Seperti Apa Proses Melahirkan Dalam Air

Seperti Apa Proses Melahirkan Dalam Air
Melahirkan dalam air (water birth) menjadi galat satu metode persalinan alami pilihan poly calon mak, alasannya adalah dikenal menjadi bisa menyampaikan efek menenangkan & minim rasa sakit. Namun nir seluruh wanita ternyata boleh melahirkan dalam air. Memang, mirip apa sih prosesnya? Baca selengkapnya dalam sini.

Siapa saja yg bisa melahirkan dalam air?

Tidak seluruh mak hamil bisa menjalankan water birth. Hal ini alasannya adalah water birth bisa mengakibatkan risiko yg fatal bagi Knda & bayi jikalau nir dilakukan beserta mekanisme yg betul. Dilansir berasal Baby Center, Knda boleh melahirkan dalam air jikalau:

Knda bisa melahirkan normal
Usia kehamilan Knda sudah lebih berasal 37 minggu
Hanya terdapat satu bayi dalam kandungan (bukan kehamilan kembar)
Bayi dalam kandungan sudah dalam posisi yg betul (kepala dalam bawah)
Tanda-menandakan melahirkan sudah timbul beserta sendirinya atau berlangsung sehabis induksi beserta prostaglandin
Cairan ketuban pecah sebelum bayi Knda keluar & cairan ketuban higienis (nir terdapat darah atau kotoran pertama bayi)
Knda nir mempunyai komplikasi kehamilan
Tekanan darah normal
Bayi Knda sehat & nir memberikan gejala sulit keluar

Apa persiapan yg diperlukan buat menjalani water birth?

Sebelum menjalankan water birth, beberapa hal mungkin wajib Knda tentukan demi kelancaran proses water birth, dalam antaranya:

Konsultasi beserta dokter apakah Knda bisa menjalankan kelahiran dalam air. Pastikan syarat Knda & janin sungguh bisa menjalankan water birth. Bika bisa, kemudian carilah dokter atau bidan yg bisa membantu Knda melahirkan dalam air. Tidak seluruh dokter atau bidan mungkin bersedia.
Tentukan dalam mana Knda ingin menjalankan water birth, dalam tempat tinggal sakit atau dalam tempat tinggal. Bika dalam tempat tinggal sakit, Knda wajib mencari tempat tinggal sakit yg bisa menyediakan fasilitas buat water birth (contohnya, bak air buat melahirkan). Bika dalam tempat tinggal, Knda tentu wajib menyediakan poly sekali hal.

Hal yg wajib Knda persiapkan jikalau melahirkan dalam air dalam tempat tinggal:

Bak air buat melahirkan. Pilih bak air yg nisbi akbar buat Knda duduk beserta nyaman & nisbi dalam agar air mencapai ketiak Knda ketika duduk dalam bak. Pastikan bak air sudah dibersihkan sebelum Knda pakai buat melahirkan.
Siapkan asal air buat diisi ke dalam bak. Air yg digunakan buat proses melahirkan wajib sungguh higienis berasal kuman & mempunyai suhu 35-38 derajat Celcius. Air yg dipergunakan wajib hangat didasarkan  hasrat Knda agar Knda merasa nyaman ketika dalam dalam bak. Knda bisa memeroleh air hangat ini pribadi berasal keran tempat tinggal Knda, disambungkan ke bak melalui selang. Atau, Knda juga bisa mengungkep air terlebih dahulu hingga mencapai kehangatan yg diinginkan kemudian diisikan ke dalam bak. Knda mungkin perlu menambahkan secangkir garam ke dalam bak air buat mencegah kulit menjadi keriput ketika berlama-usang dalam air.
Lakukan simulasi berasal menyiapkan bak hingga mengisi bak beserta air hangat menjadi akibatnya Knda bisa memilih berapa usang waktu yg diperlukan buat menyiapkannya.
Tentukan dalam ruangan mana dalam tempat tinggal Knda menjadi wilayah melahirkan. Pilih ruangan yg nisbi akbar menjadi akibatnya bak air bisa masuk ke dalam. Pilih juga ruangan beserta suhu sejuk, nir terlalu panas juga terlalu dingin menjadi akibatnya Knda nyaman. Pastikan lantai dalam ruangan tadi nisbi bertenaga buat menunda beban berasal bak air yg terisi penuh.

Bagaimana proses water birth berlangsung?

Persiapan persalinan

Menjelang hari kelahiran, usahakan seluruh persiapan sudah rampung dilakukan. Jadi, ketika gejala melahirkan sudah tiba, Knda nir perlu menunggu usang lagi buat mempersiapkannya.

Bika gejala melahirkan sudah terlihat (mirip kontraksi monoton & leher rahim mulai melebar), usahakan hubungi dokter atau bidan Knda. Kemudian, isi bak beserta air hangat & tunggu hingga dokter atau bidan tiba sebelum Knda masuk ke dalam bak.

Siapkan juga air minum & lap higienis buat mencegah kekurangan cairan tubuh ketika melahirkan. Lap higienis bisa dicelupkan ke dalam air dingin & taruh dalam leher atau punggung Knda menjadi akibatnya Knda nir merasa kepanasan & lebih nyaman.

Melahirkan bayi dalam air

Tunggu hingga Knda mencicipi kontraksi bertenaga buat melahirkan. Beberapa pakar merekomendasikan agar Knda menunggu hingga leher rahim melebar setidaknya lima cm. Bika persalinan melambat ketika Knda dalam luar air, cobalah masuk ke dalam air alasannya adalah ini bisa merangsang persalinan.

Saat dalam air, temukanlah posisi yg nyaman, contohnya jongkok, bersandar, berlutut, & lainnya. Pasangan Knda bisa masuk menemani Knda dalam kolam buat membantu menenangkan & memberi kekuatan dalam Knda. Ikuti instruksi dokter atau bidan Knda kapan waktu yg sempurna buat mengejan, ini artinya bagian yg paling berbahaya ketika melahirkan.

Saat terdapat dorongan yg sempurna, mak mengejan & keluarlah bayi berasal ekspresi rahim. Mendorong bayi keluar ketika ini mungkin lebih simpel alasannya adalah dorongan berasal air turut membantu. Setelah bayi keluar, bayi akan dibawa sang dokter atau bidan ke bagian atas air secara perlahan, menjadi akibatnya tali sentra bayi nir terlepas atau rusak. Saat pertama kali hidung bayi bersentuhan beserta udara, inilah pertama kali bayi bernapas.

Setelah bersalin dalam air

Setelah bayi lahir, tugas Knda belum terselesaikan alasannya adalah Knda wajib melahirkan plasenta. Knda bisa melahirkan plasenta dalam dalam juga dalam luar air. Beberapa mak mungkin memilih permanen berada dalam air buat melahirkan plasenta. Namun, jikalau plasenta terlalu usang buat dilahirkan, usahakan keluar berasal bak & lahirkan plasenta dalam luar air.
loading...

0 komentar untuk Seperti Apa Proses Melahirkan Dalam Air