat dianjurkan pada anak sembelit. Berikut ini merupakan kuliner yg usahakan diberikan kepada anak saat sembelit.

Makanan berserat

Makanan berserat  dapat membantu anak Anda saat sembelit karena serat tidak dicerna sang tubuh dan juga dapat menyerap air menjadi akibatnya memudahkan konvoi usus untuk membuang sisa-sisa kuliner. Makanan berserat dapat ditemukan dalam sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan karbohidrat berserat lainnya, seperti tepung tepung terigu. Beberapa contohnya merupakan:

Sayuran: sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan lobak hijau, ubi, kentang.
Buah-buahan: apel, pir, kiwi, aprikot, mangga, buah berry (strawberry, raspberry, blueberry, blackberry).
Kacang-kacangan: kacang hijau, kacang merah, kacang almond, kenari.
Karbohidrat berserat tinggi: roti tepung tepung terigu, beras merah, beras hitam, oatmeal, quinoa.

Sedang sembelit atau tidak sembelit, usahakan penuhi kebutuhan serat anak Anda untuk melancarkan pencernaan. The American Dietetic Association merekomendasikan asupan serat per hari sebesar 20-35 gram, berasal jenis serat larut air juga yg tidak larut air.

Banyak minum

Minum, terutama minum air putih yg poly dapat membantu menyembuhkan sembelit pada anak Anda. Air dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan dan konvoi usus anak Anda. Air juga diperlukan untuk menghasilkan feses lebih bervolume dan lunak, menjadi akibatnya lebih gampang untuk dikeluarkan. Dorong anak untuk minum air putih setidaknya 8-10 gelas dalam sehari. Air putih juga dapat menghasilkan tubuh anak lebih sehat.

Anda juga dapat memberikan anak Anda jus buah, selain mengandung air juga mengandung serat. Namun, batasi konsumsi jus sebanyak atau gelas saja per hari agar anak Anda terhindar berasal gigi berlubang atau terganggunya nafsu makan.

Sebagai tambahan untuk membantu melancarkan buang air akbar, usahakan juga dorong anak Anda untuk lebih poly melakukan aktivitas, seperti berjalan. Ini dapat membantu darah mengalir dengan lancar ke semua organ yg masih timbul dalam tubuh anak. Bika anak takut untuk buang air akbar menjadi akibatnya ia menahannya, usahakan ajarkan ia untuk memakai toilet secara perlahan sampai ia siap dan dapat untuk menggunakannya sendiri, jangan paksa anak. Temani, bantu, dan ajarkan anak untuk memakai toilet dengan tabah, memarahi anak justru dapat menghasilkan anak semakin takut.

Makanan yg usahakan dihindari pada anak sembelit

Bika anak membutuhkan serat untuk melancarkan buang air besarnya, maka kuliner yg wajib dihindari saat sembelit merupakan yg mengandung sedikit serat atau yg tidak mengandung serat sama sekali, seperti:

Keripik, biskuit, wafer, dan kuliner ringan lainnya
Makanan fast food yg poly mengandung lemak
Makanan olahan, seperti sosis, bakso, pizza, dan lainnya
Daging

Makanan yg mengandung minyak dan lemak poly, seperti kentang goreng, ayam goreng, donat, dan lainnya seperti yg masih timbul dalam restoran fast food cenderung menghasilkan pencernaan anak Anda berkecimpung lebih lambat, menjadi akibatnya dapat berakibat sembelit. Sebaiknya berikan anak kuliner yg dimasak dengan cara dikukus atau direbus saat anak sedang sembelit.

Sebaiknya juga tidak memberikan kuliner yg memiliki dampak mengikat, seperti pisang, wortel yg telah dimasak, susu dan produk susu, seperti keju, yogurt, dan es krim. Kandungan lemak yg tinggi dan serat yg lebih rendah pada susu dan produk susu menghasilkan buang air akbar pada anak Anda menjadi tidak lancar. Namun, Anda masih boleh memberikan susu pada anak Anda, akan tetapi usahakan dibatasi cukup 2 gelas saja per hari.
loading...

0 komentar untuk Makanan yang Harus Dihindari Saat Anak Sembelit