Benarkah Bayi Jadi Pilek Kalau Ibu Menyusui Minum Es

Benarkah Bayi Jadi Pilek Kalau Ibu Menyusui Minum Es
Dari banyaknya pantangan makan ini-itu selama menyusui, satu yang paling acapkali terngiang di telinga adalah untuk tidak minum air dingin atau makan es. Katanya, suhu dingin dari air es bisa terserap ke dalam ASI dan dikonsumsi bayi sehingga membuatnya kedinginan bahkan flu. Tenang dulu. Boleh saja ibu menyusui minum es. Tapi, tetap tidak boleh sembarangan, lho, karena ada aturan amannya untuk Anda dan si jabang bayi.

Ibu menyusui minum es tidak akan bikin anak jadi flu

Banyak yang percaya kalau ibu menyusui minum es dapat memengaruhi kesehatan bayi. Katanya, air es yang dingin bisa mendinginkan ASI yang diminum bayi sehingga dapat menghasilkan bayi flu. Namun faktanya tidak demikian. Sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa minum air es saat menyusui menghasilkan kesehatan bayi terganggu atau menghasilkan bayi menggigil, kedinginan, bahkan flu.

Suhu air es yang diminum oleh sang ibu tidak akan menghasilkan suhu ASI menjadi dingin. Begitu ditelan, suhu makanan (baik yang tadinya panas maupun dingin) pada dasarnya akan berubah mengikuti suhu dalam tubuh. Dengan kata lain, suhu dingin dari es tersebut akan langsung hilang saat air sudah di dalam perut. Jadi, tentu minum es saat menyusui tidak akan menyebabkan bayi sakit atau kedinginan. Suhu ASI akan tetap normal sebagaimana mestinya, terlepas dari apa yang ibu makan atau minum.

Terlebih lagi, minum es itu sendiri tidak akan menyebabkan flu. Influenza atau flu merupakan ipenyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini mudah menular melalui udara ketika seseorang batuk, bersin, meludah, atau berbicara. Virus yang keluar ke udara kemudian terhirup oleh orang lain. Selain itu penularannya juga bisa melalui air liur, ingus, kotoran yang tersentuh tangan kita dan menyebabkan virus terhirup, dan juga dari darah.

Tapi, minum es saat menyusui bisa berbahaya bagi kesehatan jika.

Meski bayi tidak akan jadi sakit kalau ibu menyusui minum es, Anda tetap tidak boleh sembarangan mengonsumsinya. Jika air es yang Anda minum adalah buatan sendiri dengan dengan air matang dan alat-alat steril, tentu tidak jadi masalah. Namun, lain halnya jika Anda suka jajan di pinggir jalan. Pasalnya batu es yang ada dalam minuman Anda belum tentu bersih.

Bisa saja air yang digunakan telah tercemar, sehingga hal ini akan meningkatkan risiko Anda tertular penyakit, seperti diare. Jika ibu menyusui terkena diare, maka mungkin produksi ASI akan berkurang akibat tubuh mengalami dehidrasi. Porsi minum ASI yang kurang tentu akan memengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

Jadi, jika Anda ingin minum es ketika menyusui, pastikan kalau minuman tersebut tidak terpapar bakteri penyebab penyakit. Sebaiknya, buat es sendiri kalau mau aman dan terhindar dari penyakit infeksi.

Jangan lupa juga asupan gizi lainnya saat menyusui

Memang benar, semua makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu saat menyusui, akan diserap dan diambil oleh bayi. Jadi, sebagai ibu yang sedang menyusui sebaiknya Anda pintar-pintar memilih makanan yang bergizi serta sehat.

Apalagi, makanan untuk bayi 0-6 bulan hanyalah ASI saja, sehingga hal ini menuntut ibu untuk memiliki kualitas ASI yang terbaik dengan kandungan gizi yang banyak. Bagaimana cara mendapatkannya? Ya, dengan menerapkan pola hidup sehat serta makan makanan yang bergizi.

Kebutuhan ibu menyusui tentu berbeda dengan wanita pada umumnya. Untuk mengetahui seberapa banyak kebutuhan kalori serta zat gizi lain yang Anda butuhkan, sebaiknya konsultasikan pada ahli gizi.
loading...

0 komentar untuk Benarkah Bayi Jadi Pilek Kalau Ibu Menyusui Minum Es