7 Penyebab Telat Haid Kalau Tidak Hamil

7 Penyebab Telat Haid Kalau Tidak Hamil
Sebagai wanita, kita selalu khawatir jikalau haid tiba terlambat. Menstruasi terlambat bisa menjadi menerangkan adanya penyakit kepada indung telur. Rasa khawatir juga terjadi waktu memiliki anak bukan bagian berdasarkan agenda Enda, menjadi akibatnya menunggu menstruasi tiba terasa mirip menanti seseorang yg sangat krusial, menganggap-duga kehamilan akan terjadi atau nir. Faktanya, hamil bukanlah keliru satu penyebab kita telat tiba bulan, terdapat beberapa faktor lain yg bisa menjadi penyebab.

Faktor apa saja yg menimbulkan telat haid selain hamil?

Berikut ini beberapa faktor yg wajib Enda perhatikan, jikalau menstruasi Enda terlambat:

1. Stres

Saat stres, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol. Peningkatan hormon kortisol bisa membangun otak tetapkan mana fungsi tubuh yg krusial dan nir krusial, dan ini akan berlangsung hingga stres berakhir. Fungsi penting mirip sirkulasi darah ke paru-paru dan otot semakin tinggi, sedangkan sistem pencernaan dan reproduksi akan terganggu. Bika sistem reproduksi terganggu maka menstruasi pun akan terhambat. Efek berdasarkan stres pun bisa berupa peningkatan berat badan, alasannya adalah sistem pencernaan pun terganggu. Stres juga menjadi keliru satu penyebab kasus kepada kulit mirip jerawat, alasannya adalah hormon kortisol mengganggu cara kerja hormon-hormon lain juga.

dua. Berat badan terlalu rendah

Penurunan berat badan yg drastis bisa menimbulkan kekurangan estrogen buat membangun lapisan kepada rahim, menjadi akibatnya membuahkan juga kepada daur menstruasi yg tersendat-sendat. Biasanya penderita bulimia dan anoreksia mengalami hal ini.

3. Olahraga hiperbola

Ketika olahraga berat, usahakan Enda pastikan asupan kalori Enda tercukupi. Bika nir tercukupi, maka akan mengarahkan kepada penurunan berat badan drastis, dan berakhir bareng kurangnya estrogen yg diproduksi. Olahraga berat juga memicu risiko terjadinya amenorrhea nir mendapatkan menstruasi selama 3 bulan atau lebih berturut-turut. Hal ini bisa dialami sang atlet wanita profesional, penari balet, dan pesenam (yg wajib melakukan senam terus menerus). Sebaiknya nir memaksakan diri berolahraga ketika sakit, terluka atau cuaca sedang buruk, alasannya adalah ini menjadi keliru satu menerangkan olahraga yg dijalani mulai hiperbola.

4. Menyusui

Beberapa wanita nir mengalami daur menstruasi selama beberapa bulan waktu sedang masa menyusui. Hal ini ditimbulkan hormon yg memegang peran krusial dalam menyusui alias hormon prolactin menekan ovulasi. Tetapi bukan berarti Enda nir bisa hamil, pembuahan sangat mungkin terjadi meskipun Enda nir mendapatkan menstruasi. Siklus menstruasi Enda akan pergi normal kurang lebih enam hingga delapan minggu setelah masa menyapih. Bika dalam 3 bulan setelah berhenti menyusui, Enda belum juga menerima menstruasi, usahakan diperiksakan ke dokter.

lima. Pil kontrasepsi

Ada beberapa jenis obat yg bisa menghipnotis daur menstruasi, mirip pil KB, antidepressan, corticosteroids, beberapa jenis antipsikotik. Pil kontrasepsi ditujukan buat mencegah terjadinya ovulasi, ini berarti juga mencegah terjadinya daur menstruasi. Beberapa wanita mengalami perdarahan mirip menstruasi, atau dikenal menjadi menstruasi palsu. Hal ini terjadi alasannya adalah adanya penurunan hormon waktu Enda nir meminum pilnya selama minggu keempat kepada daur Enda. Pil kontrasepsi yg diminum secara nir rutin pun bisa membangun daur Enda terganggu. Untuk yg menginginkan kehamilan atau daur menstruasi pergi teratur, usahakan menghentikan pemakaian selama sebulan atau lebih. Enda juga bisa berkonsultasi kepada dokter Enda.

6. Polycystic Ovary Symptom (PCOS)

PCOS merupakan sebuah syarat kepada mana hormon diproduksi nir seimbang, terjadi kepada wanita. Kondisi ini akan mengacaukan ovulasi ditimbulkan perubahan level estrogen, testosteron, dan progesteron. Gejala yg timbul bisa berupa keluarnya bulu halus kepada kurang lebih muka dan dada, kesulitan menurunkan berat badan, dan keluhan kasus fertilitas.

7. Prematur menopause

Perempuan kepada bawah usia 40 tahun bisa mengalami prematur menopause atau dikenal menjadi juga premature ovarian failure. Seperti yg kita memahami bahwa menopause berarti menjadi titik final sistem reproduksi kepada wanita. Sebelum mengalami menopause, daur menstruasi menjadi nir teratur. Selain itu Enda juga akan mengalami beberapa menerangkan-menerangkan menopause mirip berkeringat kepada malam hari dan vagina terasa kemarau.

BACA JUGA:

3 Manfaat Mengejutkan berdasarkan Seks Saat Menstruasi
Bercak Darah Seperti Menstruasi Bisa Jadi Ciri Hamil
6 Cara Mengatasi Kram Perut dan Nyeri Haid Saat Menstruasi
loading...

0 komentar untuk 7 Penyebab Telat Haid Kalau Tidak Hamil