Apa Itu Malabsorbsi Pada Anak

Apa Itu Malabsorbsi Pada Anak
Terkadang anak yg makan masakan yg seimbang tetap berisiko mengalami gizi buruk. Hal ini mungkin terjadi karena ketidakmampuan tubuh anak untuk menyerap nutrisi menurut sistem pencernaan ke dalam peredaran darah, atau yg tidak sporadis diklaim bareng malabsorbsi.
Biasanya, proses pencernaan akan mengubah nutrisi menurut masakan menjadi unit-unit mini yg melewati dinding usus dan masuk ke peredaran darah untuk kemudian dibawa ke sel-sel lain dalam tubuh. Bika dinding usus rusak output virus, infeksi bakteri, atau parasit, lapisannya akan terpengaruh sehingga zat yg tercerna tidak akan sanggup lewat. Ketika ini terjadi, nutrisi malah akan dimuntahkan melalui feses.

Malabsorbsi awam terjadi kepada anak selama satu atau 2 hari saat sedang mengalami flu perut atau atau flu usus. Hal ini sporadis terjadi dalam waktu usang karena bagian atas usus akan sembuh bareng cepat tanpa kerusakan yg signifikan. Dalam perkara ini, malabsorbsi bukanlah hal yg wajib dikhawatirkan.  Namun, malabsorbsi kronis pula sanggup terjadi. Bika 2 atau lebih menurut tanda-tanda berikut terjadi, konsultasikanlah bareng dokter.

Tanda-tanda dan tanda-tanda malabsoprsi

Tanda-tanda dan tanda-tanda malabsorbsi kronis, yaitu:

Sakit perut dan muntah berkelanjutan
Sering buang air akbar, feses lembek, berbau busuk, dan berukuran sangat akbar
Rentan terhadap infeksi
Turunnya berat badan bareng hilangnya lemak dan otot
Memar-memar
Patah tulang
Kulit kemarau dan bersisik
Perubahan kepribadian
Melambatnya pertumbuhan dan berat badan (mungkin tidak terlihat sampai beberapa bulan).

Pengobatan untuk malabsorpsi

Ketika anak menderita kekurangan gizi, malabsorbsi hanya keliru satu menurut penyebabnya. Seorang anak menderita kekurangan gizi karena beliau tidak mendapatkan nisbi masakan yg baik atau memiliki perkara pencernaan sehingga tubuh kesulitan menyerap nutrisi. Sebelum melakukan pengobatan, dokter akan mempelajari penyebabnya terlebih dahulu. Hal ini sanggup dilakukan bareng cara berikut.

Enda akan diminta untuk menghasilkan daftar jumlah dan jenis masakan yg anak Enda makan.

Dokter anak sanggup menguji kemampuan anak untuk mencerna dan menyerap nutrisi tertentu. Misalnya, dokter meminta anak untuk minum larutan gula susu (laktosa) dan kemudian mengukur taraf hidrogen kepada pernapasan. Hal ini dikenal sebagai lactose hydrogen breath test.

Dokter anak akan menganalisis sampel feses. Anak yg sehat hanya akan sedikit membuang lemak yg dikonsumsi setiap hari melalui feses. Bika terlalu banyak yg terbuang, maka artinya tanda-tanda malabsorbsi.

Tes keringat  sanggup dilakukan untuk melihat apakah terjadi cystic fibrosis kepada tubuh. Penyakit ini menyebabkan tubuh memproduksi enzim tertentu sehingga terganggunya sistem pencernaan dan kelainan kepada keringat.

Dalam beberapa perkara, dokter anak akan meneliti pencernaan anak yg dihasilkan menurut dinding usus halus, dan memeriksanya kepada bawah mikroskop untuk tanda-tanda infeksi, peradangan, atau cedera lainnya.

Biasanya, tes dilakukan sebelum pengobatan dimulai, meskipun anak yg sakit parah sedang dirawat kepada tempat tinggal sakit untuk menerima anugerahmakan spesifik ad interim output tes ini sedang dinilai.

Setelah dokter konfiden masalahnya karena malabsorbsi, beliau akan mengidentifikasi penyebab malabsorbsi ini. Bika terjadi karena infeksi, pengobatan umumnya mencakup antibiotik. Bika malabsorbsi terjadi karena usus yg terlalu aktif, obat-obatan tertentu sanggup digunakan untuk mengatasi hal ini, sehingga timbul waktu untuk menyerap nutrisi.

Terkadang tidak timbul penyebab yg terang untuk malabsorbsi. Enda sanggup mengganti masakan menjadi masakan yg mengandung nutrisi spesifik sehingga lebih gampang diserap sang tubuh anak Enda.
loading...

0 komentar untuk Apa Itu Malabsorbsi Pada Anak