Bolehkah Mencampurkan ASI dan Susu Formula Dalam Satu Botol

Bolehkah Mencampurkan ASI dan Susu Formula Dalam Satu Botol
Banyak mak yang mencoba mencampur ASI serta susu formula dalam botol buat anak menyusu. Alasannya, bareng cara ini mak bisa memaksimalkan asupan nutrisi bagi sang bayi. Namun, apakah cara ini betul baik?

Kapan wajib kasih susu formula buat anak? 

ASI artinya masakan satu-satunya masakan yang paling baik bagi bayi hingga beliau berusia 6 bulan. Setelah 6 bulan, beliau mulai membutuhkan gizi yang lebih, karenanya Knda sudah boleh memberikannya masakan pendamping ASI.

Jadi, usahakan Knda nir memberikan susu formula atau masakan serta minuman lain selain ASI sebelum beliau berusia 6 bulan. Pasalnya, semua kebutuhan bayi sudah bisa tercukupi hanya bareng ASI. ASI jua nir akan menyebabkan masalah kepada pencernaannya yang masih berkembang. 

Lain ceritanya jikalau si mini sudah lewat usia 6 bulan. Maka, susu formula boleh menjadi pertimbangan Knda menjadi pilihan masakan pendamping ASI. Di masa ini si mini sudah mulai bisa mencerna masakan selain ASI, serta kebutuhan nutrisinya jua semakin semakin tinggi.

Namun, sebenarnya bila memang ASI Knda masih mencukupi kebutuhan si mini meski beliau sudah berusia lebih dari 6 bulan, maka lebih baik andalkan ASI saja ketimbang susu formula. Idealnya, bagi bayi yang berusia antara 6-12 bulan, maka 70 persen kebutuhan kalorinya masih dihasilkan dari ASI ataupun susu formula serta 30 persennya dari masakan pendamping ASI.

Apakah boleh mencampurkan ASI serta susu formula dalam satu botol?

Jila Knda memang ingin memberikan anak susu formula menjadi MPASInya, usahakan jangan dicampur dalam satu botol buat satu kali sesi menyusu. Berikanlah sufor botol kepada waktu yang tidak sama, misalnya sufor kepada pagi hari serta siangnya menyusu ASI.

Hal ini ditujukan agar ASI permanen menjadi masakan primer bagi si mini.  Terlebih jikalau Knda mencampur ASI serta susu formula, maka produksi ASI Knda akan nir aporisma. Padahal Knda masih bisa buat memberikan banyak porsi ASI buat bayi Knda.

Lama-kelamaan, mungkin jumlah ASI akan berkurang karena produksinya nir dimaksimalkan. Jadi, usahakan berikan dalam waktu serta daerah yang tidak sama.

Selain itu, hingga saat ini belum muncul bukti ilmiah yang menyatakan bahwa mencampur ASI serta susu formula dalam satu botol bisa meningkatkan nutrisinya.

Manfaat hadiahASI lanjutan selesainya bayi berusia 6 bulan

Intinya, bila Knda bisa terus memaksimalkan produksi ASI Knda buat si mini hingga beliau berusia dua tahun, maka usahakan permanen utamakan ASI. Ya, selain lebih murah, muncul banyak manfaat yang si mini serta Knda dapatkan jikalau melanjutkan hadiahASI hingga si mini berusia dua tahun, mirip:

Memastikan kebutuhan gizi bayi tercukupi. ASI masih menjadi masakan yang baik buat si mini, meskipun beliau sudah mengonsumsi masakan padat. Dengan memberikannya ASI, maka kebutuhan nutrisinya bisa tercukupi.
Mencegah bayi terserang banyak sekali penyakit. ASI mengandung zat antibodi mak yang bisa menciptakan bayi lebih kebal terhadap penyakit.
Kesehatan mak jua jadi lebih baik. Tak hanya bayi, mak jua mendapatkan manfaat dari hadiahASI lanjutan. Hal ini bisa mencegah risiko kanker payudara, kanker ovarium, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, serta diabetes.
Ikatan antara mak serta anak menjadi lebih kuat. Pemberian ASI tidak hanya berguna bagi kesehatan fisik saja, akan akan tetapi bagi ikatan mak serta bayi. Ikatan mak serta bayi bisa semakin kuat bila ASI terus dilanjutkan hingga beliau berusia dua tahun.
loading...

0 komentar untuk Bolehkah Mencampurkan ASI dan Susu Formula Dalam Satu Botol