Apa yang Terjadi Selama Operasi Caesar

Apa yang Terjadi Selama Operasi Caesar
Operasi caesar mungkin menjadi pilihan bagi Enda yg takut atau nir ingin melahirkan normal. Mungkin Enda berpikir melahirkan secara caesar lebih nir sakit daripada melahirkan secara normal. Tapi tahukah Enda? Ternyata kelahiran melalui operasi caesar memiliki risiko empat kali lebih akbar daripada kelahiran normal.

Oleh karenanya, Enda disarankan buat merencanakan & menjalani operasi caesar bila Enda mengalami syarat pribadi, misalnya bayi terlalu akbar, bayi dalam posisi sungsang, Enda mengalami plasenta previa, Enda memiliki infeksi herpes genital aktif, sebelumnya Enda sudah pernah menjalani operasi caesar. Untuk menentukan apakah Enda wajib melahirkan bareng cara normal atau melalui operasi caesar, usahakan konsultasikan bareng dokter Enda.

Apa yg terjadi beberapa dikala sebelum operasi caesar?

Setelah Enda konsultasikan bareng dokter Enda & ternyata Enda wajib melahirkan bareng operasi caesar, Enda wajib menyiapkan beberapa hal, termasuk administrasi. Suami Enda bisa menangani hal itu seluruh, jadi Enda nir perlu repot mengurusnya sendiri. Suami Enda juga diperbolehkan buat menemani Enda dikala melahirkan kepada ruang operasi.

Sebelum menjalankan operasi, Enda akan dibius lokal (anestesi lokal) kepada beberapa bagian tubuh Enda. Umumnya, bius awam (yg membuat Enda nir sadar sepenuhnya) nir dilakukan kepada operasi caesar, kecuali dalam situasi darurat. Biasanya, Enda akan diberi anestesi epidural atau spinal, yg membuat Enda nir akan mencicipi sakit kepada bagian bawah tubuh Enda selama operasi, akan tetapi Enda dalam keadaan sadar selama operasi caesar. Artinya, Enda bisa melihat bagaimana proses kelahiran bayi Enda.

Seringnya, Enda akan diberi anestesi epidural sebelum melakukan operasi caesar. Selain itu, Enda juga akan diberi obat tambahan buat memastikan bahwa bagian bawah tubuh Enda sungguh meninggal rasa. Tubuh Enda juga akan dimasukkan kateter buat menampung urin (kencing) selama operasi. Tubuh Enda juga akan dipasang infus sebelum operasi dimulai. Antibiotik mungkin akan diberikan melalui infus buat mencegah Enda mengalami infeksi setelah operasi, akan tetapi antibiotik ini juga bisa diberikan setelah operasi. Selanjutnya, rambut pubis (kemaluan) Enda akan dicukur guna memudahkan jalan buat dilakukan sayatan.

Apa yg terjadi dikala operasi caesar?

Saat kepada ruang operasi, waktu obat bius sudah bekerja kepada tubuh Enda, antiseptik akan dioleskan kepada bagian perut Enda. Kemudian dokter akan membuat sayatan mini kepada kulit kepada atas tulang kemaluan Enda.

Dokter akan menyayat kulit Enda secara perlahan sampai tembus kepada bagian rahim. Dari pertama kali sayatan ini didesain sampai bayi lahir, lebih kurang membutuhkan waktu sampai 30 menit paling usang. Ketika pisau operasi sudah mencapai otot perut, dokter akan membuka jalan  secara manual. Dan waktu dokter sudah mencapai rahim, dokter akan memotong secara horizontal kepada bagian bawah rahim Enda.

Saat ini, dokter sudah melihat kepala bayi Enda, kemudian dokter akan menarik keluar kepala bayi Enda. Dan, congrats! Bayi Enda sudah lahir ke global.

Enda bisa melihat bayi Enda segera setelah tali pusar bayi Enda dipotong. Bayi juga akan segera dibersihkan sang perawat. Setelah mengeluarkan bayi Enda, dokter juga akan mengeluarkan plasenta Enda. Namun, proses operasi belum terselesaikan, dokter wajib melakukan penutupan bareng cara menjahit sayatan pulang. Ini merupakan hal yg paling rumit dikala menjalani operasi caesar.

Jahitan yg digunakan buat menutup rahim Enda ini usang-kelamaan akan manunggal bareng tubuh Enda. Lapisan kulit paling luar akan ditutup bareng jahitan atau staples, yg umumnya akan menghilang tiga hari sampai seminggu kemudian. Penutupan rahim Enda ini akan memakan waktu lebih usang, sekitar 30 menit.

Apa yg terjadi setelah operasi caesar?

Setelah proses operasi caesar terselesaikan, kemudian Enda akan diantar ke ruang pemulihan. Kesehatan Enda akan dipantau sang dokter beberapa jam setelah proses operasi terselesaikan. Enda juga masih akan mendapatkan cairan melalui infus sampai Enda bisa makan & minum. Makan & minum yg poly setelah operasi diharapkan buat meningkatkan kecepatan pemulihan tubuh mak.

Saat ini, dampak bius (anestesi) kepada tubuh Enda usang-kelamaan akan menghilang secara sedikit demi sedikit. Enda mungkin akan mencicipi sensasi gatal kepada tubuh Enda buat ad interim waktu, akan tetapi bila nir kunjung mereda, dokter mungkin akan menyampaikan Enda antihistamin.

Enda mungkin akan menghabiskan waktu sekitar tiga hari ke depan kepada tempat tinggal sakit sampai syarat Enda sungguh pulih. Enda akan didorong buat lebih poly berkecimpung daripada hanya berbaring kepada wilayah tidur buat meningkatkan kecepatan pemulihan Enda.
loading...

0 komentar untuk Apa yang Terjadi Selama Operasi Caesar