4 Tips Melindungi Bayi Anda dari Gigitan Nyamuk

4 Tips Melindungi Bayi Anda dari Gigitan Nyamuk
Merawat si kecil yang baru lahir memang sangat sulit untuk Anda yang masih berstatus menjadi orang tua baru. Bahkan sebelum si kecil lahir, Anda sudah kerepotan bareng persiapannya, & bertambah repot saat anak Anda lahir. Tapi tentu ini sepadan bareng kebahagian yang Anda dapatkan. Ada salah satu permasalahan pada negara tropis misalnya Indonesia yang patut Anda perhatikan, yaitu melindungi butir hati Anda yaitu serangga kecil yang tak jarang membuat tidur Anda atau si kecil terganggu, apalagi kalau bukan nyamuk.

Menurut penelitian tercatat lebih dari 3000 spesies nyamuk beterbangan pada muka bumi ini, baik pada tempat yang beriklim panas maupun dingin. Meskipun mampu hidup pada kutub, sebagian akbar nyamuk lebih senang hidup pada daerah yang beriklim tropis bareng kelembaban tinggi misalnya pada Indonesia. Jangan sepelekan serangga kecil ini, karena kasus nyamuk bukan hanya kasus bentol atau gatal setelah digigit namun nyamuk pula mampu menimbulkan banyak sekali macam penyakit yang sangat berbahaya. Anda sempurna sudah hafal penyakit misalnya demam berdarah, malaria, atau chikungunya. Penyakit berbahaya ini ditimbulkan oleh salah satu spesies nyamuk & nyamuk-nyamuk ini terdapat pada negara kita.

Hampir seluruh orang khususnya para orang tua yang memiliki anak bayi maupun balita, sempurna menginginkan rumahnya terbebas dari nyamuk. Anda sempurna tidak ingin Anak Anda terjangkit penyakit yang berbahaya, bukan? Jangan khawatir, sebelum terlambat, Anda mampu membaca  4 tips melindungi bayi Anda dari gigitan nyamuk dari artikel berikut ini.

1. Menjaga kebersihan lingkungan rumah & sekitar

Terdengar sepele memang, akan namun hal ini sangat berdampak akbar untuk Anda. Nyamuk biasa bertelur pada air yang tidak mengalir, misalnya air pada dalam ember, bak mandi, vas bunga, & sebagainya. Telur nyamuk umumnya menetas dalam waktu 7 sampai 10 hari. Karenanya, pastikan bunda mengganti air dalam bak mandi atau vas bunga sesering mungkin. Gosok bareng higienis dinding bak mandi ketika kita mengurasnya supaya telur nyamuk tidak tertinggal pada sana.

Selain itu, pastikan Anda menutup wadah-wadah air pada rumah supaya nyamuk tidak bertelur pada dalamnya, ayah bunda mampu menaburkan serbuk abate pada bak mandi yang susah dikuras untuk membunuh jentik nyamuk.

Teteskan minyak tanah pada atas wadah air yang terbuka diluar. Minyak tanah akan membentuk lapisan pada atas air menjadi akibatnya nyamuk tidak mampu bertelur pada sana. Buang benda-benda yang mampu menampung air hujan dari sekitar rumah karena pula mampu menjadi tempat bagi nyamuk untuk bertelur. Ini artinya langkah primer yang harus Anda lakukan untuk melindungi butir hati Anda dari gigitan nyamuk.

2. Gunakan pakaian yang safety

Salah satu cara yang paling efektif supaya si kecil terhindar dari gigitan nyamuk artinya meminimalisir area kulit yang terbuka. Maksudnya artinya Anda harus memakaikan bayi Anda pakaian berlengan panjang & celana yang panjang. Pakaian-pakaian tadi lebih baik untuk menghindari gigitan nyamuk daripada celana pendek atau rok pendek, terutama saat tidur. Untuk kasus kenyamanan, pilih bahan pakaian yang dingin, menyerap keringat, & memungkinkan peredaran udara supaya si kecil tidak merasa kepanasan.

3. Pasang kelambu anti nyamuk

Memasang kelambu anti nyamuk pada tempat tidur bayi mampu menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk. Penggunaan kelambu umumnya efektif sampai si kecil mulai mampu merangkak sendiri. Kelambu anti nyamuk ini umumnya mampu dibeli pada toko-toko yang menjual perlengkapan bayi. Periksa setiap hari apakah terdapat nyamuk yang terperangkap oleh kelambu.

4. Gunakan lotion anti nyamuk

Bika Anda masih khawatir bayi Anda akan digigit oleh nyamuk, Anda mampu gunakan lotion anti nyamuk. Lalu, apakah safety untuk bayi? Sebagian akbar lotion anti nyamuk yang tersebar pada pasaran mengandung senyawa DEET atau diethyltoluamide. Penelitian menunjukkan bahwa DEET bersifat toksik atau beracun pada mata & jikalau tertelan oleh mulut. Jangan menggunakan lotion anti nyamuk jikalau bayi Anda masih pada bawah 2 bulan, hal ini sangat tidak dianjurkan.

Lotion anti nyamuk yang safety bagi bayi yang baru lahir

Lalu, bagaimanakah melindungi bayi pada bawah 2 bulan dari gigitan nyamuk? Selain mengikuti 3 tips yang Anda sudah baca, jikalau Anda memang membutuhkan lotion anti nyamuk untuk si kecil, Anda mampu menggunakan lotion anti nyamuk dari bahan alami misalnya minyak tawon atau minyak yang mengandung daun sirih (citronella). Nyamuk tidak akan mendekat pada aroma 2 macam minyak ini. Hanya saja perlu diperhatikan, hati-hati menggunakan citronella pada kulit bayi yang luka atau sedang iritasi karena mampu menimbulkan perih.

Sudah kewajiban Anda menjadi orang tua untuk melindungi butir hati dari segala macam hal yang membahayakan dirinya termasuk dari nyamuk pembawa penyakit. Bika Anda masih merasa ragu untuk menggunakan lotion anti nyamuk atau minyak, terdapat baiknya konsultasikan bareng dokter bayi Anda.

BACA JUGA

7 Alasan Mengapa Anda Sering Digigit Nyamuk
Mengenali Bintik Merah Tanda Demam Berdarah
Amankah Penggunaan Obat Nyamuk untuk Ibu Hamil?
loading...

0 komentar untuk 4 Tips Melindungi Bayi Anda dari Gigitan Nyamuk