Apa Manfaat Baby Spa, dan Apakah Perlu

Apa Manfaat Baby Spa, dan Apakah Perlu
Pergi ke spa merupakan salah satu cara buat memanjakan diri Knda ketika sedang dilanda penat atau jika Knda sekadar ingin menyegarkan tubuh dan pikiran. Ternyata, tidak cuma orang dewasa saja yg bisa menikmati perawatan yg memanjakan pada spa. Akhir-akhir ini, kemunculan baby spa atau spa buat bayi sangatlah marak. Di kota-kota besar, Knda bisa menemukan fasilitas spa bayi dengan simpel. Para pelopor industri baby spa ini menjanjikan berbagai manfaat kesehatan buat si buah hati. Namun, benarkah baby spa memang baik buat perkembangan buah hati Knda? Atau jangan-jangan hanya sekadar tren saja? Sebelum Knda memanjakan bayi pada spa, pertimbangkan dulu hal-hal krusial berikut ini.

Seperti apa sih baby spa itu?

Baby spa merupakan perawatan yg dirancang buat menaruh stimulasi positif pada bayi berusia tiga minggu hingga tiga tahun. Umumnya baby spa terbagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama, buah hati Knda akan berendam pada dalam kolam khusus memakai pelampung. Sesi ini biasanya berlangsung selama 10-15 menit, tergantung pada reaksi bayi Knda saat pertama kali masuk ke dalam air. Aika sudah terbiasa, durasinya bisa menjadi 30 menit. Pada sesi ke 2, bayi akan dipijat oleh seseorang terapis. Pijat bayi ini berlangsung selama kira-kira 15 menit.

BACA JUGA: Cara Melakukan Pijat Bayi buat Mendekatkan Knda dan Buah Hati

Setiap fasilitas spa bayi memiliki kebijakan yg tidak selaras-beda. Pada kebanyakan spa bayi, bayi Knda akan berendam pada kolam bersama satu atau 2 bayi lain. Air kolam yg hangat biasanya akan diganti setiap sesi berakhir. Untuk kolam bayi berusia pada atas 6 bulan, airnya mungkin tidak selalu diganti setiap sesi karena sudah memakai teknologi saringan ozon.

Beberapa spa membolehkan Knda atau pasangan buat belajar memijat sendiri si buah hati. Namun, umumnya seseorang terapis yg sudah bersertifikat akan memijat bayi Knda. Karena aturan dan kebijakan setiap spa tidak selaras, sebaiknya Knda cari informasi dulu selengkapnya dan bandingkan beberapa fasilitas spa sebelum mendaftarkan bayi Knda.

Manfaat baby spa bagi buah hati

Karena popularitasnya kian semakin tinggi, para pakar mulai melirik baby spa dan manfaatnya bagi perkembangan mental dan fisik bayi. Menurut berbagai penelitian, perawatan khusus bayi ini ternyata memang baik buat si buah hati. Berikut merupakan majemuk keunggulan baby spa.

Mengambang pada kolam akan membantu bayi melatih keseimbangan.
Mendorong perkembangan motorik dan koordinasi tubuh karena pada dalam air bayi akan belajar menendang-nendang, mengayunkan tubuhnya, dan menggerakkan ke 2 tangannya secara lebih bebas.
Meningkatkan kekuatan otot dan tulang bayi lewat gerakan pada dalam air yg tekanannya lebih besar.
Berendam pada dalam kolam hangat akan membentuk bayi merasa lebih rileks dan tenang. Pijat bayi juga akan mengurangi kegelisahan dan tangisan bayi, terutama ketika sedang tidur pada malam hari.
Mencegah dilema pencernaan lewat pijat bayi.
Mendorong perkembangan otak lewat stimulasi sensorik. Otak akan menghasilkan sel-sel baru setiap bayi beraktivitas pada kolam baby spa. Saraf-saraf otak juga akan membentuk poly koneksi baru karena berbagai indra bayi mendapatkan rangsangan berupa sentuhan dari pijat bayi, wangi dari minyak pijat, dan air hangat saat berendam.
Belajar bersosialisasi dengan bayi lain yg berendam bersamanya.

BACA JUGA: Panduan Aman Membiasakan Bayi buat Berenang

Yang perlu diperhatikan sebelum ikut baby spa

Meskipun baby spa diyakini bermanfaat, para dokter spesialis anak tidak melihatnya menjadi suatu kewajiban. Dilansir dari USA TODAY Network, dr. Hilary McCafferty mengatakan bahwa meskipun berendam pada kolam spa bisa menaruh dampak relaksasi dan stimulasi, manfaat ini juga bisa didapatkan saat bayi mandi pada rumah. Namun, jika Knda ingin mengenalkan buah hati pada pengalaman spa bayi, tidak terdapat salahnya buat mencoba. Lebih lanjut, dokter anak yg tergabung dalam American Academy of Pediatrics ini mengingatkan orangtua buat memerhatikan hal-hal ini sebelum membawa bayi ke spa.

Sebelum ikut baby spa, sebaiknya bayi sudah kenyang dan tidak sedang mengantuk. Kalau lapar dan mengantuk, bayi Knda justru tidak akan bisa menikmati sesi spa.
Cari memahami dan tanyakan metode penyaringan air kolam, bahan kimia apa saja yg terdapat pada dalam kolam, minyak pijat yg digunakan, dan hal-hal lainnya seputar kebersihan dan keamanan spa. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh bayi belum absolut menjadi akibatnya masih sangat rentan terhadap kuman, bakteri, dan zat kimia.
Usahakan buat ikut baby spa bersama bayi lain yg Knda kenal dekat orangtuanya. Ini agar Knda bisa menghindari risiko bayi Knda berendam pada dalam kolam yg sama dengan bayi lain dengan dilema kesehatan tertentu yg menular.
Setiap bayi memiliki proses perkembangan yg tidak selaras-beda. Sebaiknya Knda menilai sendiri dengan bijak apakah bayi Knda sudah siap secara fisik dan mental buat ikut spa bayi. Knda bisa menyiapkan buah hati buat ikut spa dengan mengajaknya main air atau berendam saat bayi mandi.

BACA JUGA: 7 Pose Yoga yg Bisa Dilatih Bersama Bayi Knda
loading...

0 komentar untuk Apa Manfaat Baby Spa, dan Apakah Perlu