Cara Mengetahui Jika Anda Mengidap Mata Malas

Cara Mengetahui Jika Anda Mengidap Mata Malas
Mata malas ialah kondisi yang paling acapkali terjadi saat masih anak-anak. Mayo Clinic mencatat bahwa keadaan ini merupakan penyebab utama dari gangguan penglihatan pada anak. Namun, apabila dibiarkan, mata malas ini mampu terbawa terus sampai Knda dewasa.

Istilah medis untuk mata malas ialah amblyopia, yaitu suatu kondisi pada mana otak lebih cenderung mempekerjakan salah satu mata saja. Biasanya, hal ini dikarenakan penglihatan mata yang satu lebih tidak baik daripada mata yang lainnya. Secara tidak sadar, kondisi perbedaan kondisi kesehatan mata ini akan membuat otak mengabaikan frekuwensi atau impuls dari mata yang lebih lemah, atau mata yang malas.

Pada penderita mata malas, mata yang lebih lemah umumnya tidak terlalu terlihat berbeda dibandingkan mata yang lain. Namun, dalam beberapa keadaan, mata yang lebih lemah ini mungkin akan terlihat berlari ke arah yang berbeda dengan mata sebelahnya. Penting untuk diingat, bahwa mata malas berbeda dengan mata juling atau strabismus. Akan tetapi, strabismus mampu memicu timbulnya mata malas, apabila mata yang juling lebih jarang digunakan dibandingkan dengan mata yang sehat.

BACA JUGA: 3 Hal Seputar Mata Juling yang Harus Knda Tahu

Apa saja tanda & tanda-tanda mata malas?

Mata malas mampu jadi sulit terdeteksi kecuali keadaannya sudah parah. Aika Knda atau anak Knda mengalami tanda-tanda seperti ini, mampu jadi hal tersebut merupakan tanda-tanda awal dari mata malas:

kecenderungan menabrak benda pada satu sisi
mata yang berlari kemana-mana, baik sisi dalam atau luar
kedua mata kelihatan tidak bekerja beserta
kurangnya kemampuan memperkirakan jeda
penglihatan ganda
acapkali mengernyit

BACA JUGA: 6 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata, Selain Wortel

Penyebab mata malas

Mata malas berafiliasi dengan masalah perkembangan pada otak. Pada perkara ini, jalur saraf pada otak yang mengatur penglihatan tidak berfungsi dengan baik. Keadaan ini mampu muncul saat kedua mata tidak dipergunakan dalam jumlah yang seimbang satu sama lain. Beberapa keadaan pada bawah ini mampu memicu timbulnya mata malas:

mata juling yang tidak diperbaiki
genetik, riwayat keluarga dengan mata malas
perbedaan kemampuan penglihatan yang relatif jauh pada antara kedua mata
kerusakan atau trauma pada salah satu mata
turunnya salah satu kelopak mata
kekurangan vitamin A
ulkus kornea
operasi mata
gangguan penglihatan
glaukoma

BACA JUGA: 6 Gerakan Senam Mata untuk Mengusir Mata Lelah

Bagaimana cara mendiagnosis mata malas?

Mata malas umumnya hanya terjadi pada salah satu mata. Ketika pertama kali terjadi, Knda atau anak Knda mungkin tidak menyadarinya. Oleh karenanya, penting bagi Knda & anak untuk secara rutin memeriksakan mata ke dokter sedini mungkin sejak bayi, bahkan apabila anak Knda tidak mengalami tanda-tanda apa pun. The American Optometric Association menyarankan agar Knda membawa anak Knda untuk memeriksakan matanya pada usia 6 bulan & 3 tahun. Setelah itu, anak wajib diperiksakan secara rutin ke dokter mata setiap 2 tahun atau lebih acapkali lagi mulai dari usia 6 sampai 18 tahun.

Dokter mata akan melakukan investigasi mata rutin untuk menilai penglihatan pada kedua mata. Pemeriksaan yang biasa dilakukan diantaranya ialah membaca alfabet atau bentuk, mengikuti gerakan sinar dengan salah satu mata diikuti dengan kedua mata, & melihat mata secara eksklusif dengan indera yang tersedia. Selain itu, dokter mungkin pula akan memeriksakan ketajaman penglihatan, kekuatan otot mata, & seberapa baik kemampuan mata anak Knda untuk memfokuskan penglihatan. Dokter Knda akan mencari tahu apakah terdapat satu mata yang lebih lemah atau terdapat perbedaan penglihatan pada antara kedua mata.

BACA JUGA: 8 Gangguan Pada Mata yang Bisa Menjadi Gejala Penyakit Serius

Bagaimana cara memperbaiki mata malas?

Mengobati penyebabnya merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi mata malas. Knda perlu membantu mata yang lebih lemah untuk berkembang secara normal. Aika Knda atau anak Knda mengalami kelainan refraksi seperti rabun dekat, rabun jauh, atau silinder (astigmatisma), maka dokter akan meresepkan kacamata.

Dokter Knda pula mungkin akan menyarankan memakai epilog mata untuk mata yang lebih sehat, agar mata yang lemah mampu dilatih untuk melihat. Penutup mata umumnya mampu digunakan selama satu sampai 2 jam sehari. Penutup mata ini berfungsi untuk membantu perkembangan otak yang mengontrol penglihatan. Selain epilog mata, obat tetes pula mampu diteteskan pada mata yang sehat sehingga membuatnya kabur selama beberapa waktu, memberikan waktu bagi mata yang malas untuk berlatih.

Aika Knda memiliki mata yang juling, Knda mungkin wajib menjalani operasi untuk memperbaiki otot mata Knda. Pada dasarnya, semakin cepat mata yang malas diperbaiki, semakin baik pula output pengobatannya. Jadi, jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada dokter Knda.

BACA JUGA: Masih Kecil, Kok Matanya Sudah Plus?
loading...

0 komentar untuk Cara Mengetahui Jika Anda Mengidap Mata Malas