Cara Mengobati Sakit Kepala Migrain Pada Anak

Cara Mengobati Sakit Kepala Migrain Pada Anak
Sakit kepala bukan cuma masalah orang dewasa. Migrain artinya pola sakit kepala akut dan berulang yang paling umum dialami oleh anak-anak. Pada anak usia dini dan sebelum puber, migrain lebih acapkali terjadi pada anak laki-laki. Pada masa remaja, migrain lebih banyak memengaruhi anak perempuan. Sebagai orang dewasa, wanita tiga kali lebih mungkin untuk menderita migrain dibanding pria dewasa.

Anda mungkin khawatir bahwa migrain anak artinya tanda masalah yang lebih serius, seperti tumor otak, tapi ini tidak berlaku untuk sebagian besar kasus sakit kepala anak-anak. Meski sekitar setengah dari anak-anak yang memiliki migrain akan terus mengalami keluhan ini ketika mereka dewasa, migrain bukanlah suatu gangguan serius atau mengancam jiwa.

Anda dapat melacak gejala migrain anak dan menemukan pengobatannya di sini, sehingga Anda bisa membantu anak untuk merasa lebih baik.

Apa saja gejala migrain anak?

Gejala migrain anak sedikit berbeda daripada orang dewasa. Berikut penjelasannya:

Nyeri kepala acapkali memengaruhi seluruh kepala bukan hanya satu sisi, tapi mungkin sakit terasa lebih terpusat di salah satu sisi; sakitnya berdenyut atau tumpul; agresi lebih pendek-pendek, kadang berlangsung kurang dari 1 jam, acapkali membaik dalam dua-empat jam; sakit kepala mungkin bertambah buruk jika anak melakukan aktivitas ringan sekalipun.
Sakit kepala mungkin hilang, tapi anak mungkin merasa tidak enak badan atau sakit dan ini mungkin lebih buruk daripada sakit kepalanya. Kadang, keluhan tidak enak badan menjadi pertanda akhir dari agresi migrain anak dan bisa membawa kelegaan.
Mengeluhkan sakit perut tanpa sakit kepala
Sering, mabuk kendaraan artinya indikasi migrain anak
Sakit kepala bisa datang sangat tiba-tiba, dan anak mungkin merasakan sakit parah dalam waktu kurang dari 15 menit
Lemah, lesu
Penglihatan terganggu, muncul aura migrain
Sensitif terhadap cahaya dan suara
Kepala berkunang seperti ruangan berputar; mual, muntah; terlihat pucat
Kurang nafsu makan
Kelopak mata terkulai dan pupil melebar terkait dengan migrain oftalmoplegia
Kelemahan tubuh hanya di satu sisi (mirip stroke) terkait dengan migrain hemiplegia
Beberapa sindrom sakit umum pada bayi, seperti muntah-muntah untuk beberapa jam, gelisah mengubah-ubah posisi kepala saat berbaring miring, keluhan pusing, dan kolik bisa menjadi prediktor migrain di kehidupan dewasanya nanti.

Gejala migrain anak bervariasi dari satu anak ke yang lainnya, dan bahkan dapat berbeda dari satu agresi ke yang berikutnya. Beberapa anak yang rentan terhadap migrain hanya menderita sakit kepala sesekali, yang lain mungkin memiliki agresi setiap minggu, anak lain mungkin menderita migrain hampir setiap hari. Demikian pula, beberapa anak menderita agresi setiap hari selama beberapa minggu, tapi kemudian tidak memiliki agresi lebih lanjut selama beberapa bulan. Anak-anak lain bisa mengalami migrain dalam bulanan atau mingguan yang hampir terpola rutin.

Apa penyebab migrain anak?

Kebanyakan anak mengalami sakit kepala karena penyakit, infeksi, atau demam. Migrain artinya cerita yang berbeda. Dokter tidak tahu persis apa yang menyebabkan migrain, meskipun mereka tahu bahwa migrain terkait dengan perubahan perubahan ukuran arteri di dalam dan di luar otak, serta struktur kimia dalam otak. Dalam banyak kasus, migrain anak merupakan kondisi turunan dalam keluarga. Jika salah satu orangtua memiliki riwayat migrain, anak memiliki kesempatan hingga 50% untuk mengembangkan migrain, dan jika kedua pihak orang tua memiliki riwayat migrain, risiko anak melonjak ke 75 persen.

Dalam banyak kasus migrain anak dan remaja, sakit kepala dipicu oleh faktor eksternal. Pemicu dapat bervariasi untuk setiap anak. Beberapa pemicu migrain umum termasuk:

Stres emosional: Penderita migrain umumnya sangat terpengaruh oleh peristiwa stres. Emosi yang ditimbulkan saat stres, seperti kecemasan, khawatir, dan kelelahan dapat meningkatkan ketegangan otot dan pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan keparahan sakit kepala migrain.
Pola tidur: Beberapa anak bisa mendapatkan migrain jika pola tidur mereka terganggu. Hal ini dapat mencakup memiliki terlalu acapkali tidur, serta kurang cukup tidur. Tetapkan jadwal bangun pagi dan tidur malam teratur dapat membantu menghindari agresi berkembang.
Pola makan: Melewatkan makan atau makan cemilan bergula bisa berkontribusi terhadap agresi migrain. Keduanya merendahkan kadar gula darah tubuh dan dapat menyebabkan migrain. Rutin makan tiga kali biasa dapat membantu.

Rutinitas harian: Bagi beberapa anak, latihan fisik secara tiba-tiba, seperti lari, dapat memicu agresi migrain. Cahaya silau dan berkedip dari layar komputer atau TV dapat memicu migrain. Berada di dalam ruangan dengan lampu terang dan/atau suara keras juga memicu migrain anak. Perubahan cuaca seperti hujan badai, angin kencang, atau perubahan ketinggian juga bisa memicu migrain.

Bagaimana cara mengobati migrain anak?

Tidak ada obat untuk migrain.Tujuan pengobatan artinya untuk mengendalikan gejala anak Anda saat ini dan mencegah migrain semakin parah.

Jika anak Anda mengalami migrain, ikuti langkah perawatan di bawah ini:

1. Kendalikan gejalanya

Jika migrain telah didiagnosis oleh dokter anak Anda, lakukan tindakan berikut.

Berikan ibuprofen atau paracetamol (jangan aspirin) untuk meredakan nyeri di tahap awal sakit kepala
Tempelkan kompres dingin pada dahi anak
Minta anak untuk mengambil napas dalam-dalam dan membuangnya perlahan
Baringkan anak dalam ruangan gelap yang sunyi dan dingin
Tidur, bahkan untuk sesedikit 15 menit membantu agresi migrain pergi.
Anak Anda mungkin menemukan bahwa makan makanan ringan bergizi dalam porsi kecil namun dikonsumsi berkala dapat membantu mengontrol agresi migrain. Selain itu juga perbanyak minum cairan
Banyak anak yang lebih rentan untuk mendapatkan migrain ketika mereka tidak merasa sehat karena alasan lain. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa migrain anak acapkali kambuh ketika mereka sedang pilek atau sakit perut. Mengobati kondisi yang mendasarinya dapat membantu mengendalikan migrain
Apa pun yang telah memicu migrain di masa lalu harus dihindari jika mungkin.

2. Pergi ke dokter

Pergi ke dokter, jika:

Sakit kepala kambuh lagi, bertambah parah setelah dirawat, atau bertahan lebih dari 12 jam
Sakit kepala migrain parah yang disertai demam, muntah-muntah, dan kekakuan leher
Kepala anak cedera sebelum mendapat sakit kepala
Anda merasa anak Anda tak terlihat baik atau kondisinya mengkhawatirkan

Dokter biasanya dapat membuat diagnosis migrain anak setelah hati-hati mendengarkan cerita dan memeriksa anak Anda. Untuk segelintir anak, serangkaian tes dapat dilakukan untuk menyingkirkan penyebab lain dari keluhan sakit kepalanya. Sebagian besar anak-anak tidak perlu tes apapun, dan tidak ada tes medis yang dapat membuktikan diagnosis migrain.

Untuk mengobati agresi migrain anak yang sangat acapkali, obat pencegahanini dapat diresepkan dokter: siproheptadin, propranolol, trisiklik atau calcium channel blockers.

3. Dapatkan bantuan medis

Hubungi bantuan medis darurat (118/119) atau segera kunjungi unit gawat darurat terdekat, jika:

Anda tidak dapat membangunkan anak Anda
Anak berbicara cadel, kebingungan, kelemahan di sekujur tangan atau kaki, kesulitan berjalan
Keluhan sakit kepala ini merupakan yang terburuk yang pernah dirasakan anak

Migrain anak bisa hilang secepat setahun setelah agresi pertama kali muncul, atau migrain mungkin menetap dalam hidup. Pengobatan membantu mayoritas anak-anak dan remaja dengan migrain. Lima puluh persen anak-anak dan remaja melaporkan peningkatan migrain dalam waktu 6 bulan setelah pengobatan. Sekitar 60 persen dari migrain yang muncul pertama kali saat remaja berlanjut kambuhan selama bertahun-tahun.
loading...

0 komentar untuk Cara Mengobati Sakit Kepala Migrain Pada Anak