Apakah Benar Menyusui Dapat Menurunkan Berat Badan

Apakah Benar Menyusui Dapat Menurunkan Berat Badan
Saat kehamilan, berat badan ibu bertambah & ibu terlihat lebih gemuk. Beberapa ibu sangat khawatir terhadap bentuk tubuhnya yang tidak lagi seperti sebelum kehamilan. Tak heran jikalau beberapa ibu berpikiran untuk menurunkan berat badan selepas kelahiran bayi mereka. Mungkin Anda akan berpikiran untuk melakukan diet, tapi tunggu dulu, Anda masih mempunyai tugas, yaitu menyusui, pada mana masih membutuhkan asupan yang relatif untuk memenuhi kebutuhan si butir hati.

Ya, diet bukan merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Yang tak disangka-sangka ialah ketika Anda menyusui, sebenarnya Anda juga sedang membantu diri Anda untuk menurunkan berat badan. Benarkah menyusui mampu menurunkan berat badan?

Penelitian tentang menyusui & penurunan berat badan

Menyusui terbukti mampu membantu Anda menurunkan berat badan setelah melahirkan, tetapi ini tergantung asal Anda. Beberapa ibu terbantu bersama menyusui dalam menurunkan berat badannya setelah melahirkan & bisa mendapatkan berat badannya kembali seperti sebelum hamil bersama lebih cepat. Namun, beberapa ibu juga mempunyai kesulitan dalam menurunkan berat badannya,walaupun ia sudah menyusui.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyusui mampu membantu menurunkan berat badan. Seperti pada penelitian yang dilakukan oleh Jennifer L Baker & kawan-kawannya (2008), penelitian tersebut menunjukkan bahwa menyusui berhubungan bersama berat badan setelah melahirkan yang lebih rendah pada semua kategori BMI yang dimiliki ibu sebelum kehamilan.

Penelitian lain yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition & melibatkan 25000 ibu juga menunjukkan bahwa menyusui pribadi selama 6 bulan mampu menurunkan berat badan yang diperoleh selama kehamilan. Penelitian ini juga memperkirakan bahwa ibu yang menyusui mempertahankan berat badan setelah melahirkan hanya kurang asal 2 kg dibandingkan bersama ibu yang tidak menyusui selama 6 bulan setelah melahirkan.

Jumlah berat badan yang mampu Anda turunkan setelah melahirkan & menyusui tampaknya juga tergantung asal banyak faktor, seperti berat badan sebelum hamil, banyaknya kenaikan berat badan yang Anda peroleh selama kehamilan, pola makan, tingkat aktivitas fisik, & kesehatan Anda secara keseluruhan. Menyusui yang dikombinasikan bersama pola makan seimbang & olahraga teratur merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan Anda setelah melahirkan.

Bagaimana menyusui mampu membantu menurunkan berat badan?

Menyusui meningkatkan kebutuhan asupan makan Anda karena Anda membutuhkan energi tambahan untuk memproduksi ASI, sehingga Anda didorong untuk makan lebih banyak. Selain itu, hormon yang membantu produksi ASI Anda (hormon prolaktin) juga mampu merangsang nafsu makan Anda, sehingga Anda juga terdorong untuk lebih banyak makan ketika menyusui. Lalu, bagaimana menyusui mampu membantu menurunkan berat badan?

Jangan khawatir, kalori yang masuk ke tubuh Anda ini nantinya akan hilang saat Anda menyusui. Menyusui mampu membakar kalori Anda sebanyak 300-500 kalori dalam sehari, sehingga mampu membantu Anda menurunkan berat badan. Anda mungkin membutuhkan waktu setidaknya 6 bulan untuk mendapatkan berat badan Anda seperti semula. Bika kalori yang Anda makan didasarkan  bersama jumlah yang direkomendasikan & Anda menyusui secara pribadi, Anda akan kehilangan berat badan sekitar 0,5 kg setiap satu atau 2 minggu.

Menyusui tidak hanya membantu Anda menghilangkan berat badan tambahan, tetapi juga membantu Anda menurunkan berat badan sesaat setelah melahirkan. Menyusui sesaat setelah melahirkan mampu merangsang kontraksi pada rahim Anda, sehingga rahim Anda lebih cepat menyusut kembali ke ukuran sebelum Anda hamil. Setidaknya 6 minggu setelah melahirkan, rahim Anda akan kembali ke ukuran seperti semula jikalau Anda menyusui bayi Anda.

Tips untuk menghilangkan berat badan selama menyusui

Membatasi asupan makanan bukan cara yang baik dalam menurunkan berat badan saat menyusui. Hal ini justru mampu membuat Anda kehilangan nutrisi penting yang diharapkan oleh Anda & bayi Anda. Asupan kalori yang sangat rendah dalam waktu lama juga mampu menyebabkan produksi ASI Anda berkurang.

Berikut ini ialah tips yang bisa Anda lakukan supaya Anda mampu menurunkan berat badan saat menyusui, tanpa membatasi asupan makan Anda.

1. Mulailah bersama perlahan

Anda bisa mulai menurunkan berat badan pada waktu 6 minggu setelah kelahiran. Bika asupan Anda tidak lebih asal rekomendasi kalori yang Anda butuhkan, berat badan Anda akan turun sekitar 1-1,5 kg per bulan secara bertahap. Cobalah untuk menerapkan pola makan sehat, yaitu 3 kali makan utama & 2 kali makan selingan pada antara waktu makan utama. Konsumsilah makanan yang mengandung zat gizi lengkap, yang terdiri asal karbohidrat, protein, lemak, vitamin, & mineral.

2. Batasi atau hindari makanan junk food

Makanan junk food hanya akan menambah asupan kalori harian Anda, tetapi tidak mampu memberikan zat gizi yang Anda perlukan. Bika dimakan secara berlebihan & dalam waktu yang seringkali, makanan junk food justru akan menyebabkan kenaikan berat badan, menjauhkan Anda asal penurunan berat badan

3. Lakukan olahraga secara teratur

Enam minggu setelah Anda melahirkan (jikalau Anda melahirkan normal), mungkin Anda sudah mampu mulai melakukan olahraga. Bika Anda melahirkan caesar, mungkin Anda harus menunggu lebih lama untuk bisa melakukan olahraga. Lakukan olahraga secara teratur supaya kalori yang masuk ke tubuh Anda asal makanan sama bersama kalori yang Anda keluarkan melalui aktivitas fisik yang Anda lakukan.

4. Tidur yang relatif

Mungkin sulit bagi Anda yang baru melahirkan, tetapi cobalah untuk melakukannya. Waktu tidur yang kurang berhubungan bersama kesulitan menurunkan berat badan. Tidur yang relatif mampu menjauhkan Anda asal kelelahan, sehingga Anda mampu mengontrol pola makan Anda lebih baik.
loading...

0 komentar untuk Apakah Benar Menyusui Dapat Menurunkan Berat Badan