Bolehkah Memberi Jus Buah Pada Bayi

Bolehkah Memberi Jus Buah Pada Bayi
Jus butir kaya akan banyak sekali vitamin, namun tidak memberikan manfaat nutrisi yang signifikan bagi bayi yang berusia kurang asal 6 bulan. Setelah 6 bulan, Anda dapat memberikan jus butir, tetapi dalam jumlah yang dibatasi. Dianjurkan untuk mengonsumsi butir segar daripada dalam bentuk jus, karena nutrisinya akan lebih berguna bagi tumbuh kembang anak. Kebutuhan gizi bagi tumbuh kembang anak Anda harus dinilai sebelum Anda mulai memberikan jus butir.

Kebutuhan nutrisi bayi

Pada tahun pertama masa tumbuh kembang, bayi membutuhkan ASI sebagai sumber utama asupan nutrisi. Pada enam bulan pertamanya, ASI (atau kalau ASI tidak memungkinkan, susu formula) harus dijadikan satu-satunya sumber makanan bagi bayi. Seiring bersama tumbuh kembang, bayi berusia 6 bulan ke atas akan sudah siap untuk menerima makanan padat pertamanya. Pastikan bayi Anda sudah bisa duduk serta menahan posisi kepala bersama mantap sebelum Anda mulai memberikan makanan padat.

Anda juga akan mulai memperhatikan minat si kecil terhadap makanan saat melihat Anda makan. Jangan memberikan jus butir sebelum usia 6 bulan. Selalu utamakan pemberian ASI eksklusif atau susu formula untuk bayi Anda.

Bagaimana cara memberikan jus butir?

Saat Anda memutuskan untuk memberikan jus butir, berikan hanya 100% jus butir orisinal. Perhatikan label komposisi jus siap minum, karena beberapa produk jus dalam kemasan mengandung gula tambahan atau perasa buatan untuk memperkaya rasa minuman. Saat usia 6 bulan, bayi Anda dapat mentolerir setidaknya 4 ons (120 ml) jus per harinya, tetapi tidak lebih. Saat bayi mengonsumsi terlalu banyak jus, kebiasaan ini akan menggantikan perolehan nutrisi penting asal ASI atau susu formula.

Jus butir mengandung gula alami, serta untuk mengurangi kadar gulanya, Anda dapat mengencerkannya bersama air putih. Perbandingan yang baik merupakan setengah gelas jus butir serta setengah gelas air putih.

Kapan anak saya siap minum jus butir?

Sebelum mulai memberikan jus butir, pastikan anak Anda sudah mantap menggenggam serta menggunakan gelas bayi (sippy cup). Jangan berikan jus menggunakan botol dot. Anda dapat mengenalkan sippy cup saat anak Anda berusia 6 bulan. Jika si kecil belum siap menggunakan sippy cup, tunda pemberian jus butir hingga ia dapat menggunakan sippy cup bersama baik.

Hal lain yang harus Anda perhatikan

Jus bukanlah pengganti ASI atau susu formula. Memberikan jus dalam porsi akbar akan mengurangi nafsu makan si kecil terhadap makanan bernutrisi untuk mendukung proses tumbuh kembangnya. Selain itu, jus butir mengandung gula alami yang berisiko tinggi untuk menyebabkan kerusakan gigi. Dianjurkan untuk memberikan jus hanya sebagai selingan saat waktu makan atau camilan. Konsumsi jus yang terlalu banya akan menyebabkan diare, kelebihan berat badan, serta ruam popok.
loading...

0 komentar untuk Bolehkah Memberi Jus Buah Pada Bayi