11 Fakta Menakjubkan Tentang Pertumbuhan Janin Dalam Kandungan

11 Fakta Menakjubkan Tentang Pertumbuhan Janin Dalam Kandungan
Usia kehamilan sebenarnya mulai dihitung sumber hari pertama menstruasi terakhir sebelum kehamilan terjadi menjadi akibatnya dalam minggu pertama & ke 2, kehamilan belum terjadi. Pembuahan mungkin terjadi dalam minggu ke-tiga & berikut ialah liputan mengenai pertumbuhan & perkembangan janin yg mungkin belum Enda ketahui.

Fakta unik mengenai perkembangan janin dalam kandungan

1. Janin sudah memiliki rambut halus dalam dalam kandungan

Memang aneh kedengarannya, akan tetapi ternyata setiap janin memiliki kumis halus. Rambut halus atau disebut juga menjadi lanugo, tumbuh ketika janin berusia lima minggu & akan hilang ketika janin memasuki minggu ketujuh atau 8. Bahkan buat beberapa kasus, rambut-rambut ini akan terbawa hingga bayi lahir, akan tetapi akan hilang dalam beberapa hari atau minggu kemudian.

2. Tulang yg tumbuh dalam janin lebih poly dibandingkan beserta tulang orang dewasa

Semasa perkembangan janin dalam dalam kandungan & setelah lahir, bayi setidaknya memiliki 300 tulang aktif tumbuh. Sedangkan dalam orang dewasa, total tulang yg muncul dalam dalam tubuh hanya sebesar 206 tulang.

tiga. Jantung dalam janin sudah bekerja semenjak satu bulan

Rata-homogen diperlukan waktu kurang lebih satu bulan setelah pembuahan buat membangun jantung dalam janin bekerja. Jantung dalam janin yg berumur satu bulan sudah bisa bekerja misalnya jantung orang dewasa, yaitu mengatur peredaran darah dalam tubuh.

4. Sudah bisa menangis & tertawa

Ternyata, bayi sudah bisa menangis semenjak dalam kandungan. Hal ini terjadi dalam minggu ke-26. Sebuah penelitian yg dilakukan sang The Archives of Disease in Childhood indikasi bahwa janin dalam usia kehamilan minggu ke-26 terlihat menangis. Rekaman video ultrasound menampakan bahwa janin menolehkan kepalanya, membuka mulutnya, & berekspresi misalnya orang menangis. Kemudian dalam minggu ke-35 juga terlihat beberapa gerakan dalam muka, menampakan misalnya orang sedang tertawa.

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa semenjak memasuki usia kehamilan minggu ke-26, bayi sudah mulai belajar buat menggerakkan otot-otot mukanya beserta cara melakukan aktualisasi diri-aktualisasi diri sederhana, misalnya menangis & tertawa.

lima. Dapat mencicipi masakan yg dimakan bunda

Bika Enda makan malam, maka bayi yg Enda kandung bisa mencicipi rasa sumber masakan yg Enda makan, misalnya rasa bawang putih, jahe, & rasa anggun, yg dirasakan bayi melalui air ketubannya. Peneliti percaya bahwa hal ini baik buat mempersiapkan & membangun rasa-rasa yg nantinya akan dia nikmati dalam ketika lahir nanti.

6. Membuka mata

Apakah Enda memahami bahwa bayi Enda nir selalu tidur? Pada usia kehamilan minggu ke-28, bayi dalam kandungan membuka matanya sekali waktu, walaupun dia belum bisa melihat apapun. Namun, dia akan mulai beraksi beserta cahaya jelas sumber luar. Peneliti menyatakan bahwa cahaya yg sangat jelas bisa terlihat & masuk melalui abdomen bunda.

7. Mulai bermimpi

Perkembangan janin dalam dalam kandungan juga termasuk apa yg terjadi dalam alam bawah sadarnya, yaitu mimpi. Bermimpi nir hanya bisa dilakukan ketika anak sudah lahir, bayi yg masih dalam dalam kandungan ternyata bisa bermimpi. Ketika kehamilan memasuki usia minggu ke-30 diketahui bahwa janin sudah mengalami tidur REM (Rapid Eye Movement) yg adalah tahapan tidur terjadinya mimpi.

8. Janin buang air mini dalam dalam kandungan & kemudian menelannya pergi

Untuk menyebarkan & membangun fungsi ginjal dalam janin, semenjak minggu ke 16, janin menelan air ketuban kemudian membuangnya pergi menjadi air ketuban. Bahkan produksi air ketuban, didominasi sumber cairan urin yg dimuntahkan sang janin. Setidaknya janin mengeluarkan cairan urin sebesar 300 mililiter/kg berat badan janin/hari. Penurunan produksi urin sumber janin, bisa mengakibatkan penurunan jumlah air ketuban. Hal ini bisa menjadikan oligohidramnion (jumlah air ketuban berkurang) yg kemudian bisa mengakibatkan kematian janin hingga 80%.

9. Janin nir memiliki tempurung lutut

Tempurung lutut nir tumbuh ketika bayi berada dalam dalam kandungan, akan tetapi akan tumbuh & terbentuk setelah kelahiran, ketika bayi berumur enam bulan.

10. Suka beserta rasa anggun

Janin sudah bisa mencicipi aneka macam rasa ketika memasuki minggu ke -15 usia kelahiran. Saat itu, bayi juga sudah menampakan bahwa dia senang beserta rasa anggun beserta cara menelan lebih poly air ketuban ketika rasa manisnya tinggi, & janin nir menelan poly air ketika rasa air ketuban getir.

11. Bisa mencium bau

Janin yg memasuki usia minggu ke-28, ternyata juga bisa mencium bau yg nir sedap dalam sekitarnya.

Demikianlah liputan-liputan mengenai perkembangan janin dalam dalam kandungan. Mana yg paling mengejutkan bagi Enda?
loading...

0 komentar untuk 11 Fakta Menakjubkan Tentang Pertumbuhan Janin Dalam Kandungan