7 Makanan Sumber Probiotik, Bakteri Baik untuk Kesehatan

7 Makanan Sumber Probiotik, Bakteri Baik untuk Kesehatan
Mendengar istilah bakteri, orang-orang umumnya selalu membayangkan segala sesuatu yg buruk & bekerjasama bareng penyakit. Toh, Knda mengonsumsi antibiotik buat mengobati infeksi bakteri. Bakteri dalam wilayah yg galat memang menimbulkan duduk perkara, tetapi terdapat juga bakteri yg baik yg bisa menunjang kesehatan kita. Bakteri baik itu namanya probiotik. Dari mana kita bisa mendapatkan asal probiotik? Sebelumnya, kita wajib memahami dulu apa itu probiotik.

Apa itu probiotik?

Probiotik artinya mikroorganisme yg bisa membantu mencegah & menanggulangi penyakit. Membantu sistem pencernaan & menaikkan sistem imunitas artinya kegunaan probiotik yg paling terkenal ketika ini. Probiotik memang terdapat secara natural dalam dalam tubuh kita. Akan tetapi, Knda juga bisa mendapatkan probiotik berdasarkan masakan, minuman, & suplemen.

Probiotik sudah mulai dikenal semenjak awal-awal abad ke-20, dalam mana Elie Metchnikoff, atau yg lebih seringkali dikenal menjadi bapak probiotik, menemukan bahwa penghuni perdesaan Bulgaria bisa hayati dalam jangka waktu yg sangat usang meskipun mereka hayati bareng kelaparan yg ekstrem & cuaca yg buruk. Elie berteori bahwa mereka bisa permanen bertahan hayati karena memanipulasi mikroorganisme yg masih terdapat dalam sistem pencernaan mereka. Caranya artinya bareng mengonsumsi susu asam yg mengandung bakteri-bakteri baik bagi tubuh mereka. Sejak ketika itu, poly penelitian yg dilakukan buat menyebarkan inovasi Elie dalam bidang probiotik.

Bagaimana cara kerja probiotik?

Para peneliti mencoba melakukan penelitian buat mengetahui bagaimana sebenarnya bakteri ini bekerja. Berikut beberapa cara yg memproduksi probiotik berkhasiat bagi kesehatan Knda:

Ketika Knda mengonsumsi antibiotik, maka bukan bakteri yg buruk saja yg terbunuh, tetapi seluruh bakteri baik yg baik juga buruk akan ikut terbunuh. Dengan mengonsumi masakan atau suplemen yg mengandung probiotik, tubuh Knda akan bisa mengembalikan bakeri-bakteri baik yg terbunuh.
Probiotik bisa membantu tubuh Knda menyeimbangkan antara bakteri yg baik & buruk dalam tubuh Knda, menjadi akibatnya tubuh Knda bisa bekerja misalnya sebagaimana mestinya.

Jenis-jenis probiotik

Ada poly bakteri yg bisa diklasifikasikan menjadi probiotik. Semua bakteri tadi memiliki manfaat yg tidak sama, tetapi hampir seluruh bakteri tadi masuk ke dalam dua gerombolan yg sama:

Lactobacillus. Bakteri dalam dalam gerombolan ini artinya mungkin bakteri yg paling poly ditemukan dalam produk probiotik. Bakteri dalam gerombolan ini artinya bakteri yg Knda temui dalam yoghurt atau masakan fermentasi lainnya. Beberapa bakteri dalam kategori ini bisa mencegah diare & membantu orang-orang yg mengidap intoleransi laktosa.
Bifidobacterium. Bakteri dalam dalam gerombolan ini biasa ditemukan dalam masakan berbasis susu. Bakteri dalam kategori ini bisa meringankan gejala dalam penyakit misalnya irritable bowel syndrome (IBS) atau gangguan dalam sistem pencernaan.

Penyakit apa saja yg bisa dicegah atau diatasi sang probiotik?

Probiotik membantu masakan yg Knda konsumsi dicerna sang sistem pencernaan Knda. Sampai ketika ini, peneliti masih mencoba terus mengobservasi penyakit apa yg paling absolut diobati sang probiotik. Beberapa penyakit yg bisa dibantu sang probiotik artinya:

irritable bowel syndrome
inflammatory bowel disease (IBD), yaitu radang usus akbar & usus halus
infeksi diare (bisa ditimbulkan sang virus, bakteri, atau parasit)
diare yg ditimbulkan sang antibiotik

Selain berpengaruh dalam pencernaan Knda, probiotik juga bisa berpengaruh dalam bagian tubuh Knda yg lain, misalnya:

penyakit kulit eksim
kesehatan urin & vagina
mencegah alergi & demam
kesehatan gigi & ekspresi

Makanan & minuman asal probiotik

Beberapa masakan berikut merupakan dikenal menjadi asal probiotik paling baik, & akan lebih baik bila Knda konsumsi sehari-hari buat menjaga kesehatan.

Yoghurt

Salah satu asal probiotik yg paling poly diketahui orang, & paling praktis didapat, artinya yoghurt, terutama yoghurt sintesis sendiri. Yoghurt artinya susu yg ditambah bareng probiotik misalnya lactobacillus atau acidophilus. Aika membeli dalam pasar pasar swalayan, perhatikan bahan-bahan tambahan yg masih terdapat dalam produk yoghurt tadi.

Kefir

Kefir artinya output fermentasi susu kambing yg dicampur bareng kefir grain. Selain mengandung bakteri lactobacilli & bifidus, kefir juga kaya akan antioksidan.

Sauerkraut

Sauerkraut artinya output fermentasi berdasarkan kolonel (bisa juga bareng sayur lain). Sauerkraut nir saja kaya akan probiotik, tetapi bisa juga buat membantu mengurangi alergi. Sauerkraut juga kaya akan Vitamin B, A, E, & C.

Tempe

Makanan yg umumnya jadi sajian sehari-hari dalam Indonesia ini juga kaya akan probiotik. Berasal berdasarkan fermentasi kacang kedelai, tempe mengandung vitamin B12. Termasuk menjadi masakan vegetarian, tempe juga bisa tersaji bareng digoreng sedikit, dipanggang, atau dimakan bareng salad.

Kimchi

Kimchi artinya Sauerkraut versi Asia. Kimchi artinya output fermentasi sawi atau sayuran lain, & cita rasanya asin, asam, sekaligus pedas. Biasanya Kimchi tersaji bareng masakan-masakan lain  Korea. Selain mengandung bakteri yg berguna, Kimchi juga mengandung beta-carotene, kalsium, zat besi, & vitamin A, C, B1, & B2.

Tak seluruh orang boleh mengonsumsi produk probiotik

Secara holistik, masakan & minuman asal probiotik artinya produk yg kondusif dikonsumsi sang setiap orang. Akan tetapi, orang-orang bareng duduk perkara sistem imunitas atau memiliki duduk perkara kesehatan berfokus nir bisa mengonsumsi produk probiotik. Konsultasikanlah terlebih dahulu apakah kondusif bagi Knda buat mengonsumsi produk-produk probiotik.

Dalam beberapa kasus langsung, beberapa imbas samping ketika mengonsumsi produk probiotik artinya sakit perut, diare, perut kembung & bergas selama beberapa hari Knda mulai mengonsumsi produk probiotik. Terkadang, bisa juga masakan probiotik menimbulkan alergi. Jila Knda mengalami hal-hal yg sudah disebutkan ini, berhentilah mengonsumsi masakan probiotik & periksa ke dokter buat pengecekan lebih lanjut.

BACA JUGA:

Probiotik & Prebiotik, Apa Bedanya?
Hati-hati, Ini Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Probiotik
Apakah Minuman Probiotik Aman buat Anak Kecil?
loading...

0 komentar untuk 7 Makanan Sumber Probiotik, Bakteri Baik untuk Kesehatan