7 Tips Menikmati Penerbangan Panjang Sambil Membawa Anak

7 Tips Menikmati Penerbangan Panjang Sambil Membawa Anak
Sebentar lagi musim liburan, Enda berencana mengajak si mini pergi liburan ke wilayah cita-cita Enda serta pasangan? Aika pesawat ialah transportasi yang Enda pilih, cari tahu dulu tips naik pesawat dengan anak dengan aman, nyaman, serta bebas rewel dalam artikel ini.

Mempersiapkan anak untuk naik pesawat

1. Ceritakan hal yang menyenangkan dalam si mini

Bagi Enda yang memilki anak batita, menceritakan sebuah hal-hal baru akan membuatnya lebih tertarik serta ingin mencoba. Sebelum Enda naik pesawat dengan anak, jauh-jauh hari cobalah untuk berbicara dengannya betapa menyenangkan serta serunya naik pesawat. Coba ceritakan apa saja yang bisa dilakukan selama berada dalam pesawat, serta jawablah pertanyaannya dengan baik.

Pastikan Enda mengarahkan si mini dalam sebuah kesimpulan bahwa naik pesawat ialah hal yang menyenangkan serta aman untuk dilakukan. Jila dia sudah merasa takut, tunjukkan wilayah tujuan Enda serta si mini, katakan bahwa tujuannya ialah untuk berlibur (apabila memang berlibur) serta absolut menyenangkan. Berusahalah untuk meyakinkan bahwa apa yang akan mereka dapatkan setelah sampai dalam tujuan sungguh bisa mereka rasakan.

dua. Memilih kursi

Aika memang Enda akan melewati penerbangan yang panjang, misal butuh 4 jam perjalanan dalam udara, terdapat baiknya untuk memesankan si mini kursi pesawat sendiri, meskipun usianya masih dibawah dua tahun. Terlebih apabila postur tubuhnya sudah akbar, hal ini akan menyampaikan kesan kurang nyaman dalam si mini, memangku si mini selama 4 jam atau lebih tentu akan melelahkan Enda.

Dalam menentukan kursi, pastikan Enda mengomunikasikannya terlebih dahulu dalam pihak maskapai penerbangan yang akan anda pilih. Beberapa maskapai penerbangan mempunyai layanan khusus bagi anak seperti adanya sajian masakan khusus anak atau  sabuk pengaman tambahan.

Beberapa maskapai penerbangan terdapat yang mengizinkan untuk bawa stroller serta car seat ke kabin, tapi terdapat pula yang nir memperbolehkan dengan alasan keselamatan. Enda yang wajib mencari warta mengenai hal ini, tujuannya untuk menyampaikan kesan pertama yang baik bagi penerbangan si mini.

Jila memungkinkan, pilih kursi yang tak terlalu jauh dari toilet serta anakpun bisa bermain dalam area yang sedikit lebih lebar daripada dalam kursi bagian tengah. Penting pula untuk menentukan penerbangan malam yang menyesuaikan jadwal tidur si mini, sehingga saat penerbangan dia akan lebih banyak tertidur, serta nir terdapat istilah anak rewel dalam pesawat lagi.

tiga. Cek kesehatan si mini sebelum penerbangan

Untuk perjalanan yang relatif jauh, terdapat baiknya untuk mengecek kondisi kesehatan si mini. Jila memang kondisinya nir memungkinkan untuk terbang, jangan dipaksakan terbang hari itu. Namun bila boleh terbang, persiapkan obata-obatan yang mungkin dia perlukan. Bisa obat wajibnya yang diresepkan dokter, atau sekedar obat penurun panas atau minyak yang biasa dipergunakan untuk menghangatkan tubuh si mini.

Jangan lupa pula memakaikan busana yang lembut, hangat, serta nyaman. Mengingat suhu kabin pesawat berkisar antara 20 sampai 24 derajat Celcius, pakaikan baju yang hangat, tapi jangan terlalu tebal serta justru mengganggu mobilitas aktifnya. Baiknya bawa saja sweater, selimut, sarung tangan, serta kaus kaki.

4. Bawa barang-barang yang dibutuhkan si mini

Isilah tas dengan barang-barang anak seperti busana ganti serta popok lebih dari satu untuk berjaga-jaga. Lalu bawa kaus kaki, selimut, epilog telinga, topi, masakan, susu, botol, dot, obat-obatan, tisu basah, kain gendongan, kain epilog menyusui, serta mainan yang disukai si mini.

Makanan atau minuman yang cair baiknya disimpan dalam wadah tertutup kedap didasarkan  ketentuan yang berlaku.

Untuk menghindari anak bosan dalam pesawat, bawalah mainan kesukaannya. Misal mainan, buku gambar, pensil rona, buku cerita, atau perangkat elektronik yang berisi game kesukaannya.

Tips nyaman naik pesawat dengan anak

1. Bermain sebelum penerbangan

Aika Enda naik pesawat dengan anak, berangkatlah ke bandara dalam dosis waktu yang pas, nir terlalu lama menunggu pula nir terlalu pendek untuk lepas landas. Mengapa? Karena Enda perlu melakukan pemanasan, untuk si mini supaya dia siap naik pesawat. Saat sudah sampai dalam bandara, ajaklah anak untuk bermain dalam wilayah bermain anak atau bermain mainannya sendiri yang sudah Enda persiapkan. Tidak mengapa apabila dia bermain sampai lelah, sebab apabila lelah, dia akan gampang tertidur saat penerbangan.

dua. Berikan ASI apabila si mini masih menyusu

Saat lepas landas (take off) serta pendaratan (landing), berikan ASI dalam si mini apabila dia masih menyusu. Mengapa? Perbedaan tekanan udara yang terjadi akan membuat telinganya nir nyaman, menyampaikan ASI atau menelan ialah keliru satu obat untuk perkara ini.

Bagaimana apabila sudah tak dalam beri ASI? Tenang saja, Enda relatif berikan si mini dot susu, permen, atau masakan ringan supaya rahangnya tetap bekerja atau dia menelan sesuatu.

tiga. Hibur si mini dengan banyak sekali cara supaya nir bosan

Untuk menghindari anak rewel dalam pesawat atau anak bosan dalam pesawat, terdapat baiknya untuk mengeluarkan mainan kesukaan mereka. Bisa pula dengan membaca buku, atau bercerita secara nyata mengenai pengalaman yang dia rasakan saat itu. Tanyakan bagaimana kesannya naik pesawat, tanyakan apakah dia takut serta sebagainya.

Sebagai orang tua, mengertilah bahwa dalam pengalaman pertama si mini naik pesawat, dia banyak merekam banyak hal serta perlu penjelasan akan hal yang dia lihat, dengar serta rasakan. Biasanya dalam dalam pesawat, petugas kabin menyediakan bacaan, mintalah dalam mereka bacaan yang disuka anak Enda, atau bacaan mengenai pesawat. Si mini bisa belajar sekaligus merasakan.

4. Tenangkan dengan mengungkapkan secara perlahan

Aika anak rewel dalam pesawat sebab takut, cobalah untuk memahami serta mengakui rasa takut si mini tersebut. Jangan sampai rasa takut anak terhadap ketinggian atau proses naik pesawat tersebut membuatnya jera. Tenangkan dia dengan istilah-istilah yang baik secara terperinci serta perlahan. Terangkan apabila memang semua orang mempunyai rasa takut, serta bantulah si mini supaya hening serta mulai terbiasa dengan pesawat yang Enda tumpangi.

6. Bawa kudapan

Jangan abaikan si mini nir makan, terutama apabila penerbangan Enda jauh. Hal ini bisa menyebabkan anak rewel. Lalu bagaimana apabila anak tak mau makan? Sebelum penerbangan, pastikan Enda membawa masakan atau kudapan favorit si mini dalam dalam tas yang dibawa ke dalam kabin pesawat. Aika dia nir mau makan, Enda bisa menyampaikan kudapan tersebut.

7. Menghindari jet lag

Jet lag ialah perubahan waktu tidur ad interim atau merasa lelah serta kebingungan setelah perjalanan panjang yang akan terjadi melintasi beberapa zona waktu menggunakan pesawat terbang.

Bagaimana solusinya supaya si mini nir mengalami hal ini? Atur jam tidurnya selama sebelum berangkat pula selama dalam pesawat. Hal ini cara terbaik supaya si anak nir kurang tidur, serta nir menangis sebab nir nyaman.
loading...

0 komentar untuk 7 Tips Menikmati Penerbangan Panjang Sambil Membawa Anak