Tahap Pertumbuhan Gigi Dari Bayi Sampai Usia Anak-Anak

Tahap Pertumbuhan Gigi Dari Bayi Sampai Usia Anak-Anak
Tahukah Anda bahwa gigi bayi sebenarnya sudah tumbuh semenjak dalam kandungan? Hanya giginya belum muncul saja. Oleh sebab itu, kebutuhan kalsium bunda hamil meningkat guna menunjang pertumbuhan gigi serta tulang bayi dalam kandungan. Ya, gigi mengandung aneka macam unsur kalsium, hampir seluruhnya. Kemudian, saat bayi sudah memasuki usia beberapa bulan setelah lahir, gigi bayi akan muncul. Untuk mengetahui pertumbuhan gigi dari bayi sampai anak, simak ulasan berikut ini.

Jenis-jenis gigi

Sebelum mengetahui tahap-tahap pertumbuhan gigi bayi, ada baiknya Anda mengenali jenis-jenis gigi.

Gigi seri, yaitu gigi depan pada rahang atas serta bawah. Biasanya gigi seri atas serta bawah muncul dalam waktu yg sama. Gigi ini berfungsi untuk menggigit kuliner.
Gigi taring, yaitu gigi yg ujungnya lancip serta berada mengapit gigi seri pada rahang atas serta bawah. Gigi taring berfungsi untuk memotong kuliner.
Gigi geraham depan, gigi ini berfungsi untuk menghancurkan kuliner.
Gigi geraham belakang, gigi ini pula berfungsi untuk menghancurkan kuliner serta mempunyai ukuran yg lebih akbar daripada gigi geraham depan.

BACA JUGA: Menyusui Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Gigi Anak

Pertumbuhan gigi bayi

Gigi bayi muncul pada usia yg bervariasi antar bayi. Ada bayi yg giginya sudah muncul pada usia dini serta ada pula bayi yg mengalami pertumbuhan gigi lebih telat. Walaupun bhineka, pertumbuhan gigi bayi pada umumnya berlangsung pada usia yg hampir sama.

Berikut ini tahap-tahap pertumbuhan gigi saat bayi.

Usia 5 bulan

Sebagian akbar bayi mulai tumbuh gigi pada usia ini. Namun, beberapa bayi mungkin mulai tumbuh gigi pada usia lebih dini, yaitu 4 bulan, atau beberapa pula mempunyai pertumbuhan gigi yg lebih lambat, pada usia 6 atau 7 bulan. Pada saat ini, gigi bayi baru mulai muncul, gusi bayi Anda mungkin akan membengkak serta kemerahan.

Usia 6 bulan

Pada usia 6 bulan atau sekitar 5-7 bulan, gigi pertama bayi sudah mulai muncul. Biasanya gigi pertama yg muncul ada 2 gigi seri depan pada rahang bawah. Kedua gigi ini mampu muncul beserta-sama. Pada saat gigi bayi sudah muncul, Anda sudah mampu membersihkan gigi bayi dengan cara menyekanya dengan kain higienis setelah bayi menyusu.

Usia 7 bulan

Selanjutnya pada usia 7 bulan, 2 gigi seri depan pada rahang atas muncul. Sebagian akbar bayi mungkin mengalami pertumbuhan gigi ini sekitar usia 6-8 bulan. Pada usia ini pula bayi sudah mampu diberi makan kuliner padat.

Usia 9-16 bulan

Gigi selanjutnya yg akan muncul merupakan gigi pada sebelah gigi seri depan permukaan, kemudian gigi pada samping gigi seri bawah menyusul. Biasanya gigi muncul berpasang-pasangan atas serta bawah, 2 pada sebelah kanan serta 2 pada sebelah kiri.

Pertumbuhan gigi anak

Usia 14 bulan

Pada usia ini, gigi geraham pertama mulai muncul pada bagian rahang bawah serta rahang atas pada waktu yg sama. Namun, beberapa bayi sudah mempunyai gigi geraham pada usia 12 bulan serta ada pula yg baru muncul pada usia 15 bulan.

BACA JUGA: Perhatikan, Ini 10 Tanda Gigi Bayi Anda Mau Tumbuh

Usia 18 bulan

Gigi taring mulai muncul pada usia ini, baik gigi taring atas maupun gigi taring bawah. Munculnya gigi taring mungkin bervariasi antar anak, dari mulai usia 16 bulan sampai 22 bulan.

Usia 24 bulan

Di usianya yg ke-24 bulan, gigi geraham ke 2 pada bagian belakang pada rahang bawah sudah mulai muncul. Kemudian menyusul gigi geraham ke 2 pada rahang atas mulai muncul pada usia 26 bulan. Pertumbuhan gigi ini bervariasi, ada yg lebih lambat atau lebih cepat, antara usia 20-33 bulan.

2-3 tahun

Pada usia 2 sampai 3 tahun, anak sudah mempunyai gigi lengkap berjumlah 20 gigi, masing-masing 10 gigi pada rahang atas serta rahang bawah. Gigi ini dianggap gigi susu atau gigi bayi. Susunan gigi susu lengkap ini akan bertahan sampai usia anak sekitar 6 atau 7 tahun.

4 tahun

Pada usia 4 tahun, rahang serta tulang paras anak akan mulai tumbuh, sehingga memberi ruang antara gigi susu. Ruang ini memberi kesempatan gigi dewasa atau gigi permanen yg lebih akbar untuk tumbuh. Gigi anak umumnya mulai tanggal pada usia 6 atau 7 tahun, kemudian digantikan oleh gigi permanen. Pada usia 6-12 tahun, umumnya anak mempunyai gigi susu serta pula gigi permanen dalam mulutnya.

Saat anak mulai mempunyai gigi permanen, ajarkan anak untuk menyikat giginya secara rutin 2 kali sehari. Hal ini bertujuan supaya anak selalu menjaga kebersihan giginya, sehingga terhindar dari kerusakan gigi. Ingat, gigi permanen tidak akan tergantikan lagi seumur hayati.

Anak aku kok belum tumbuh gigi?

Anda gak perlu risi bila pertumbuhan gigi anak Anda berjalan tidak sama dengan anak lainnya, hal ini normal. Yang perlu Anda jangan lupa merupakan bahwa sekitar 4 gigi anak akan muncul setiap 6 bulan usia anak Anda. Biasanya pula, pertumbuhan gigi lebih cepat terjadi pada anak perempuan dibandingkan dengan anak laki-laki.

Anda mungkin perlu risi bila gigi anak Anda tidak membagikan tanda-tanda akan muncul pada usia anak 1 tahun. Saat anak Anda mengalami hal ini, usahakan segera periksakan ke dokter gigi. Walaupun, beberapa anak mungkin mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi serta masih mampu mengejar keterlambatannya tanpa perkara.

BACA JUGA: 3 Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak
loading...

0 komentar untuk Tahap Pertumbuhan Gigi Dari Bayi Sampai Usia Anak-Anak