Lidah Panas Akibat Makanan Terlalu Panas Begini Mengatasinya

Lidah Panas Akibat Makanan Terlalu Panas Begini Mengatasinya
Saat ini sudah poly restoran yg menunjukkan pilihan buat mengolah kuliner sendiri dalam meja, menyenangkan cita rasanya ketika kita bisa menentukan taraf kematangan kuliner yg ingin kita makan. Ada jua yg menyajikan kuliner cepat saji beserta hot plate, dalam mana kita wajib menunggu makanannya matang terlebih dahulu beserta mengaduk-ngaduknya. Namun, rasa lapar pun kadang sudah tidak tertahankan, uap yg mengepul berasal kuliner membuat kita ingin cepat-cepat menyicipinya.

Akhirnya kita memutuskan buat menyicipi kuliner panas tadi secepatnya, hanya meniup-niupnya buat sementara kemudian melahapnya. Tiba-datang saja pengecap kita pun mencicipi sensasi mirip terbakar. Pernahkah Knda mengalami hal tadi? Alhasil, pengecap menjadi kelu & rasa kuliner nir bisa dicecap beserta baik. Kejadian nir sengaja memakan & meminum minuman panas pun nir hanya sekali 2 kali saja, bahkan terkadang kita lupa menyeruput kopi atau minuman lainnya yg masih panas. Bagaimana penyelesaiannya?

Bagaimana cara mengatasi pengecap panas?

Lidah panas memiliki level sensasi panas yg tidak sinkron. Perbedaan tadi dipengaruhi berasal seberapa poly lapisan yg terluka, mirip berikut:

Tingkat pertama: luka bakar dalam pengecap hanya dalam lapisan luar saja. Efek yg dialami adalah rasa sakit, selain itu pengecap Knda akan mengalami bengkak & memerah
Tingkat ke 2: rasa terbakar lebih menyakitkan, alasannya lapisan luas & lapisan bawah terluka. Pada taraf ini, pengecap bisa lecet alasannya melepuh, bengkak & kemerahan dalam pengecap jua akan Knda alami
Tingkat ketiga: dalam taraf ini, luka bakar mensugesti jaringan terdalam pengecap. Efek yg disebabkan bisa berupa rona kulit menjadi putih atau hitam mirip kulit terbakar. Lidah Knda jua akan mengalami tewas rasa & sakit parah

Rasa sakit yg disebabkan bisa mengganggu kegiatan Knda mirip tidur, makan, & berbicara. Knda bisa memakai obat penghilang rasa sakit alias pain killers buat meredakan rasa sakit yg disebabkan. Namun, Knda jua bisa mencoba cara berikut buat mengatasi pengecap terbakar agar rasa sakitnya mereda:

1. Berikan sesuatu yg dingin

Knda jua bisa menyampaikan rabat es batu. Menurut Hadie Rifai, DDS, dokter gigi dalam Klinik Cleveland yg dikutip Everyday Health, mengemut es batu jua bisa meringankan sensasi pengecap panas. Knda jua bisa memakan kuliner dingin lainnya. Pilihlah kuliner yg simpel ditelan mirip es krim atau frozen yogurt, selain simpel ditelan, kuliner tadi jua simpel ditemukan. Memakan kuliner yg simpel ditelan dibutuhkan buat menyampaikan waktu dalam pengecap Knda agar lebih simpel menyembuhkan diri. Knda bisa mendiamkan kuliner dingin tadi beberapa menit dalam verbal, agar nir terjadi bengkak dalam pengecap Knda.

2. Meminum air putih

Meminum air putih yg dingin adalah hal pertama yg bisa Knda lakukan buat menetralkan rasa panas tadi. Ketika pengecap terbakar sehabis makan & minuman panas, pengecap akan terasa kemarau alasannya verbal kehilangan kelembapannya. Tak sporadis rasa kemarau pun mengakibatkan pengecap terasa sakit & sariawan pun bisa timbul apabila seseorang mengalami luka bakar taraf 2. Membuat verbal permanen lembap bisa mengurangi rasa perihnya. Knda bisa meminumnya ketika verbal terasa kemarau, bahkan usahakan jangan menunggu verbal terasa perih sekali & kemarau.

Memakan kuliner panas jua bisa membuat langit-langit verbal Knda menjadi kemarau, ini bisa menimbulkan verbal kemarau & mengakibatkan sakit tenggorokan. Memperbanyak minum bisa mengurangi risiko sakit tenggorokan ini.

3. Berkumur beserta air garam

Menurut The U.S. National Library of Medicine, berkumur beserta garam bisa mengurangi rasa sakit. Air garam adalah solusi isotonik, apabila dipergunakan berkumur nir akan mengiritasi membran mukosa membran yg melapisi beberapa organ tubuh termasuk verbal. Air garam direkomendasikan alasannya metode penyembuhan ini sangat ringan. Knda bisa menyiapkan satu gelas air dingin, kemudian dibubuhi beserta satu sendok teh garam, kemudian campurkan. Berkumulah kira-kira selama 30 detik. Aika memungkinkan, abaikan butiran garam tadi melapisi pengecap Knda. Tak hanya menyembuhkan, garam jua akan membersihkan lecet-lecet dalam pengecap Knda.

4. Menghindari beberapa kuliner

Knda jua wajib menghindari beberapa kuliner selama masa penyembuhan pengecap, mirip kuliner pedas. Makanan pedas bisa mengakibatkan peradangan dalam pengecap Knda yg lecet, mengakibatkan rasa sakit yg semakin parah & proses penyembuhan pun bisa tertunda. Capsaicin yg terkadung dalam kuliner pedas bisa mengiritasi kulit Knda yg terluka. Selain itu yg perlu Knda hindari adalah kopi & teh panas, alasannya bisa menambah lecet-lecet dalam verbal Knda, celoteh American Academy of Family Physicians yg dikutip Livestrong. Selain itu Knda jua usahakan menghindari makan kuliner yg asam mirip jeruk, jeruk nipis, lemon, nanas, tomat & cuka.

lima. Obat-obatan

Knda bisa mengonsumsi beberapa obat-obatan penghilang sakit. Menurut Steve Krendl, DDS, berasal Hopewell Dental Care dalam New Jersey, ibuprofen & acetaminofen kondusif buat dikonsumsi ketika pengecap terbakar. Keduanya bisa meringankan sakit & peradangan.

6. Madu & susu

Knda jua bisa meminum susu, alasannya melapisi pengecap beserta susu bisa meringankan sensasi terbakar, sama halnya beserta madu. Madu bisa menaikkan genre darah dalam verbal buat menyembuhkan pengecap panas. Knda jua bisa menambah asupan kuliner yg kaya akan zat besi mirip bayam, daging, buah kemarau & lain-lain. Zat besi bisa menghasilkan sel darah merah, yg mana bisa mengubah sel-sel pengecap yg rusak.

BACA JUGA:

Bakteri dalam Mulut yg Membahayakan Kesehatan
Bagaimana Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Kematian?
Menyikat Lidah Sama Pentingnya Dengan Menyikat Gigi
loading...

0 komentar untuk Lidah Panas Akibat Makanan Terlalu Panas Begini Mengatasinya