Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 19 minggu

Apa yang perlu
Perkembangan & Kebiasaan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi saya di minggu 19?

Walaupun menangis masih merupakan cara berkomunikasi paling utama, bayi pula mulai berbagi rasa humor. Dia mungkin mulai tertawa sebab kejutan yang menyenangkan, misalnya paras Knda yang ada dari bawah selimut atau mainan yang menyembul dari dalam kotak, asalkan nir terlalu keras atau mengagetkan. Buat bayi tertawa serta tersenyum dengan paras yang lucu serta banyak sekali macam kekonyolan lainnya. Bayi bahagia mendengarkan banyak sekali jenis suara, serta Knda nir memerlukan mainan atau indera khusus untuk menciptakan suara. Cukup mengklik lidah Knda, bersiul, atau memproduksi suara binatangbayi Knda akan menyukainya!

Di minggu ke-19, bayi mampu:

Meluruskan tubuh dikala duduk
Berbalik (dalam satu arah)
Memperhatikan dari suara, terutama suara mak
Mengucapkan sedikit kata sederhana
Melonjak-lonjak

Apa yang harus saya lakukan dengan bayi saya di minggu 19?

Buat bayi tertawa dengan tertawa bersamanya atau memproduksi ekspresi paras yang konyol. Anak pula suka mendengarkan bermacam-macam suara. Knda nir perlu mainan atau indera khusus untuk menciptakan suara. Cukup mengklik lidah Knda, bersiul, atau memproduksi suara binatangbayi Knda akan menyukainya! Cobalah memberikan bayi mainan yang digoyangkan serta Knda akan melihat ketertarikan bayi dikala menggoyangkan mainan untuk memproduksi suara.

Doronglah anak Knda untuk menjelajah serta bermain dengan benda yang bhineka. Knda mampu mengamati bayi bermain serta penasaran dengan mainannya.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 19?

Setiap dokter akan melakukan tes fisik awam, serta jumlah serta jenis teknik penaksiran serta prosedur yang bhineka tergantung kondisi anak. Dokter atau perawat akan mengusut seluruh atau sebagian hal berikut:

Vaksinasi tahap ke 2 bila bayi sehat serta nir ada indikasi lain dari dokter
Beri tahu dokter jikalau anak mengalami reaksi dari suntikan sebelumnya.

Apa yang harus saya ketahui di minggu 19?

Pada tahap ini, Knda harus tahu hal-hal ini:

Virus pernapasan akut (Acute Respiratory Virus atau RSV)

RSV sering mirip dengan tanda-tanda flu. Virus ini nir menyebabkan penyakit tapi berbahaya jikalau menyebabkan infeksi telinga, bronkitis, pneumonia, yang mampu berkembang sebagai asma atau penyakit pernapasan lainnya. Kebanyakan anak di bawah 2 tahun rentan terhadap virus ini. Namun, penyakit ini terutama berbahaya bagi anak di bawah 6 bulan, bayi dengan masalah kesehatan, bayi prematur, atau yang sistem imunnya lemah.

Awalnya bayi mungkin sakit ringan, tapi setelah beberapa hari penyakit berkembang pesat yang mampu membuatnya sulit bernapas. Tanda-tandanya ialah lubang hidung membesar, terengah-engah, otot perut menyempit, mendesah, napas dangkal yang cepat (lebih dari 60 detak per menit), bibir serta kuku berwarna hijau serta sulit makan.

Jila anak Knda mengalami infeksi RSV, hubungi dokter. Dokter mungkin menyuruh Knda membawanya ke klinik untuk mengusut pernapasannya. Dokter mungkin meresepkan bronchodilator isap untuk membantu anak lebih mudah bernapas. Antibiotik mungkin nir membantu mengobati RSV. Namun, Knda mampu merawat bayi di tempat tinggal dengan membiarkannya minum nisbi air serta jauhkan dari perokok pasif untuk mencegahnya sulit bernapas.

Cobalah obat tetes hidung untuk bayi atau obat penyemprot untuk membantu bayi lebih mudah bernapas. Obat ini mampu mengurangi lendir hidung bayi, sehingga mencegah masalah pernapasan. Pada dikala bersamaan, angkat kepalanya tinggi-tinggi dikala beliau tidur. Knda mampu memberikan acetaminophen (paracetamol) jikalau bayi demam tapi harus sesuai arahan dokter. Bayi prematur, bayi dengan penyakit paru-paru atau jantung bawaan kepada musim epidemi RSV harus divaksinasi untuk membantu mereka melawan virus.

Kelainan detak jantung

Jantung ialah organ tubuh penyokong hayati, jadi masalah jantung apapun sangat berbahaya, terutama bagi bayi. Namun, kebanyakan masalah ini nir berfokus serta mampu hilang sendiri. Knda nir perlu cemas.

Ketika dokter mengatakan bahwa bayi mengalami kondisi ini, berarti jantung memproduksi suara abnormal dikala darah mengalir menuju jantung. Dokter umumnya mampu menemukan penyebab suara abnormal. Biasanya, kelainan detak jantung disebabkan sang bentuk jantung yang masih belum reguler sebab masih berkembang. Suara ini dipercaya nir berbahaya serta mampu terdiagnosis dengan pemeriksaan memakai stetoskop. Dokter mungkin nir perlu melakukan tes atau pengobatan lebih lanjut. Lebih dari setengah anak menderita kondisi ini serta kondisi ini mungkin tetap berlanjut sepanjang masa anak-anak. Seringkali ketika jantung sudah sepenuhnya berkembang, nir ada lagi kelainan detak jantung.

Kalau masih cemas, tanyakan dokter untuk mengetahui status jantung bayi serta apakah ada dampak bagi bayi untuk masa kini serta masa depan.

Perhatian

Apa yang harus saya perhatikan di minggu 19?

Di bawah ini ialah beberapa hal yang harus Knda perhatikan:

Pemijatan tubuh

Pijat bukan hanya untuk orang dewasa. Belakangan ini, pijat lebih awam kepada bayi serta sering dipercaya sebagai terapi yang baik untuk kesehatan: bayi tumbuh lebih cepat, tidur lebih nyenyak, bernapas lebih cepat serta lebih waspada.

Jila Knda ingin belajar cara memijat bayi, belilah bukunya, menonton video atau mengambil kelas dengan terapis untuk mempelajari cara memijat bayi secara efisien. Atau Knda mampu mencoba pijat bayi menurut langkah-langkah di bawah ini:

Pilih waktu yang nyaman untuk Knda.
Pilih waktu yang tepat untuk bayi.
Ciptakan ruang yang nyaman.
Gunakan minyak kalau mau.
Ikuti reaksi anak: beliau akan memberitahu Knda apakah beliau menikmati pijatan serta Knda akan tahu kapan harus memijatnya, serta kapan berhenti sesuai respon bayi.
Menguji gerakan: umumnya, bayi bahagia disentuh ringan. Ini ialah inspirasi untuk memulainya:
Taruh ke 2 tangan dengan lembut di galat satu sisi kepala serta pegang selama beberapa detik. Kemudian, elus wajahnya berulang kali, lanjutkan dari tubuh sampai kaki.
Pijat melingkar dengan jari-jari Knda di atas kepala bayi. Elus dahi dengan lembut, lalu tekan ke 2 tangannya dari antara dahi lalu pindah.
Elus dadanya dengan ringan dari luar ke dalam.
Gosok ringan perut atas bawah dengan tangan, lalu ke ujung dengan tangan satunya lagi serta bentuk bulat. Lalu, abaikan jari-jari Knda berjalan di atas perut bayi.
Gulingkan lengan serta kaki di antara ke 2 tangan Knda, elus lengan serta kaki. Buka telapak tangan serta pijat jari-jari bayi.
Angkat kaki serta turunkan lagi. Pijat, elus telapak kaki yang diluruskan.
Telungkupkan bayi serta pijat punggungnya dari satu sisi ke sisi lain serta dari atas ke bawah.
Selama pemijatan, bicaralah atau bersenandung untuk bayi. Selalu taruh satu tangan di atas tubuhnya.

Cobalah memijat bayi serta Knda akan terkejut dengan reaksinya.

Seperti apa pertumbuhan bayi kepada minggu ke-20?
loading...

0 komentar untuk Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 19 minggu