Anak Susah Makan Jangan Dimarahi, Mungkin Ini Genetik

Anak Susah Makan Jangan Dimarahi, Mungkin Ini Genetik
Apakah Enda memiliki anak yang susah makan dan pemilih terhadap makanan? Saking pemilihnya sampai Enda bingung memberikan makanan apa yang akan dimakan oleh si mini? Kondisi anak yang menunjuk-milih makan biasanya disebut dengan picky eating.

Apa itu picky eating?

Picky eating tak jarang kali disebut susah makan pada anak bukan sebuah kelainan. Tetapi jikalau terus dilakukan dan kemudian menjadi kebiasaan sampai anak berusia dewasa, maka poly hal jelek yang mungkin saja timbul. Enda mungkin merasakan cemas dan khawatir sebab tak jarang kali ditolak anak jikalau mencoba memberikannya makan.

Kebiasaan picky eating adalah perilaku anak yang hanya mau makan makanan tertentu saja. Selain itu, anak yang memiliki kebiasaan picky eating, biasanya tidak ingin mencoba dan akan menolak makanan baru yang ditawarkan padanya. Oleh karenanya, perilaku ini jua tergolong dengan kondisi kesusahan makan pada anak.

Anak susah makan mungkin disebabkan sebab genetik

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti berasal University of Pennsylvania School of Medicine dan Childrens Hospital of Philadelphia. Dalam penelitian ini, kebiasaan dan pola makan 792 anak kembar yang berusia 7 tahun diteliti.

Peneliti mengelompokkan anak kembar tersebut menjadi dua grup yaitu anak kembar identik dengan anak kembar non-identik. Kemudian, para orangtua diminta untuk mengisi survei yang berisikan tentang pola makan, jenis makanan, dan frekuensi makan berasal si anak.

Dari penelitian ini, diketahui bahwa anak-anak kembar yang identik cenderung menunjuk makanan yang sama dibandingkan dengan anak yang tidak kembar identik. Oleh karenanya, para peneliti menyimpulkan jikalau memang genetik bekerjasama positif dengan kejadian susah makan pada anak.

Sedangkan penelitian yang dilakukan Inggris, melibatkan sebanyak 1932 anak kembar yang lahir di England dan Wales, Inggris. Terdapat 626 anak kembar identik yang mana mereka memiliki gen yang hampir sama dan 1306 anak kembar identik yang hanya memiliki gen yang sama sebanyak 50%. Sama dengan penelitian yang dijelaskan sebelumnya, penelitian ini jua melihat pola makan dan kebiasaan menunjuk makanan pada anak-anak tersebut.

Kemudian diketahui bahwa terdapat 46% anak yang memiliki kebiasaan menunjuk-milih makanannya yang disebabkan oleh genetik. Sedangkan 56% anak yang tak jarang menolak jenis makanan baru yang ditawarkan kepadanya, hal ini jua dianggap disebabkan sebab genetik.

BACA JUGA: Bagaimana Faktor Genetik Mempengaruhi Rupa Bayi Enda?

Lingkungan dan orangtua jua bisa membuat anak susah makan

Penelitian yang melibatkan para anak kembar ini cukup bisa menyimpulkan bahwa memang genetik bisa mempengaruhi perilaku makan anak sebagai akibatnya anak susah makan dan menolak mencoba makanan baru. Efek lingkungan sekitar jua tidak kalah krusial dalam membentuk perilaku makan si anak.

Anak yang diberikan makanan yang beragam sejak mini atau sejak dia sudah dianjurkan untuk mengonsumsi makanan pendamping ASI,cenderung menerima semua makanan yang diberikan padanya tanpa menunjuk-milih. Selain itu, kebiasaan orangtua jua dapat memilih apakah anak menjadi susah makan atau tidak.

Orangtua adalah teladan berasal semua kebiasaan anak, sebagai akibatnya bukan tidak mungkin orangtua yang suka menunjuk-milih makan mempunyai anak yang susah makan dan jua pemilih.

Bagaimana mengatasi anak yang susah makan?

Berikut adalah tips jikalau anak Enda susah makan:

Berikan Anak makanan dengan porsi makan yang mini namun tak jarang, hal ini akan membantu Enda untuk membiasakan anak makan.
Bika anak Enda menolak makanan yang Enda berikan, jangan langsung memarahi dan menekannya dengan omelan Enda. Singkirkan makanan tersebut dengan perlahan, tanpa berkomentar apapun. Tetaplah bersikap tenang.
Enda wajib sabar, sebab waktu makan anak mungkin akan sangat lama.
Sebaiknya jangan memakai makanan sebagai iming-imingan ketika anak Enda rewel, sebab anak mungkin hanya akan berpikir bahwa dia akan diberikan makanan yang manis dibandingkan dengan makanan yang sehat seperti sayur. Hal ini akan membuat anak tidak terlalu tak jarang mengonsumsi makanan manis.

BACA JUGA: Pengaruh Faktor Genetik pada Kanker Payudara

Lalu bagaimana strategi untuk membuat anak makan?

Bika memang anak Enda susah makan, maka ini dia cara yang bisa dilakukan untuk membuat kebiasaannya berubah:

Ingatlah jikalau Enda adalah teladan untuk anak, sebagai akibatnya perilaku dan kebiasaan Enda yang paling mungkin ditirukan anak. Biasakan makan dengan berbagai jenis makanan dan makan bersama dengan anak Enda.
Mintalah anak Enda untuk membantu dalam mempersiapkan makanan yang akan dihidangkan. Dengan begitu mereka akan lebih tertarik untuk makan makanan yang sudah mereka siapkan sendiri.
Buatlah jadwal makan yang teratur dengan posisi makan yang sama. Lebih baik jikalau anak memakai meja dan kursi yang sama setiap dia makan. Hindari makan di depan televisi atau melakukan aktivitas lain selain makan.
Berikan makanan yang beragam dengan hiasan penuh warna di piringnya, hal ini akan meningkatkan keinginannya untuk makan.
Berikan makanan alternatif lain jikalau anak tidak menolak suatu makanan contohnya jikalau anak menolak untuk makan keju, maka coba berikan yogurt sebagai gantinya.

BACA JUGA: Benarkah Perilaku Manusia Adalah Bawaan berasal Lahir?
loading...

0 komentar untuk Anak Susah Makan Jangan Dimarahi, Mungkin Ini Genetik