8 Pose Yoga yang Baik untuk Melatih Panggul Saat Hamil (Hip Opening)

8 Pose Yoga
Saat Knda berbadan 2, perubahan hormon terjadi semenjak dalam awal kehamilan yang tidak sporadis memproduksi Knda merasa mual, pusing, & tubuh terasa lelah. Sering kali Knda mencicipi rasa sakit dalam persendian tubuh, contohnya ngilu dalam area panggul Knda. Hal ini ditimbulkan sang hormon yang dikenal sebagai relaxin. Hormon ini bertugas buat melenturkan/melemaskan otot-otot, persendian, & ligamen dalam tubuh Knda, beserta tujuan memastikan tubuh Knda siap buat melahirkan.

Walaupun tubuh Knda secara otomatis akan dibantu sang aneka macam hormon buat bersiap menyambut proses kelahiran, akan lebih baik jika Knda berlatih secara rutin buat meregangkan area panggul Knda sepanjang masa kehamilan. Berikut adalah 8 pose favorit saya yang biasa rutin saya latih sepanjang masa kehamilan buat membantu melatih panggul agar lebih lentur & bertenaga dalam mempersiapkan kelahiran normal.

1. Easy Pose (Sukhasana)

Seperti namanya, easy pose sanggup jadi adalah posisi hip opening yang paling praktis buat dilatih, & sanggup dilakukan kapan saja. Walau terlihat praktis, tidak seluruh orang sanggup melakukannya, terutama bagi laki-laki yang acapkali kali otot-ototnya lebih kaku. Pose ini sanggup Knda lakukan setiap kali memulai latihan yoga disertai beserta latihan pernapasan buat menyelaraskan pikiran & tubuh, & sanggup Knda lakukan pergi sebelum mengakhiri latihan Yoga Knda.

Manfaat:

Posisi ini melatih otot panggul lebih terbuka, tulang punggung (spine) memanjang, membuka area dada, & jika disertai latihan pernapasan akan menaikkan penekanan, ekuilibrium, kenyamanan diri yang baik buat menghilangkan rasa lelah & rasa cemas atau risi yang acapkali dirasakan waktu kehamilan & jelang proses kelahiran bayi.

2. Child Pose (Balasana)

Posisi ini adalah posisi yang dinantikan-tunggu setiap kali Knda berlatih dalam kelas yoga, karena posisi ini sangat baik buat rehat sejenak dalam sela-sela latihan yoga yang bergerak maju. Terutama waktu Knda hamil, rasanya ingin sepanjang kelas isinya hanya child pose saja.

Manfaat:

Posisi ini baik buat membuka area panggul & paha dalam & meregangkan tulang kelangkang (sacrum). Melatih posisi ini sanggup membantu Knda melepaskan rasa tegang atau tertekan & membantu menenangkan pikiran dan menaikkan rasa hening & kesiapan jelang kelahiran bayi Knda. Saat Knda melatih posisi ini, minta pasangan Knda membantu memijat area punggung & pinggang buat membantu relaksasi tubuh secara holistik.

tiga. Butterfly Pose (Baddha Konasana)

Posisi ini adalah posisi yang paling acapkali saya latih sepanjang masa kehamilan karena sangat baik buat membuka area panggul & dalam waktu yang sama sanggup membantu saya buat relaksasi tubuh & pikiran.

Manfaat:

Posisi ini baik buat membuka area panggul & paha dalam, menaikkan asupan oksigen dalam plasenta, membantu mengarahkan bayi Knda buat turun menuju area pelvis mempersiapkan Knda & bayi buat proses kelahiran, membantu relaksasi seluruh bagian tubuh, & membantu proses pembukaan jika dilakukan waktu kontraksi terjadi.

4. Wide Angle Seated Forward Bend (Upavistha Konasana)

Melatih posisi ini sangat baik buat kehamilan Knda, terutama jika Knda mulai mencicipi beban berat berasal area perut yang kemudian mengakibatkan sakit pinggang.

Manfaat:

Posisi ini sangat baik buat membuka panggul & tulang kelangkang (sacrum), menghilangkan rasa tegang dalam tulang punggung, pinggang bawah, & paha dalam. Di waktu yang sama, posisi ini pula membantu menaikkan asupan oksigen dalam plasenta.

5. Cresent Lunge (Anjeneyasana)

Sepanjang kehamilan, acapkali kali Knda merasa kehilangan tenaga, atau Knda menyukai latihan yoga yang bergerak maju akan tetapi tubuh Knda tidak sanggup melakukannya karena poly faktor kehamilan yang berperan. Knda sanggup mencoba melakukan cresent lunge secara rutin karena posisi ini nisbi powerful & menantang buat dilakukan dalam kala hamil.

Manfaat:

Posisi ini baik buat membuka panggul & mempersiapkan panggul buat kelahiran bayi, membantu mengarahkan bayi ke area pelvis Knda, menyampaikan ruang dalam bayi Knda buat melakukan posisi rotasi internal, & membantu pembukaan jika dilakukan waktu kontraksi terjadi.

6. Half Pigeon Pose (Ardha Kapotasana)

Salah satu hal yang acapkali terjadi secara awam dalam kala hamil adalah linu dalam area panggul yang acapkali dikenal sebagai sciatica, dalam mana Knda mencicipi nyeri yang menjalar berasal punggung bawah hingga ke paha, betis, tumit, & telapak kaki baik dalam satu sisi juga ke 2 sisi kaki. Hal ini pula saya alami waktu kehamilan memasuki trimester akhir & posisi half pigeon pose sangat membantu buat mengurangi & bahkan menghilangkan rasa nyeri atau kram jika dilakukan secara rutin.

Manfaat:

Selain berguna buat mengurangi atau menghilangkan nyeri implikasi sciatica misalnya yang saya jelaskan sebelumnya, posisi ini baik buat membuka panggul, & mempersiapkan panggul buat kelahiran bayi Knda. Posisi ini pula membantu mengarahkan bayi ke area pelvis Knda, menyampaikan ruang dalam bayi Knda buat melakukan posisi rotasi internal, & membantu pembukaan jika dilakukan waktu kontraksi terjadi.

7. Squat Pose (Malasana)

Posisi jongkok atau squat adalah posisi yang baik buat dilatih sepanjang kehamilan karena sangat efektif membantu area panggul buat terbuka. Posisi ini pula sanggup digunakan sebagai posisi melahirkan jika dokter Knda mengijinkan, karena beserta posisi ini, gravitasi akan membantu bayi Knda buat lahir lebih praktis.

Manfaat :

Sangat berguna mengurangi atau menghilangkan ketegangan dalam tulang punggung, bahu, & leher, menaikkan asupan oksigen dalam plasenta, membuka area panggul & tulang kelangkang (sacrum), mengurangi sakit pinggang, membantu mengurangi rasa lelah, membantu pembukaan jika dilakukan waktu kontraksi

8. Happy Baby Pose (Ananda Balasana)

Seperti namanya, berlatih posisi ini rasanya sanggup memproduksi hati bahagia karena ada elemen playful waktu melakukannya. Jila Knda sudah ada dalam trimester terakhir kehamilan & merasa kurang nyaman berbaring dalam punggung Knda, hindari pose ini atau pakai alas selimut atau bantal tipis buat menopang pinggang & agar lebih nyaman waktu melatih posisi ini.

Manfaat:

Posisi ini sanggup menghilangkan rasa mual atau pusing implikasi hormon semasa kehamilan waktu Knda berbaring beserta kepala Knda menyentuh matras/lantai, membantu meregangkan otot panggul & menghilangkan kram dalam area uterus, & memproduksi Knda lebih rileks karena Knda meregangkan seluruh bagian tubuh Knda secara nyaman.

*Dian Sonnerstedt adalah pelatih yoga profesional yang aktif mengajar bermacam-macam jenis yoga berasal Hatha, Vinyasa, Yin, & Prenatal Yoga baik buat kelas privat, perkantoran, juga dalam Ubud Yoga Centre, Bali. Dian waktu ini terdaftar dalam YogaAlliance.org & sanggup dihubungi tertentu melalui instagramnya, @diansonnerstedt.

BACA JUGA:

5 Tips Tetap Yoga Saat Puasa
Panduan Latihan Prenatal Yoga dalam Rumah: 14 Pose Berdiri (Standing Poses)
7 Manfaat Prenatal Yoga Bagi Ibu Hamil
loading...

0 komentar untuk 8 Pose Yoga yang Baik untuk Melatih Panggul Saat Hamil (Hip Opening)