3 Kunci Penting Agar Perkembangan Anak Lebih Optimal

3 Kunci Penting Agar Perkembangan Anak Lebih Optimal
Masa mini adalah masa pertumbuhan dan perkembangan yg sangat cepat. Pada masa ini, tidak hanya berat badan dan tinggi badan yg cepat bertambah, tapi kemampuan anak juga semakin bertambah poly. Si Kecil sanggup belajar poly hal dan sanggup mendapatkan pembelajaran bareng sangat mudah. Sehingga, penting bagi Bunda untuk memerhatikan dan mendukung perkembangan si Kecil. Menurut WHO, dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak anak, terdapat 3 hal penting yg harus dipenuhi, yaitu nutrisi, stimulasi, dan cinta orangtua.

Beri stimulasi kepada si mini didasarkan  perkembangan kepada usianya

Setiap pertumbuhan dan perkembangan yg terjadi kepada si Kecil sempurna akan bhineka. Tergantung dari stimulasi dan afeksi yg diterima si Kecil. Kekurangan stimulasi yg diterima si Kecil dan kualitas kontak antara orangtua dan si Kecil yg rendah sanggup menghambat perkembangan emosional, sosial, fisik, dan kognitif.

Lingkungan kepada mana si Kecil bertumbuh sangat menentukan perkembangan otaknya, terutama kepada usia 1-3 tahun. Usia 1-3 adalah masa penting yg tidak sanggup diulang kepada kehidupan selanjutnya. Selama 3 tahun pertama kehidupan ini terjadi perkembangan otak yg sangat cepat dan si Kecil sangat mudah merespon segala sesuatu yg diterimanya dari lingkungan kurang lebih. Sebagian akbar perkembangan otak dan saraf yg mendukung komunikasi, pemahaman, perkembangan sosial, dan emosional terjadi bareng cepat kepada masa ini.

Perkembangan cepat otak si Kecil pun akan berlanjut sampai usia lima tahun dan akan paripurna kepada usia 6-8 tahun. Sehingga selama masa tersebut, Bunda perlu menyampaikan stimulasi dan afeksi optimal untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Bagaimana cara menyampaikan stimulasi? Ini sanggup diberikan bareng cara bermain.

Bermain adalah aktivitas penting, kepada mana ini adalah kesempatan si Kecil mengeksplor kemampuannya. Saat si Kecil bereksplorasi, dibutuhkan perhatian dan konsentrasi, sebagai akibatnya sanggup mendukung perkembangan kemampuan belajar, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah. Dengan bermain, si Kecil juga sanggup meningkatkan hubungannya bareng Bunda maupun bareng anak-anak lainnya.

Bunda sanggup mendukung eksplorasi si mini bareng berkata IYA BOLEH kepada setiap kegiatan yg ingin dilakukannya. Dengan catatan, Bunda permanen menemani dan membimbing si Kecil saat dirinya bereksplorasi, sebagai akibatnya si Kecil merasa kondusif dan nyaman. Jangan batasi si Kecil untuk mengeksplorasi kemampuannya alasannya ini sama saja bareng membatasi si Kecil belajar dan berkembang.

Nutrisi dibutuhkan untuk melindungi si mini saat bereksplorasi

Selain stimulasi dan cinta orangtua, nutrisi juga penting diberikan kepada si Kecil untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Pemenuhan nutrisi yg sempurna sanggup mendukung kesehatan si Kecil. Si Kecil yg sehat lebih sanggup menyebarkan kemampuan fisik, kognitif, dan sosial emosional. Si Kecil yg sporadis sakit juga mempunyai lebih poly waktu untuk mengeksplor dirinya dan menyebarkan kemampuannya bareng baik.

Saat si Kecil bereksplorasi, beliau lebih rentan terpapar bareng aneka macam kuman, bakteri, dan virus yg sanggup mengakibatkan penyakit. Oleh karenanya, proteksi perlu diberikan bareng cara mencukupi kebutuhan nutrisinya. Nutrisi langsung sanggup membantu meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil sebagai akibatnya sanggup melindungi si Kecil dari penyakit. Salah satu nutrisi yg dibutuhkan adalah probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yg berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan usus dan kekebalan tubuh.

Bunda harus pandai-pandai menyediakan makanan bareng nutrisi lengkap, yg terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Susu juga dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil yg tinggi. Banyak susu pertumbuhan yg sudah dilengkapi mineral penting dan asam lemak untuk mendukung pertumbuhan si Kecil didasarkan  usia.

Katakan IYA BOLEH untuk mendukung eksplorasi si mini

Dengan membiarkan si Kecil bermain kepada luar untuk bereksplorasi, artinya Bunda sedang menstimulasi tumbuh kembang si Kecil. Pada usia ini, otak anak sedang berkembang bareng cepat, sebagai akibatnya stimulasi dibutuhkan agar si Kecil tumbuh cerdas.

Penelitian yg dipresentasikan dalam rendezvous Society for Neuroscience tahun 2012 pun sudah menaruh bahwa stimulasi usia anak sangat vital untuk kecerdasan anak kedepannya. Penelitian ini indikasi bahwa stimulasi kepada usia kurang lebih 4 tahun sanggup membantu menyebarkan bagian otak (terutama terkait bahasa dan kognisi) bahkan sampai 15 tahun ke depan.

Jadi, mulai kini katakan IYA BOLEH jikalau si Kecil ingin bermain kepada luar. Melarang si Kecil hanya akan membatasi ruang eksplorasi si Kecil dan juga membatasi perkembangan si Kecil. Katakan IYA BOLEH untuk si Kecil sanggup bereksplorasi. Bunda hanya perlu mengawasinya saat si Kecil bermain kepada luar. Dengan bermain kepada luar, poly hal-hal baru yg sanggup si Kecil pelajari. Si Kecil sanggup belajar untuk mengatasi masalahnya sendiri, juga sanggup berinteraksi dan membentuk kemampuan bersosialisasi bareng temannya.
loading...

0 komentar untuk 3 Kunci Penting Agar Perkembangan Anak Lebih Optimal