Bolehkah Ibu Tetap Menyusui Jika Menderita Penyakit Lupus

Bolehkah Ibu Tetap Menyusui Jika Menderita Penyakit Lupus
ASI artinya makanan terbaik bagi bayi yg baru lahir karena simpel dicerna dan mengandung aneka macam zat gizi yg diperlukan si kecil. Mungkin Anda sudah mengetahui hal ini dan ingin mengusahakan agar bayi Anda mendapatkan ASI eksklusif. Namun, bagi Anda yg memiliki penyakit lupus, Anda sudah mutlak memiliki kecemasan tersendiri akan hal ini.

Apakah Anda boleh memberikan ASI eksklusif meski memiliki penyakit lupus? Apa yg harus dilakukan penderita penyakit lupus ketika berencana menyusui anaknya?

Apakah ibu dengan penyakit lupus dapat menyusui dengan normal?

Penyakit lupus artinya gangguan sistem kekebalan tubuh (autoimun) yg membuat tubuh Anda tertipu dan menganggap jaringan normal tubuh menjadi musuh. Sehingga, pada orang yg mengalami lupus, organ yg sehat akan diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri dan membuat kerusakan jaringan.

Hal ini bisa menjadi masalah bagi ibu yg berencana buat memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Sebab, tubuh ibu rentan mengalami aneka macam peradangan imbas terserang sistem imun sendiri.

Namun, bukan berarti Anda tidak dapat menghasilkan ASI. Sama mirip ibu lainnya yg sehat, tentu Anda dapat memproduksi ASI dengan normal. Bahkan kuantitas dan kualitas ASI Anda tidak terdapat bedanya dengan ibu yg sehat hal ini juga tergantung dengan pola makan masing-masing ibu.

Apakah penyakit lupus bisa menular ke bayi melalui ASI?

Jika Anda pernah dengar larangan penderita lupus menyusui imbas risiko lupus akan ditularkan ke bayi melalui ASI, maka hal tadi tidak benar. Pasalnya, lupus tidak dapat dialirkan melalui ASI sampai membuat bayi mengalami lupus juga.

Memang lupus tidak bisa tertular melalui ASI, tetapi ASI Anda mungkin mengandung beberapa kandungan obat-obatan yg Anda konsumsi. Zat obat yg terkandung di dalam ASI, bisa saja membahayakan kesehatan si bayi.

Namun jangan khawatir, alasannya adalah jumlah kandungan obat yg dipindahkan melalui ASI tidak terlalu banyak. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yg berasal dari Duke University membuktikan bahwa obat-obatan yg dikonsumsi oleh penderita lupus pada biasanya cukup aman bagi bayi. Penelitian ini menyatakan bahwa obat-obatan yg aman bagi ibu yg sedang menyusui yaitu:

Hydroxychloroquine
Azathioprine
Methotrexate
Prednisone

Yang harus dipertimbangkan sebelum menyusui seandainya Anda mengidap penyakit lupus

Apabila Anda merencanakan buat menyusui dan memberikan bayi Anda ASI eksklusif, maka terdapat beberapa hal yg harus Anda perhatikan, agar kualitas dan kuantitas ASI yg Anda hasilkan tetap baik, yaitu:

Kondisi kesehatan Anda

Setelah melahirkan, salah satu tanda-tanda yg mungkin Anda rasakan artinya ruam-ruam pada kulit dan rasa lelah yg sangat tidak baik. Tentu, syarat ini menjadi tantangan Anda di minggu-minggu pertama dalam memberikan bayi ASI. Oleh karena itu, Anda harus menjaga pola makan dan pastikan makanan yg Anda makan cukup bisa dijadikan energi bagi tubuh.

Obat-obatan yg Anda konsumsi

Memang secara umum obat yg dikonsumsi penderita lupus aman bagi bayi, tetapi lebih baik seandainya Anda ungkapkan pada dokter Anda mengenai agenda menyusui yg akan Anda lakukan. Sehingga dokter Anda akan menyesuaikan obat yg harus Anda konsumsi.

Kondisi kesehatan bayi

Sebagian akbar bayi yg lahir dari ibu dengan lupus dilahirkan secara prematur. Tentu syarat ini akan menyulitkan Anda buat memberikan ASI pada si bayi. Bayi yg prematur akan sulit menyedot ASI langsung dari puting si ibu, oleh karena itu Anda bisa memompa ASI dan menyimpannya pada botol susu. Hal ini memudahkan si bayi buat meminum susu, karena menyedot dari botol susu lebih simpel ketimbang dari puting ibu.
loading...

0 komentar untuk Bolehkah Ibu Tetap Menyusui Jika Menderita Penyakit Lupus