Cara Bicara Ortu ke Anak Ternyata Sangat Memengaruhi Perkembangannya

Cara Bicara Ortu
Komunikasi yang efektif selalu ditemukan dalam famili yang memiliki interaksi orangtua dengan anak yang kuat. Bahkan, hal ini sangat memengaruhi kualitas kedekatan famili. Kualitas komunikasi orangtua serta anak memengaruhi perkembangan mereka. Karena itu, orangtua perlu menumbuhkan sikap yang tepat serta mempelajari keterampilan komunikasi yang efektif untuk menguatkan interaksi antara orangtua serta anak.

Cara bicara orangtua dengan anak pula perlu diperhatikan. Apakah suara Enda terdengar sabar, lembut, serta penuh kasih? Aika jawabannya tidak, pikirkan lagi apa yang bisa Enda lakukan untuk mengubahnya. Pasalnya, cara bicara orangtua dengan anak itu penting.

Mengapa cara bicara yang positif antara orangtua dengan anak penting?

1. Cara bicara yang positif akan membantu anak supaya lebih menurut

Bicara dengan nada serta istilah yang lembut cenderung akan lebih didengarkan oleh anak Enda. Tentunya tidak terdapat orang yang suka jikalau diajak bicara dengan nada yang tinggi serta istilah yang terkesan kasar atau negatif. Begitu pula dengan anak Enda. Bicaralah dengan lembut ke anak Enda.

Bahkan jikalau anak Enda melakukan kesalahan serta Enda perlu memberi pesan implisit, suara yang lembut serta tegas akan lebih mendapat perhatian dari anak Enda. Anak akan lebih mendengarkan nada bicara yang seperti itu.

dua. Bicara kasar justru menumbuhkan sikap negatif

Jila Enda berteriak, membentak, atau berbicara dengan kasar pada anak Enda, Enda cenderung tidak mendapatkan hasil yang baik. Bahkan tindakan ini akan merusak interaksi kedekatan orangtua dengan anak.

Penelitian menunjukkan bahwa teriakan pada anak sama buruknya dengan pukulan. Anak Enda tentu akan tetap mendengarkan, tapi mendengarkan karena dia takut. Biasanya tindakan yang seperti ini membuat anak jadi tidak jujur pada orangtua karena takut dimarahi atau dipukul.

Aika Enda ingin anak Enda mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatur tingkah lakunya sendiri, bicaralah dengan baik serta jelas pada anak Enda.

3. Anak belajar dari perilaku orangtuanya

Cara bicara orangtua dengan anak sangat penting karena anak belajar berperilaku dengan meniru orangtuanya sendiri. Bagaimana tidak, dari awal kelahirannya, anak belum bisa bicara serta mengetahui bagaimana perilaku yang baik serta tidak.

Jadi anak akan mengikuti apa yang dia lihat secara langsung. Oleh karenanya, bicaralah dengan sopan serta baik dengan anak serta dengan orang-orang pada sekitar Enda. Anak pun akan meniru perilaku ini hingga dewasa kelak.

4. Enda akan memiliki interaksi yang lebih kuat dengan anak

Jila Enda memperlakukan anak Enda dengan hormat serta baik hati, ini akan memperkuat ikatan Enda dengan buah hati. Anak akan bersikap lebih terbuka pada Enda. Ucapkan terima kasih serta tolong saat bicara dengan anak Enda, serta beri penjelasan bahwa Enda mengharapkan dia melakukan hal yang sama. Memberi masukan satu sama lain dengan sopan santun serta hormat akan membuat interaksi Enda semakin dekat.

Sedangkan kalau selama ini cara bicara Enda cenderung kasar atau dingin, anak pun belajar untuk membangun jeda serta pertahanan terhadap diri Enda. Anak justru akan melihat Enda sebagai ancaman yang tidak bisa dipercaya, bukan sosok yang penuh kasih serta melindungi.
loading...

0 komentar untuk Cara Bicara Ortu ke Anak Ternyata Sangat Memengaruhi Perkembangannya