Apa Saja yang Terkandung Dalam ASI

Apa Saja yang Terkandung Dalam ASI
ASI menyediakan nutrisi yang ideal sekaligus melengkapi semua kebutuhan bayi buat tumbuh, seperti vitamin, protein, dan lemak. Dan itu semua disediakan dalam bentuk yang lebih gampang dicerna daripada susu formula. ASI mengandung antibodi yang membantu bayi Anda melawan virus dan bakteri. Menyusui juga menurunkan risiko bayi Anda terhadap asma atau alergi. Lebih lanjut lagi, bayi yang mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama tanpa pemberian susu formula apapun akan memiliki imun tubuh yang lebih kuat terhadap infeksi telinga, penyakit pernapasan, dan serangan diare. Mereka juga akan lebih jarang di rawat inap dan mengunjungi dokter.

Sejumlah penelitian melaporkan, pemberian ASI ekslusif telah dikaitkan bareng nilai IQ yang lebih tinggi di masa kanak-kanak. Terlebih lagi, kedekatan fisik, sentuhan dari kulit-ke-kulit, dan kontak mata akan memperkuat ikatan bayi bareng Anda sehingga bayi akan merasa kondusif. Bayi yang disusui akan memiliki berat badan yang pas saat bertumbuh, menghindari risiko kelebihan berat badan. Menyusui juga berperan dalam pencegahan SIDS (sindrom kematian bayi mendadak). Diperkirakan, pemberian ASI juga mampu menurunkan risiko diabetes, obesitas, dan kanker tertentu, walaupun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Manfaat menyusui buat ibu

Menyusui membakar kalori berlebih sehingga mampu membantu menurunkan berat badan pascamelahirkan bareng lebih cepat. Menyusui juga mampu memproduksi hormon oksitosin yang membantu rahim pulang ke berukuran semula dan mampu mengurangi perdarahan rahim setelah melahirkan. Menyusui menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium, juga menurunkan risiko osteoporosis.

Karena Anda nir perlu membeli dan mengukur susu formula, mensterilkan puting, atau menghangatkan botol, ini akan berhemat waktu dan uang Anda. Hal ini juga memberi Anda waktu buat bersantai bareng bayi Anda.

Apa yang terkandung dalam ASI?

Terdapat berbagai vitamin dan mineral dalam ASI yaitu:

Protein

Terdapat dua jenis protein dalam ASI yaitu whey dan kasein. Sekitar 60% dari kandungan protein ASI merupakan whey, sedangkan 40% lainnya merupakan protein kasein. Keseimbangan protein baik buat kelancaran pencernaan bayi. Susu formula memiliki persentase kasein yang lebih besar sehingga akan sulit bagi bayi buat mencernanya. Sekitar 60-80% dari semua protein dalam susu insan merupakan protein whey. Protein ini sangat penting buat melindungi diri dari infeksi.

Lemak

Susu insan juga mengandung lemak yang penting buat kesehatan bayi Anda. Hal ini diperlukan buat perkembangan otak, penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, dan merupakan sumber utama kalori. Asam lemak diperlukan bagi otak, retina, dan pengembangan sistem saraf. Asam lemak disimpan dalam otak selama trimester terakhir kehamilan dan juga ditemukan dalam ASI.

Vitamin

Jumlah dan jenis vitamin dalam ASI secara langsung berkaitan bareng asupan vitamin ibu. Inilah alasan mengapa sangat penting bagi ibu buat mendapatkan  nutrisi yang nisbi, termasuk vitamin. Vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K, penting buat kesehatan bayi, Begitu juga vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C, riboflavin, niasin, dan asam panthothenic juga sangat penting. Karena kebutuhan vitamin ini, banyak penyedia layanan kesehatan dan konsultan  akan menyarankan ibu menyusui mengonsumsi vitamin prenatal.

Karbohidrat

Laktosa merupakan karbohidrat utama yang ditemukan dalam susu insan. Karbohidrat memproduksi kurang lebih 40% dari total kalori yang disediakan oleh ASI. Laktosa membantu mengurangi jumlah bakteri nir sehat di dalam perut, yang mana mempertinggi penyerapan kalsium, fosfor, dan magnesium. Menyusui juga membantu imun Anda buat melawan penyakit dan mempertinggi pertumbuhan bakteri sehat di perut.
loading...

0 komentar untuk Apa Saja yang Terkandung Dalam ASI