Cara Memijat Payudara untuk Lancarkan ASI

Cara Memijat Payudara untuk Lancarkan ASI
Setelah melahirkan, banyak wanita merasa takut kalau hibahair susu bunda (ASI) pada si buah hati tidak lancar. Memang ada banyak hal yang bisa mengganggu produksi ASI Anda. Beberapa pada antaranya artinya kurang istirahat, stres, kondisi kesehatan yang kurang baik, impak samping obat-obatan, atau pola makan yang tidak seimbang.

Untungnya, ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk memperlancar produksi ASI. Anda mungkin pernah dengar bahwa memompa ASI bisa meningkatkan air susu. Ternyata, pada samping itu ada pula cara yang praktis sekaligus bisa menyampaikan impak relaksasi yang nyaman bagi bunda menyusui. Cara tersebut artinya pijat payudara (pula dikenal dengan kata pijat laktasi). Memijat payudara untuk melancarkan ASI bisa dimulai beberapa hari atau beberapa minggu selesainya melahirkan. Yuk, simak serba-serbi pijat payudara untuk bunda menyusui berikut ini.

Mengapa bunda menyusui perlu memijat payudara?

Pijat payudara bisa membantu peredaran darah & ASI pada bunda menyusui. Ketika dipijat, saluran ASI akan jadi lebih lancar. Ini sebab kelenjar susu yang tersumbat atau menggumpal akan pelan-pelan terurai. ASI pun bisa keluar dengan praktis. Kalau produksi ASI Anda lancar, payudara akan terpicu untuk menghasilkan lebih banyak ASI lagi. Maka, bunda menyusui yang punya kasus dengan produksi ASI bisa mencoba pijat payudara ini.

BACA JUGA: Payudara Kendur Setelah Menyusui, Kenapa Bisa?

Selain melancarkan ASI, pijat payudara pula ampuh untuk mencegah & meredakan pembengkakan atau mastitis yang biasanya terjadi ketika menyusui. Memijat payudara pula bisa membantu Anda merasa lebih rileks & nyaman. Dengan begitu, pikiran jadi lebih tenang & Anda bisa beristirahat dengan baik. Anda pun dapat terhindar dari kasus ASI tersumbat sebab stres atau kurang tidur.

Sebelum menjalani pijat payudara

Pijat payudara bisa dilakukan sendiri pada rumah setiap hari. Pilih waktu yang senggang agar Anda merasa rileks & tidak terburu-buru. Sebaiknya pijat payudara pula dilakukan beberapa saat sebelum menyusui buah hati atau memompa ASI.

BACA JUGA: Pilih Pompa ASI Manual Atau Elektrik? Ini Perbandingannya

Sebelum memijat, cuci dulu ke 2 tangan Anda sampai bersih. Kemudian, siapkan minyak pijat yang safety & tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia berbahaya. Hindari losion atau minyak pijat yang mengandung pewangi atau pewarna tambahan. Pilihan yang paling tepat artinya minyak zaitun, minyak kelapa, atau baby oil. Anda pula bisa memakai minyak spesifik pijat laktasi yang tersedia pada toko atau apotek terdekat. Jangan pribadi mengoleskannya pada payudara. Tuang dulu secukupnya pada telapak tangan & gosokkan ke 2 tangan Anda hingga minyaknya merata. Sekarang, Anda telah siap melakukan pijat payudara untuk melancarkan ASI.

BACA JUGA: 9 Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Bayi

Cara memijat payudara

Memijat payudara Anda sendiri tidak terlalu rumit. Cukup ikuti langkah-langkah praktis pada bawah ini. Setelah itu, Anda bisa mengatakan salam perpisahan pada berbagai kasus laktasi selesainya melahirkan.

Sambil berdiri pada hadapan cermin, angkat satu sisi payudara dengan tangan kiri & tahan permukaan payudara dengan tangan kanan.
Gerakkan ke 2 tangan maju mundur dengan lembut, apabila tangan kanan ke arah kiri, maka tangan kiri bergerak ke kanan. Ulangi gerakan ini sampai 20 kali & ganti ke sisi payudara yang lain.
Posisikan ke 2 telapak tangan pada sisi salah satu payudara. Dengan lembut, gerakkan ke 2 tangan naik turun, apabila tangan kanan ke atas, maka tangan kiri ke bawah. Ulangi gerakan ini sampai 20 kali & ganti ke sisi payudara yang lain.
Angkat satu sisi payudara dengan tangan kiri. Dengan tiga atau empat jemari tangan kanan Anda, buat gerakan melingkar pada atas puting susu sebesar 20 kali.
Masih dengan posisi yang sama, buat gerakan melingkar pada sekitar puting susu sebesar 20 kali.
Dengan jari-jari ke 2 tangan Anda, urut payudara perlahan-huma dari bagian luar (pada samping payudara, yaitu pada bawah ketiak & belahan dada) menuju ke puting susu. Ulangi sebesar 10 kali & ganti ke sisi payudara yang lain.
Dengan ujung bunda jari & telunjuk, puntir pelan-pelan puting susu pada masing-masing payudara.
Air susu mungkin akan keluar selesainya melakukan pijat payudara. Anda bisa pribadi memompa ASI atau membersihkan dulu payudara dari sisa-sisa minyak pijat, baru kemudian menyusui anak.

BACA JUGA: Mengatasi Puting Susu Lecet Pada Ibu Menyusui
loading...

0 komentar untuk Cara Memijat Payudara untuk Lancarkan ASI