Bagaimana Indra Penciuman Bayi di Usia 0-6 Bulan

Bagaimana Indra Penciuman Bayi di Usia 0-6 Bulan
Indra penciuman artinya bagian yang penting dalam perkembangan bayi. Indra ini berhubungan erat dengan indra lidah, jadi inilah keliru satu faktor utama yang memilih makanan apa yang ia sukai. Indra penciuman juga mempunyai interaksi yang erat dengan emosi bayi dan memainkan kiprah penting dalam interaksi bunda dan anak.

Bayi mulai memakai indra penciuman sedari dalam kandungan. Saat mereka bernafas dan menelan cairan amniotik, mereka merasa tidak asing dengan baunya.

Indra penciuman berkembang pesat setelah ia dilahirkan. Para ilmuwan beropini bahwa kemampuan bayi untuk mencium bau ibunya artinya keliru satu cara terpenting baginya untuk belajar mengenali ibunya, alasannya adalah bayi yang baru lahir menghabiskan sebagian akbar waktunya dengan mata tertutup. Ilmuwan menemukan bahwa bayi  yang baru lahir sanggup membedakan bau ibunya dan bau wanita lainnya. Aroma yang dipaparkan pada bayi pada awal kehidupannya (dua jam pertama setelah lahir, dan tidak lebih berasal 12 jam setelah lahir) akan terpatri lebih kuat pada memori bayi. Ini mungkin alasannya adalah indra penciuman bayi yang baru lahir bekerja paling baik waktu mereka mempunyai tingkat hormone norepinefrin yang tinggi, dan hormon ini semakin tinggi pada kebanyakan bayi pada beberapa jam pertama setelah ia lahir.

Tahap Perkembangan Indra Penciuman

Selama 6 bulan pertama kehidupannya, bayi Anda sudah harus sanggup untuk:

Mengenali aroma cairan amniotic waktu ia baru lahir. Saat baru beberapa jam ia dilahirkan, bayi Anda akan lebih nyaman menyusu pada payudara yang dioles cairan amniotik. Namun, kebiasaan ini akan menghilang setelah beberapa hari.
Mengenali disparitas aroma antara ASI Anda dengan milik bunda yang lain
Sudah terbiasa dengan banyak sekali macam aroma, tapi timbul sejumlah aroma yang ia anggap terlalu kuat

Bayi Anda juga mungkin sudah sanggup:

Menggunakan indra penciumannya untuk membedakan antara orang yang ia memahami dan orang asing. Aika ia merasa takut atau terancam sang bau seseorang, ia mungkin akan menangis atau menendangkan kakinya.
Menggunakan indra penciuman dan lidah untuk memilih apakah ia menyukai makanan tertentu, waktu ia sudah mulai makan makanan padat. Aika ia menikmati aroma makanan yang disiapkan, ia mungkin akan tersenyum, menunjuk, atau membentuk suara-suara.

Peran Anda

Bayi yang baru lahir mempunyai indra penciuman yang berkembang pesat. Walaupun bayi Anda belum sanggup mengenali Anda melalui pandangannya, ia akan mengenali Anda berasal aroma tubuh alami, dan itulah yang paling ingin ia hirup. Dia juga akan tertarik dengan aroma ASI Anda. Aroma ini berhubungan dengan kebutuhannya akan rasa nyaman dan makanan.

Dengan mengenali aroma tubuh Anda, ia akan merasa nyaman dan aman  alasannya adalah memahami Anda bersamanya. Anda sanggup membantunya membedakan aroma tubuh Anda dengan tidak memakai parfum atau produk pengharum lain.

Saat Anda memeluk bayi, Anda dan bayi sama-sama mencium aroma tubuh masing-masing, dan ini merangsang level hormon oktosin yang lebih tinggi baik bagi Anda juga bagi bayi. Ini artinya hormon yang sanggup membantu Anda untuk mempererat interaksi dengan bayi Anda.

Dengan indra penciumannya, bayi Anda tidak hanya sanggup mengetahui apakah Anda sedang berada pada sekitarnya, tapi ia juga sanggup mengetahui apakah ia sedang berada pada dalam stroller, pada dalam mobil, atau pada dalam boks bayinya, hanya dengan mengandalkan penciumannya. Aika bayi Anda perlu ditenangkan, berada pada tempat favoritnya dengan bau yang tidak asing sanggup membuatnya lebih nyaman.

Mainan atau selimut kesukaannya juga mempunyai bau yang sanggup menentramkan hati bayi Anda. Karena itulah bayi Anda merasa tidak suka waktu Anda mencucinya, walaupun barang tersebut sudah sangat perlu dicuci.

Bau obat-obatan alami seperti minyak telon atau minyak kayu putih juga sanggup menenangkan bayi Anda. Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa bayi yang mulas merespon pijatan dengan minyak lavender dengan baik dan merasa lebih tenang. Namun, masih belum jelas apakah bayi merasa tenang alasannya adalah minyak lavender atau alasannya adalah dipijat.

Penelitian lain memperlihatkan bahwa aromaterapi memakai lavender dan minyak almond elok sanggup mengurangi stress pada bayi prematur. Namun berhati-hatilah memakai minyak tersebut, jangan oleskan pribadi pada kulit bayi. Beberapa minyak sanggup membahayakan bayi dan anak-anak alasannya adalah kulit mereka sanggup jadi sangat sensitif terhadap efek berasal minyak-minyak tersebut.

Alternatif lain, nyalakan lilin aromaterapi atau gunakan essential oil untuk mengharumkan tempat tinggal Anda atau kamar bayi, tetapi jauhkan berasal jangkauan bayi agar tetap aman. Cobalah aroma lainnya keesokan hari, dan lihat respon bayi Anda untuk mengetahui mana yang paling menenangkannya.
loading...

0 komentar untuk Bagaimana Indra Penciuman Bayi di Usia 0-6 Bulan